Loading...

Apakah Saldo di KARTU TANI Bisa Dicairkan? Begini Cara Pencairan dan Prosedurnya !

Saldo KARTU TANI Tiba-tiba Bertambah?

Banyak yang bingung karena tiba-tiba saldo di KARTU TANI bertambah. Jika awalnya saldo kartu tani kosong dan tiba-tiba ada saldo apakah itu pinjaman dari bank?

Sebelum kita bahas tentang saldo kartu tani, kita kilas balik sebentar apa manfaat dan fungsi dari kartu tani itu sendiri.

Program Kartu Tani sudah dimulai sejak tahun 2018 lalu, tahap awal dimulai di Pulau Jawa dan kini sudah berjalan di seluruh Indonesia.

Program Kartu Tani pertama kali di launching pemerintah melalui Kementrian Pertanian (Kementan) di Propinsi Jawa Timur, tepatnya di Kabupaten Sumenep.

Apa sebenarnya kegunaan dan manfaat KARTU TANI?

Dilansir dari pertanian.go.id, kartu Tani merupakan sarana akses layanan perbankan terintegrasi yang berfungsi sebagai simpanan, transaksi, penyaluran pinjaman hingga kartu subsidi (e-wallet).
Keunggulan dari Kartu Tani ini antara lain single entry data, proses validasi berjenjang secara online, transparan, multifungsi.

Loading...

Ketersediaan data yang lengkap dan akurat dalam Kartu Tani digunakan untuk yang pertama sebagai dasar penyusunan kebijakan bagi Kementerian Pertanian.

Kedua, tranparansi penyaluran dana subsidi melalui sistem perbankan bagi Kementerian Keuangan.
Ketiga, data kebutuhan pupuk secara akurat sampai tingkat pengecer bagi Pupuk Indonesia.

Keempat, bagi Bulog dapat memproyeksikan potensi panen di suatu daerah melalui data pupuk subsidi yang disalurkan, sehingga dapat segera menyerap hasil panennya, menerima dana secara utuh dan membeli pupuk subsidi sesuai kuota yang diberikan bagi petani.

Sedangkan keunggulan kelima, bagi dinas pertanian dapat mengetahui produktifitas lahan suatu daerah. Kartu Tani diharapkan menjadi era baru untuk mensejahterakan petani Indonesia.

Dilansir dari kompas.com, Direktur Jenderal (Dirjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Sarwo Edhy menjelaskan, dengan memiliki kartu tani maka petani bisa menggunakannya sebagai tabungan dan bisa meminimalisasi kerugian finansial jika dibandingkan dengan cara konvensional.

Baca juga  Apa Itu KARTU TANI? Tak Sekedar untuk Dapatkan Pupuk, Berikut Alasan Kenapa Petani Wajib Punya !!

Manfaat Kartu Tani yang bisa dirasakan oleh para petani ialah kemudahan dalam mendapatkan bantuan sosial maupun subsidi.

Terutama untuk bidang pertanian dan beberapa program nasional kementerian terkait. “Contohnya saja program bantuan sosial Kementerian Keuangan, Kementerian Koperasi, dan Kementerian Pertanian yang memiliki andil besar dalam memajukan dan memfasilitasi kebutuhan petani di Indonesia,”

Apakah Saldo di KARTU TANI itu Pinjaman Dari Bank BNI, BRI, BTN atau Mandiri?

Ngga perlu bingung jika tiba-tiba saldo di kartu tani anda bertambah. Bisa saja itu bantuan sosial atau bentuk subsidi langsung dari pemerintah.

Karena memang manfaat dan kegunaan kartu tani salah satunya adalah sebagai sarana untuk kemudahan menerima bantuan sosial atau subsidi. Jadi, saldo di kartu tani tersebut bukan pinjaman dari bank.

Kartu Tani/mitalom.com

Logikanya, apakah mungkin pihak bank memberi pinjaman tanpa ada pengajuan? Baik bener ya banknya, hehehe… Sedangkan kita mengajukan pinjaman sesuai prosedur saja belum tentu disetujui kan?

Dilansir dari detik.com, Direktur Pupuk dan Pestisida Kementerian Pertanian (Kementan), Muhrizal Sarwani, menjelaskan kartu tani yang memiliki saldo ini juga bisa digunakan sebagai kartu debit atau tabungan bagi petani.

“Nanti belakangan jadi kartu debit, dia harus menabung. Uangnya dia sendiri, kalau dia dapat bantuan pemerintah bisa lewat situ,” jelas Muhrizal.

Apakah Saldo di KARTU TANI Bisa Diuangkan atau Dicairkan?

Jika saldo tersebut merupakan bantuan sosial, kemungkinan bisa dicairkan. Akan tetapi jika saldo tersebut merupakan bentuk subsidi langsung untuk keperluan pupuk dan kebutuhan bertani lainnya tidak bisa dicairkan atau diuangkan. Karena saldo tersebut hanya bisa digunakan untuk membeli pupuk.

Menurut Muhrizal, sebagaimana Kartu Keluarga Sejahtera untuk distribusi bantuan pangan non tunai, pemerintah akan menstrasfer saldo sesuai jumlah subsidi yang diterima petani berdasarkan lahan garapannya. Uang di kartu tani hanya bisa dicairkan untuk membeli pupuk subsidi di kios-kios resmi lewat mesin EDC.

Baca juga  Ternyata Mudah, Ini Syarat dan Cara Membuat KARTU TANI Gratis Tanpa Biaya !!

“Itu tak bisa diuangkan, hanya untuk beli pupuk subsidi. Pakai kartu, dia bisa beli pupuk urea Rp 1.800/kg, kalau non subsidi 4.800/kg, artinya dapat Rp 3.000/kg yang disubsidi,”

Loading...
Loading...