Mudah dan Tak Perlu Lama, Begini Cara AKTIFKAN KARTU TANI agar Dapat Digunakan

Sudah Dapat KARTU TANI Tapi Belum Aktif, Bagaimana Cara Mengaktifkannya?

KARTU TANI merupakan sarana untuk memudahkan petani mendapatkan pupuk bersubsidi dengan harga sesuai HET (harga eceran tertinggi) yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Bukan hanya itu saja, kartu tani juga dapat dipergunakan para petani untuk berbagai kebutuhan dan keperluan pertaniannya.

Dengan memiliki KARTU TANI, petani mendapat berbagai manfaat, pertama mendapat kepastian dalam memperoleh pupuk bersubsidi.

Pupuk merupakan komponen penting dalam sebuah pertanian, maka dari itu ketersediaan pupuk adalah hal mutlak.

Dilansir kompas.com “Dengan adanya Kartu Tani, nantinya para petani dapat menggunakannya dalam membeli pupuk bersubsidi. Langkah seperti ini juga efektif dalam menyalurkan pupuk bersubsidi tepat sasaran” ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Sarwo Edhy.

Bagaimana Cara Menggunakan KARTU TANI?

Namun dibalik semua kemudahan yang bisa diperoleh dengan memiliki kartu tani, kenyataan dilapangan masih banyak petani yang kesulitan menggunakan kartu tani yang didapat dari Kementerian Pertanian RI melalui Dinas Pertanian (Dispertan).

Cara mengaktifkan kartu tani/mitalom.com

Para petani yang sebagian adalah masyarakat pedesaan masih banyak yang belum paham teknologi sehingga mereka mengalami banyak kendala terkait penggunaan kartu tani.

Misalnya petani yang tiba-tiba datang ke kios pupuk dan langsung menggesekkan kartu taninya tanpa mengetahui kartu tani yang dimiliki sudah aktif atau belum.

KARTU TANI pada dasarnya merupakan kartu debit seperti kartu ATM (Anjungan Tunai Mandiri) yang hanya bisa digunakan jika sudah diaktifkan.

Bagaimana Cara Mengaktifkan KARTU TANI?

Untuk dapat digunakan KARTU TANI harus diaktifkan terlebih dahulu dengan mengisi saldo agar dapat digunakan bertransaksi.

Cara mengaktifkan KARTU TANI tidak sulit dan sangat mudah, pertama petani harus memiliki KARTU TANI.

Selanjutnya petani datang ke bank terkait (bank yang menrbitkan kartu tani, apakah BNI, BRI, BTN atau Mandiri). Kemudian mengisi saldo sesuai dengan ketentuan bank terkait.

Setelah kartu tani aktif, untuk keamanan dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, pemilik KARTU TANI diharuskan mengubah PIN standar kartu tani (PIN standar biasanya 12345, lebih jelasnya tanyakan pada bank terkait).