11 Tanaman Unik Ini Akan Membuat Anda Bengong dan Takjub Melihatnya

Buah dan Tanaman Unik

Ilustrasi (By Tety Herawati)

Artikel – Pernahkah anda melihat tanaman atau buah-buahan berbentuk unik atau aneh? Pasti pernah ya, tapi mungkin anda kurang memperhatikannya atau anda sudah lupa. Kadangkala batang tanaman, buah-buahan atau umbi memiliki bentuk yang tidak lazim. Banyak faktor yang mempengaruhi kenapa tanaman memiliki bentuk yang berbeda dan menyerupai bentuk suatu benda. Tanaman atau buah-buahan dengan bentuk yang aneh tersebut bisa dikatakan unik karena memang jarang ditemukan. Namun jika anda jeli, pasti ada salah satu tanaman anda yang memiliki bentuk yang berbeda dengan tanaman lainnya. Nah, berikut ini ada 11 tanaman, buah dan umbi hasil karya para gardener yang memiliki bentuk yang unik. Diantaranya ada buah pisang, singkong, ubi jalar, jeruk dan lain sebagainya. Tapi jangan berpikir jorok dulu ya, dan jangan pula dihubung-hubungkan dengan hal-hal parno. Sebab ini hanya kebetulan saja, dan anehnya ada beberapa yang bentuknya mirip atau hampir sama dengan tubuh manusia. Lihat saja dari sudut pandang keunikannya, bukan dari sudut pandang yang tidak ada hubungannya dengan tanaman.

Seperti apa keunikan dari tanaman-tanaman tersebut, lihat saja dibawah ini ;

1. Jeruk Kuku

Jeruk Kuku Harimau (By maaf lupa)

Coba perhatikan buah jeruk tersebut, bentuknya mirip dengan telapak tangan lengkap dengan jari – jarinya. Ini adalah salah satu jenis buah jeruk dari sekian banyak jenis jeruk yang ada di dunia ini. Buah jeruk ini memang sudah memiliki bentuk unik dari sononya dan bukan karena faktor apapun. Masyarakat suku Pak Pak di Aceh Singkil menyebut buah jeruk ini dengan nama Jeruk Kuku Harimau. Buah jeruk kuku harimau biasa dimanfaatkan sebagai obat tradisional.

2. Pisang

Pisang Unik (By Airin De Silva)

Keunikan dari buah pisang ini adalah tandannya yang sangat panjang. Bahkan saking panjangnya ada yang sampai menyentuh tanah. Pisang jenis ini adalah pisang yang tergolong langka dan jarang ditemukan. Saya sendiri belum pernah melihat secara langsung buah pisang seperti ini. Dengan tandannya yang panjang, otomatis jumlah sisirnya juga banyak apalagi jumlah buahnya. Coba saja anda hitung, ada berapa sisir buah pisang pada gambar diatas?

3. Ubi Jalar

Ubi Jalar Unik (By Bintang Kehidupan)

Ini adalah umbi dari tanaman ubi jalar, atau ubi rambat. Bentuknya unik kan? dan sedikit seksi, hehehehe…… Ubi rambat ini bentuknya mirip dengan bokong dan kaki manusia yang dilihat dari belakang. Kemiripannya nyaris sempurna, bokong, paha dan betis sangat mirip dengan aslinya. Mungkin jika di foto dari sisi yang lain, ubi jalar ini kelihatan biasa saja. Namun seseorang yang mengabadikan ubi jalar ini tampaknya sangat menyadari keistimewaan dari umbi ini. Jangan lama-lama lihatnya ya, toh ini hanyalah ubi jalar yang secara kebetulan memiliki bentuk sedikit nakal…. 😀

4. Pohon Adenium

Adenium Unik (By Linda Bagus)

Tahukah anda ini tanaman apa? Ya benar,, ini adalah tanaman adenium. Adenium merupakan tanaman hias yang dikenal memiliki bentuk unik pada bagian bonggol atau akarnya. Saya yakin, jika anda penggemar tanaman hias ini bukan merupakan sesuatu yang aneh. Anda pasti sering menjumpai tanaman adenium dengan bentuk unik seperti ini kan? Coba perhatikan baik-baik apa keunikan dari adenium diatas? Akar dan batang adenium tersebut terlihat seperti seorang wanita bertubuh langsing yang sedang duduk bersilang paha. Pasti ya? karena tidak mungkin anda membayangkan itu mirip dengan tubuh seorang laki-laki,,,hehehe

5. Buah Pear

Buah Pear Unik (By Vivi Violeta)

Yang satu ini memiliki keunikan yang berbeda, mungkin diantara semua yang ada disini, buah pear inilah yang memiliki keunikan paling sempurna. Mirip apa ya? Boneka? yang pasti buah pear ini mirip dengan patung budhis kembar, coba perhatikan baik-baik. Kok bisa sesempurna itu ya? apakah ini benar-benar terbentuk secara alami? Silahkan anda menilainya sendiri. Saya tidak yakin sih, sepertinya ada unsur kesengajaan untuk menciptakan buah pear yang unik. Bisa saja dicetak atau editan sotoshop….

6. Bunga Anggrek

Bunga Anggrek (By Warung Omah AC)

Lihat bunga anggek diatas, terlihat sangat cantik dan unik kan? Walaupun bentuknya tidak begitu jelas mirip dengan sesuatu benda, tapi yang jelas bunga anggrek ini memiliki keindahan yang luar biasa. Ini bukan karena pengaruh lingkungan atau faktor genetik, tapi ini adalah hasil kepiawaian sang fotografer. Sesuatu objek jika di potret dengan angel yang tepat akan terlihat luar biasa dan unik.

7. Buah apakah ini?

Gambar buah apakah ini?

Saya tidak tahu apa nama buah ini, tapi sepertinya sejenis labu. Konon tanaman ini berasal dari Kamboja. Buahnya sangat unik, panjang, menggantung dengan warna seperti warna kulit manusia. Yang membuat tanaman ini unik adalah ujung buahnya yang sedikit membesar lengkap dengan “titik”nya yang terbentuk sedemikian rupa. Anda pasti akan terpesona jika penglihatan anda terfokus pada ujung buahnya,,,hehehehe

8. Jamur

Jamur Unik (By Heru Utomo)

Seram ya bentuknya,,,,coba tebak mirip dengan apa? Ini adalah sejenis jamur yang berbentuk sangat unik. Jika diperhatikan jamur ini mirip dengan tengkorak sapi atau kerbau….dengan gigi-gigi besar dan bagian mata yang bolong.

9. Singkong

Singkong Unik (By Arifin Manik)

Hehehe,,,singkong saja punya malu apa lagi kita? Seperti itu kira-kira komentar anda jika melihat singkong ini. Bentuk singkong ini mirip sekali dengan tubuh manusia, ada kaki, tangan, tubuh dan tanpa kepala. Singkong tersebut mirip dengan seseorang yang sedang menutupi bagian penting dari tubuhnya menggunakan kedua tangan. Anda pasti bingung kenapa ia melakukan hal itu kan? Tentu saja karena singkong tersebut tidak memakai baju dan celana, coba kalau dia pakai celana, dia tak akan menutupinya dengan tangan. Hehehehehe….

10. Buah Kelapa

Kelapa Unik (By Fadly Ihksan)

Ini bukan burung yang diawetkan loh, ini adalah buah kelapa yang sudah kering. Bentuknya sangat unik, mirip sekali dengan burung elang yang sedang bertengger. Bagian yang paling unik adalah leher, kepala, hingga paruhnya, bentuknya sangat mirip dengan kepala burung elang.

11. Zaqqum

Zaqqum (By Sakinah Alhamid)

Ini adalah buah zaqqum, bentuknya unik tapi menyeramkan. Jika diperhatikan buah zaqqum seperti tengkorak manusia. Zaqqum adalah tanaman gurun yang memiliki pohon yang besar dan berduri tajam. Konon tanaman zaqqum banyak ditemukan di negeri Timur Tengah yaitu Kota Thoif. Kota Thoif adalah sebuah kota yang dikelilingi oleh pegunungan yang dingin dan terletak 80 Km dari Kota Makkah.

Itulah 11 tanaman unik yang berhasil saya kumpulkan hingga menjadi sebuah artikel ini. Banyak faktor yang menyebabkan tanaman berbentuk tidak lazim dan terlihat aneh atau unik. Diantaranya adalah faktor lingkungan dan kelainan genetik. Namun beberapa jenis tanaman memang sudah begitu dari sononya. Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!