Cara Memasang POTENSIOMETER pada Tanki Semprot Elektrik Rakitan (Modifikasi)

Tips Memasang POTENSIOMETER pada Pompa Sprayer Elektrik

Info Praktis– Sprayer elektrik atau tanki semprot elektrik merupakan alat semprot yang menggunakan tenaga listrik dari aki untuk menggerakkan pompa dc yang berfungsi sebagai pendorong air supaya menyembur dengan kuat.

Seiring dengan perkembangan teknologi alat-alat pertanian, kini petani mulai meninggalkan penggunaan sprayer manual, dengan alasan efesiensi waktu dan tenaga.

Dengan menggunakan sprayer elektrik pekerjaan menyemprot tanaman jadi lebih mudah, cepat dan ringan. Penggunaan pestisida pun jadi lebih hemat, karena tekanan yang kuat memungkinkan menyemprot dengan sistem pengkabutan.

Di pasaran banyak beredar berbagai jenis dan merk sprayer elektrik dengan harga yang bervariasi. Namun harganya yang relatif mahal membuat para petani lebih memilih alat semprot elektrik modifikasi (rakitan).

Kita bisa merakit sendiri sprayer elektrik menggunakan sprayer manual yang kita punya, atau jerigen. Kita hanya perlu menyiapkan beberapa komponen, diantaranya pompa dc, potensiometer dan aki.

Nah, apa fungsi dari potensiometer pada alat semprot elektrik? Apa itu POTENSIOMETER?

Apa itu POTENSIOMETER? Apa Fungsi POTENSIOMETER pada Sprayer Elektrik?

Menurut wikipedia, POTENSIOMETER adalah resistor tiga terminal dengan sambungan geser yang membentuk pembagi tegangan dapat disetel.

Jika hanya dua terminal yang digunakan (salah satu terminal tetap dan terminal geser), potensiometer berperan sebagai resistor variabel atau Rheostat.

Potensiometer biasanya digunakan untuk mengendalikan peranti elektronik seperti pengendali suara pada penguat. Potensiometer yang dioperasikan oleh suatu mekanisme dapat digunakan sebagai transduser, misalnya sebagai sensor joystick.

Fungsi POTENSIOMETER pada alat semprot elektrik adalah untuk mengatur tekanan pompa dc, yakni mengatur kencang tidaknya semburan air.

Ini bermanfaat untuk mengatur semburan atau semprotan air sesuai dengan kebutuhan.

Cara Pasang POTENSIOMETER pada Pompa DC 12 V Sprayer Elektrik Rakitan

Cara Pasang Potensio Pompa DC 12 V pada Tangki Semprot Rakitan

Potensiometer umumnya dilengkapi dengan sakelar on-off untuk memudahkan dalam penggunaannya. Pada potensiometer terdapat 3 kabel yang berbeda warna, yaitu merah, hitam, dan warna lain (ada yang warna coklat, putih atau biru). Kabel warna merah untuk kutub positif dan warna hitam untuk kutub negatif.

Sedangkan pada pompa DC 12 V hanya terdapat dua buah kabel, yaitu merah dan hitam.

Berikut langkah-langkah cara memasang POTENSIOMETER pada pompa DC 12 V alat semprot modifikasi :

1. Kabel warna merah pada potensio dihubungkan dengan kutub positif pada aki
2. Kabel warna merah pada pompa DC 12 V dihubungkan dengan kutub positif pada aki
3. Kabel warna biru (kadang putih, coklat atau uning) pada potensio dihubungkan dengan kabel warna hitam pada pompa DC 12 v
4. Kabel warna hitam pada potensio dihubungkan dengan kutub negatif pada aki
5. Selesai. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video berikut ini :

&t=75s

Demikian tentang “Cara Pasang POTENSIOMETER Pompa DC 12 V pada Alat Semprot Elektrik Rakitan“. Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!!