Tips Pemeliharaan & Perawatan Rutin LOVEBIRD, Jenis Pakan dan Penanganan Lovebird Mabung

Tips Pemeliharaan dan Perawatan Lovebird

Budidaya Peternakan – Memiliki lovebird yang sehat dan selalu menjadi juara adalah dambaan setiap lovebird mania. Namun tahukah anda jika hal tersebut tidaklah mudah didapatkan secara instan.

Agar lovebird kesayangan anda memiliki performa yang baik, energik dan ceria, pemeliharaan dan perawatan harus anda dilakukan dengan benar.

Perawatan dan pemeliharaan rutin lovebird secara umum tidak jauh berbeda dengan perawatan jenis burung lainnya, yaitu meliputi pemberian pakan, memandikan, menjemur dan penanganan burung mabung.

Nah, bagaimana cara pemberian pakan yang benar untuk lovebird kesayangan? Bagaimana pula cara memandikan, menjemur dan penanganan lovebird mabung?

Cara Pemeliharaan dan Perawatan Rutin Lovebird

Cara Pemberian dan Jenis Pakan yang Bagus untuk Lovebird

Pakan untuk lovebird antara lain pakan utama, pakan tambahan, extra fooding, minuman, suplemen dan vitamin. Pakan yang baik untuk lovebird adalah jenis pakan yang mampu meningkatkan pertumbuhan dan energinya.

Jika pakan yang diberikan tepat, pertumbuhan lovebird juga bagus dan mampu bertahan hidup hingga 10 tahun.

Foto : pixabay

1. Pakan Utama

Pakan utama untuk lovebird yaitu berupa biji-bijian, diantaranya milet, kenari, biji bunga matahari, beras merah, biji sawi. Dapat juga diberikan kacang hijau, kedelai dan gabah yang dicampur jadi satu dan diberikan secara bersamaan.

> Pakan diberikan dalam jumlah yang cukup untuk menghemat pakan (tidak diberikan berlebihan)
> Contoh komposisi pakan yang terdiri dari biji kenari, biji bunga matahari, milet, padi/gabah, tiger seed, biji sawi, haver. Komposisinya yaitu 50% biji kenari dan 50% biji-bijian lainnya.
> Milet sebaiknya tidak diberikan terlalu banyak karena mengandung lemak yang tinggi yang dapat menyebabkan obesitas pada lovebird

2. Pakan Tambahan

Pakan tambahan untuk lovebird terdiri dari sayuran hijau segar, misalnya kangkung, bayam, wortel, jagung muda, selada air, kembang kol. Lovebird juga menyukai buah-buahan, seperti pepaya, gambas/oyong, tomat, pir, anggur, apel dan mangga.

> Pakan tambahan diberikan secukupnya/tidak berlebihan
> Sayuran dan buah-buahan diberikan secara bergantian dan bertahap supaya lovebird merasakan seperti hidup di alam bebas
> Untuk memenuhi kebutuhan kalsium, berikan tulang sotong dgantung didinding kandang dan garam dapur padat (biasanya berbentuk kotak) dan diletakkan di lantai kandang.
> Extra fooding berupa tepung roti yang dicampur dengan pakan biji-bijian. Diberikan pada indukan lovebird yang sedang dalam proses perkawinan agar menghasilkan telur yang berkualitas unggul

Cara Pemberian Minum Lovebird

Untuk mencegah lovebird terkena flu, sebaiknya air minum yang diberikan untuk lovebird yaitu air yang sudah dimasak hingga mendidih, diberikan setelah dingin. Agar terhindar dari bakteri penyakit, air minum diganti setiap hari.

Pemberian Vitamin dan Suplemen Lovebird

Suplemen yang diberikan untuk lovebird mengandung mineral, asam amino dan hormon. Contoh merk suplemen lovebird yang mudah ditemukan di pasaran yaitu Supervit, NHB dan Stamino.

Cara pemberian suplemen untuk lovebird yaitu dicampurkan dengan air minum dengan dosis sesuai anjuran. Suplemen dan vitamin diberikan supaya lovebird selalu sehat dan berumur panjang.

Cara Memandikan Lovebird

Agar lovebird senantiasa segar bugar serta untuk menjaga kebersihan tubuh lovebird, lovebird dimandikan minimal 1 kali sehari dipagi hari. Hindari memandikan lovebird menggunakan air yang berkaporit. Gunakan air bersih yang diberi antiseptik yang aman untuk mencegah kutu pada bulu lovebird.

Air mandi disemprotkan ketubuh lovebird menggunakan hand sprayer. Kemudian dijemur atau dikeringanginkan. Dapat pula dengan menyediakan wadah yang disisi air bersih sehingga lovebird mandi sendiri pada wadah tersebut.

Cara Menjemur Lovebird

Penjemuran lovebird dilakukan setelah dimandikan, tujuannya untuk mengeringkan bulu-bulu lovebird yang basah. Selain itu supaya kebutuhan vitamin D lovebird tercukupi. Lovebird yang jarang dijemur biasanya tidak energik/malas bergerak dan bulu-bulunya tampak kusam.

Lama penjemuran lovebird sekitar 2 jam, yaitu dari jam 07.00 – 10.00.

Penanganan Masa Mabung (Masa Rontok Bulu)

Masa mabung adalah masa rontok bulu pada lovebird (juga dialami oleh semua burung). Masa mabung lovebird membutuhkan waktu hingga 3 bulan. Ciri-ciri lovebird yang telah selesai mabung yaitu tidak ditemukannya bulu-bulu jarum ditubuhnya. Lovebird yang sedang mengalami masa mabung rentan terserang penyakit, sehingga diperlukan perhatian ekstra. Berikan vitamin dan extra fooding yang mengandung asam amino pada lovebird yang sedang mabung. Pada masa mabung lovebird membutuhkan pakan tambahan 2 kali lebih banyak dibandingkan dengan lovebird yang sedang bertelur.

Demikian tentang “Tips Cara Pemeliharaan dan Perawatan Rutin Lovebird“. Semoga bermanfaat….

Sumber : cybex.pertanian.go.id

Salam mitalom !!!