Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jeruk

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jeruk

Klasifikasi dan Morfologi – Jeruk merupakan salah satu komoditas buah-buahan yang sangat disukai oleh masyarakat, baik dalam bentuk buasegar maupun dalam bentuk hasil olahan.

Buah yang memiliki rasa manis, asam serta kandungan air  yang cukup banyak ini kaya akan vitamin, mineral, protein, kalori dan serat yang baik untuk tubuh.

Selain itu, buah jeruk juga mengandung beta karoten dan thiamin. Tanaman yang memiliki beragam spesies ini termasuk kelas tanaman biji berkeping dua dan banyak tumbuh di daerah tropis.

Klasifikasi Tanaman Jeruk

Divisi : Spermatophyta
Subdivisi : Angiospermae
Kelas : Dicotyledoneae
Ordo : Rutales
Famili : Rutaceae
Genus : Citrus
Spesies : Citrus Sp

Morfologi Tanaman Jeruk

Akar

Akar jeruk terdiri dari akar tunggang, akar serabut serta akar-akar rambut. Akar tunggang pada tanaman jeruk dapat mencapai kurang lebih 4 meter jika akar mendapat tanahyang subur dan tidak bertemu dengan tanah yang keras ataupun tanah berair. Hal ini dikarenakan Tanaman jeruk memiliki akar tunggang dengan ujung akar terdiri dari sel- sel muda yang senantisa membelah dan merupakan titik tumbuh akar jeruk. Sel akar ini sangat lembut, sehingga mudah sekali patah kalau menembus tanah yang keras dan padat.

Batang

Batang tanaman jeruk berbentuk bulat dan ditumbuhi mata tunas. Batang tanaman jeruk ada yang terlihat kasar dan berduri, tetapi adapula yang permukaannya halus, tinggi batang tanaman jeruk ada yang dapat mencapai tinggi 15m dan ada pula yang hanya mencapai 5m dan memiliki beragam warna, semua itu tergantung dari jenis tanaman jeruk itu sendiri.

Daun

Daun tanaman jeruk berbentuk bulat lonjong menyerupai telur, berwarna hijau tua dan terlihat tebal. Tidak terdapat bulu pada kedua sisi daun, dan tulang daun berbentuk menyirip beraturan, walaupun ada juga yang berselang seling.

Bunga

Jeruk merupakan tanaman berbunga majemuk, berwarna putih pucat dan termasuk kedalam bunga sempurna (dalam 1 kuntum bunga terdapat 2 kelamin atau hermafrodit). Biasanya bunga jeruk muncul pada ketiak daun atau pucuk ranting yang masih muda dan berbau harum karena mengandung nektar/madu dalam jumlah banyak.

Buah

Buah jeruk ada yang berbentuk bulat, oval dan ada pula yang berbentuk lonjong dengan sedikit memanjang. Kulit buahnya ada yang tebal dan alot, ada pula yang tipis dan mudah dikupas, memiliki warna kuning, jingga dan hijau tergantung jenisnya.

Biji

Pada tanaman jeruk, biji terdapat pada bulir buahnya, ketersediaan biji pada tanaman jeruk tergantung dari varietasnya, ada yang berbiji banyak sampai yang tidak berbiji. Biji jeruk biasanya berwarna putih atau putih keabuan, berbentuk bulat telur dan runcing di salah satu ujungnya, bersifat poliembrional dengan embrio berwarna putih. (Rend/mitalom.com)

Demikian tentang “Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jeruk“. Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!