CARVI AGRIHORTI – Varietas Cabai Merah Unggul TAHAN VIRUS GEMINI, Tahan Thrips dan Produksi Tinggi

Benih Cabai Merah Besar (CMB) Tahan Virus Gemini, Rasa Lebih Pedas

Artikel – Membudidayakan cabai merah besar (CMB) memiliki peluang yang tinggi untuk meraih kesuksesan. Bagaimana tidak, potensi hasil budidaya cabai merah besar (CMB) bisa mencapai 22 ton per hektar, bahkan bisa lebih.

Jika dihitung-hitung, dalam satu hektar lahan petani bisa memperoleh hasil sebanyak 220 juta rupiah. Itu jika dikalkulasikan saat harga cabai merah besar relatif murah, anggap saja 10 ribu rupiah perkilonya. Bagaimana jika saat panen harga sedang melambung tinggi? 30 atau 50 ribu perkilo?

Namun sayangnya, potensi hasil tersebut sangat jarang atau tidak pernah tercapai. Selama ini produktivitas cabai merah besar rata-rata dalam satu hektar lahan hanya mampu menghasilkan 8,47 ton saja.

Data tersebut berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS) pada akhir tahun 2016 lalu. BPS mencatat luas areal pertanaman cabai merah besar (CMB) di seluruh Indonesia mencapai 123.404 hektar. Dari lahan pertanaman cabai merah besar seluas itu hanya menghasilkan 1.045.587 ton, artinya rata-rata dalam satu hektar hanya menghasilkan 8,47 ton.

Rendahnya produktivitas cabai merah besar nasional tidak terlepas dari masalah ganggaun hama maupun penyakit. Salah satu penyakit cabai merah besar yang selama ini menjadi penyebab hasil tanaman cabai yang rendah adalah serangan penyakit kuning. Penyakit ini dikenal dengan penyakit bulai atau keriting bulai.

Penyakit bulai atau dikenal juga dengan penyakit virus kuning/virus belang disebabkan oleh virus gemini. Serangan virus gemini dilaporkan bisa menyebabkan kehilangan hasil 20 hingga 100%.

CARVI AGRIHORTI : Varietas cabai merah besar “Tahan VIRUS GEMINI”

Serangan virus gemini selama ini belum bisa diatasi atau belum sepenuhnya teratasi. Hingga saat ini belum ada satupun varietas cabai unggul yang tahan terhadap virus gemini.

Jika masalah ini tidak segera diatasi, produktivitas tanaman cabai merah besar nasional akan sulit mencapai target. Karena prevalensi virus gemini sudah terjadi diseluruh sentra-sentra cabai di Indonesia.

Pemerintah tidak tinggal diam untuk mengatasi masalah produksi cabai merah besar (CMB) nasional yang terus menurun. Balitbangtan berupaya sekuat tenaga untuk menghasilkan benih cabai unggul tahan virus gemini.

Pada 23 Mei Tahun 2018 lalu Balitbangtan (Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian) telah merilis varietas baru cabai merah besar tahan virus gemini, yaitu “CARVI AGRIHORTI“.

Varietas Cabai Merah Besar CARVI AGRIHORTI
1 Kadar capsaicin mencapai 2.6 mg
2 Pertumbuhan kompak
3 Tinggi 75-90 cm
4 Awal berbunga usia 46 hari
5 Awal panen 91-95 hst
6 Sesuai pada dataran 500-1400 mdpl

Varietas cabai merah besar tahan virus gemini ini merupakan hasil kolaborasi pemulia Balitbangtan (Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian) dari BB Biogen dengan Balitsa (Balai Penelitian Tanaman Sayuran).

Varietas cabai merah besar “Carvi Agrihorti” memiliki mutu lebih baik dengan produktivitas lebih tinggi dan tahan penyakit bulai.

Keunggulan Varieatas Cabai Merah Besar “CARVI AGRIHORTI”

Varietas carvi agrihorti memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan varietas cabai yang selama ini dibudidayakan oleh masyarakat luas. Berikut ini beberapa keunggulan benih cabai merah besar “CARVI AGRIHORTI” ;

a). Tahan virus gemini (penyakit bulai/keriting bulai/belang)
b). Produktivitas tinggi (mencapai 2,5 kali lebih banyak dari varietas cabai pada umumnya)
c). Potensi hasil tinggi, antara 22 hingga 23 ton per hektar
d). Kualitas dan mutu lebih baik
e). Kandungan capsaicin lebih tinggi (lebih pedas)
f). Agak toleran terhadap Thrips (pengisap daun)

Varietas cabai merah besar “CARVI AGRIHORTI” telah diuji coba disejumlah lokasi dan hasilnya menyatakan varietas ini tahan terhadap serangan virus gemini. Benih cabai “CARVI AGRIHORTI” telah didaftarkan dan lulus uji sebagai cabai tahan virus gemini dan telah dilepas (release) oleh Balitbangtan pada 23 Mei 2018. Varietas unggul baru (VUB) cabai besar Balitbangtan ini telah dilepas berdasarkan SK Nomor 051/Kpts/SR.120/D.2.7/5/2018 tentang Pemberian Tanda Daftar Varietas Tanaman Hortikultura.

Sumber : biogen.litbang.pertanian.go.id, swadayaonline.com, trubus-online.co.id, kumparan.com

Demikian tentang “Benih Cabai Merah Besar “CARVI AGRIHORTI” Tahan Virus Gemini” Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!