Cara Menanam UBI JALAR Organik dengan Batang agar Buah Besar dan Produksi Tinggi

Teknik Cara Menanam UBI JALAR (Ubi Rambat) Organik

Budidaya Hortikultura & Tanaman Pangan – Ubi jalar merupakan salah satu komoditi tanaman pangan sumber karbohidrat yang banyak dibudidayakan di Indonesia.

Ubi jalar memiliki nama ilmiah Ipomoea batatas, dalam bahasa Inggris disebut sweet potatao. Tanaman ini dimanfaatkan bagian akarnya yang disebut umbi.

Nama lain ubi jalar anatara lain ; telo rambat (Jawa), huwi boled (Sunda), ketela rambat.

Ubi jalar tak hanya digunakan sebagai bahan makanan pokok, tapi juga digunakan sebagai jajanan, dan olahan lain seperti donat, eskrim, keripik dan lain sebagainya. Bahkan digunakan sebagai pakan ternak dan bahan baku industri.

Selain kandungan karbohidrat yang tinggi, ubi jalar juga mengandung mineral, vitamin A, vitamin C dan antosianin.

Di Indonesia, ubi jalar umumnya dimanfaatkan sebagai bahan pangan sampingan, kecuali di Irian Barat, ubi jalar merupakan bahan makanan pokok pengganti nasi.

Terdapat berbagai macam jenis atau varietas ubi jalar yang ada di Indonesia, beberapa varietas ubi jalar yang populer antara lain ubi cilembu, daya, borobudur, kalasan, mendut, georgia dan lampeneng.

Ubi jalar/ubi rambat (Foto : Mamaz Dikin)

Syarat Tumbuh Ubi Jalar

Hampir semua jenis tanah cocok untuk budidaya ubi jalar, pH ideal antara 5,5-7,0.

Ubi jalar merupakan tanaman tropis yang hangat. Dapat tumbuh dengan baik dengan penyinaran matahari yang cukup.

Suhu ideal untuk pertumbuhan ubi jalar adalah 21-27 °C. Tanaman ini membutuhkan hawa panas dan udara yang lembab. Curah hujan 500-5000 mm/tahun. Curah hujan optimalnya antara 750-1500 mm/tahun.

Tanaman ubi jalar membutuhkan sinar matahari selama 11-12 jam per hari. Pertumbuhan dan produksi untuk usaha tani ubi jalar bisa maksimal jika dibudidayakan pada musim kemarau dengan syarat kebutuhan air terpenuhi.

Ubi jalar baik dibudidayakan pada dataran rendah hingga ketinggian 500 mdpl. Di dataran tinggi diatas 1000 mdpl, ubi jalar masih dapat tumbuh dengan baik, namun produksinya rendah dan umur panen lebih panjang.

Penyiapan Bibit Budidaya Ubi Jalar

Bibit ubi jalar dapat diperoleh dengan dua cara, yaitu secara generatif dan vegetatif. Cara generatif yaitu menggunakan umbi, sedangkan cara vegetatif yakni menggunakan bibit berupa tunas atau batang tanaman.

Berikut ini tahapan penyiapan bibit ubi jalar berkualitas ;
a). Pilih tanaman yang sehat dari varietas unggul, ambil pucuk tanaman sepanjang 20-25 cm.
b). Tanaman ubi jalar yang baik dijadikan bibit adalah tanaman yang sudah berumur 2-3 bulan.
c). Setelah 4 atau 5 generasi, bibit diperbanyak terlebih dahulu dari umbi. Kemudian setelah berumur 2-3 bulan ambil pucuknya untuk dijadikan bibit.

Penyiapan Lahan Budidaya Ubi Jalar

Lahan yang akan digunakan untuk budidaya ubi jalar terlebih dahulu dibersihkan dari gulma dan sisa-sisa tanaman sebelumnya.

Kemudian tanah dicangkul atau dibajak dua kali hingga tanah menjadi gembur dengan kedalaman 30 cm atau lebih.

Selanjutnya dibuat guludan atau bedengan dengan lebar 50-60 cm, tinggi disesuaikan. Jarak antar guludan 50-50 cm.

Pupuk Dasar Organik Budidaya Ubi Jalar

Pada tanah yang kurang subur, lahan budidaya ubi jalar perlu diberi pupuk dasar dan kapur pertanian jika pH kurang dari 5,0.

Pupuk dasar “Budidaya Ubi Jalar Organik” yaitu pupuk kandang atau pupuk kompos. Pupuk ditaburkan merata pada bedengan.

Kemudian ditaburkan kapur dolomit atau kapur pertanian secukupnya.

Jika ditanam pada lahan sawah (bekas tanaman padi) atau tegalan bekas tanaman sayuran, ubi jalar tidak perlu diberi pupuk dasar.

Penanaman Bibit Ubi Jalar dan Pengaturan Populasi

Penanaman bibit ubi jalar dilakukan 3-4 hari setalah penaburan pupuk dasar. Bibit ditanam miring di tengah bedengan sedalam 2-3 ruas.

Penanaman bibit ubi jalar sebaiknya dilakukan ketika tanah dalam kondisi basah agar stek cepat tumbuh akarnya.

Jika ada bibit yang mati, segera dilakukan penyulaman, maksimum penyulaman dilakukan 15 hari setelah penanaman.

Jarak tanam ubi jalar idealnya 30-35 cm.

Pemupukan Ubi Jalar Organik

Jika tanaman ubi jalar terlihat kurang subur, berikan pupuk susulan. Pupuk susulan budidaya ubi jalar organik dilakukan 2-3 kali.

Jenis pupuk susulan ubi jalar organik yaitu pupuk kandang atau kompos. Diberikan disekeliling pangkal batang tanaman.

Pemupukan susulan dilakukan pada umur 15, 30 dan 45 hari setelah tanam (tergantung varietas yang dibudidayakan).

Pupuk kandang ditaburkan disekeliling pangkal batang kemudian ditutup tanah supaya pupuk tidak hanyut jika turun hujan.

Penyiangan Gulma dam Pembalikan Batang

Penyiangan gulma dilakukan dengan tujuan agar tidak terjadi persaingan penyerapan nutrisi antara tanaman ubi jalar dan gulma.

Penyiangan dilakukan secara manual pada 25-30 hari setelah tanam atau jika gulma terlihat sudah tumbuh. Penyiangan gulma dilakukan 1-2 kali dalam satu musim tanam.

Selanjutnya adalah pembalikan batang, yaitu membalik batang yang menjalar supaya tidak ditumbuhi akar pada ruas-ruasnya.

Kegiatan ini bertujuan supaya penyerapan unsur hara terkonsentrasi pada titik tanam sehingga pertumbuhan umbi maksimal dan berukuran besar.

Penyiraman Ubi Jalar

Ubi jalar adalah tanaman yang tahan kekeringan, namun jika budidaya ubi jalar dilakukan dimusim kemarau maka perlu dilakukan penyiraman.

Penyiraman cukup dilekukan 7-10 hari sekali atau disesuaikan dengan kondisi. Penyiraman bertujuan untuk mencapai produktifitas tinggi serta mengurangi serangan hama boleng Cylas formicarius.

Pengendalian Hama dan Penyakit Ubi Jalar

Hama tanaman ubi jalar ;

Hama utama yang sering menyerang tanaman ubi jalar antara lain ; hama boleng (Cylas formicarius), penggerek batang (Omphisa anastomasalis) dan nematoda (Meloidogyne sp.).

Pengendalian secara hayati dengan memanfaatkan musuh alami berupa predator (pemangsa), parasit, dan patogen (jamur Metarrhizium anisopliae, Beauveria bassiana, bakteri Bacillus thuringiensis, nematoda Heterorhabditis spp. dan Steinemema spp.) yang ada pada ekosistem setempat.

Pengendalian secara fisik dan mekanis dengan memotong bagian tanaman yang ters~rang hama dan
mengumpulkan hama yang terbunuh di pertanaman, kemudian membakarnya.

Penyakit tanaman ubi jalar ;

Penyakit utama yang sering menyerang tanaman ubi jalar adalah jamur stek fusarium sp. dan kudis Spaceloma batatas.

Pengendalian bisa dilakukan dengan beberapa cara, yaitu ; menggunakan bibit yang sehat, pengolahan lahan yang benar, dan pemanfaatan tricoderma sp. sebagai musuh alami jamur fusarium.

Ubi jalar siap panen (Foto : Yonnoe Putra Magetan)

Umur Panen Ubi Jalar

Ubi jalar dapat dipanen pada umur 3-8 bulan, tergantung varietas yang ditanam. Ubi jalar dapat dipanen serentak atau secara bertahap dengan memanen umbi yang sudah tua dan besar terlebih dahulu.

Umbi yang sudah dipanen dibersihkan dari tanah yang menempel, kemudian disortir. Selanjutnya dipisahkan sesuai dengan ukuran dan dikemas. Ubi jalar siap dipasarkan.

Demikian “Cara Budidaya Menanam UBI JALAR Organik dengan Batang Agar Buah Lebat” Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!