Tentang Pepaya California

Pepaya (Carica papaya L.)

Artikel – Di Indonesia pepaya adalah buah yang merakyat dan populer, bisa dikatakan semua orang Indonesia kenal dan pernah merasakan manisnya buah yang satu ini. Kepopuleran buah pepaya tidak lepas dari karakteristik dan sifatnya yang mudah tumbuh dan dapat hidup dengan baik dimana saja, baik di dataran tinggi, menengah maupun dataran rendah. Tanaman pepaya mampu tumbuh diberbagai tempat, baik di lahan jering maupun di lahan basah dengan iklim tropis maupun sub tropis. Oleh sebab itu tanaman ini banyak terdapat di hampir seluruh penjuru dunia. Di setiap daerah di Indonesia pepaya memiliki nama dan sebutan yang berbeda-beda, misalnya orang jawa menyebut pepaya dengan nama “kates” atau “gandul” sedangkan orang sunda menyebutnya “gedang“. Masyarakat suku melayu menyebut pepaya dengan nama “botik” dan dalam bahasa Aceh disebut “boh peutek“.

Pohon Pepaya Kalifornia

Tanaman Pepaya California (Foto by : Hendry Hendry)


Tanaman yang memiliki nama latin Carica papaya L. ini konon awal mulanya berasal dari daratan Amerika latin, Nikaragua dan Meksiko bagian selatan. Dan seiring perkembangan zaman, tanaman pepaya menyebar keseluruh penjuru dunia terutama negar-negara yang beriklim tropis, termasuk Indonesia. Sifatnya yang mudah tumbuh dan mudah beradaptasi dengan lingkungan, membuat tanaman pepaya cepat meluas dan banyak dibudidayakan di banyak negara. Tanaman ini menyukai tekstur tanah yang gembur, banyak mengandung humus, dan tanah lempung berpasir. Agar bisa tumbuh dengan optimal tanaman pepaya membutuhkan sinar matahari yang cukup dan dibudidayakan pada lahan yang memiliki drainase baik. Karena tanaman pepaya tidak menyukai tanah yang terlalu basah, becek dan berair.

Baca juga  Fakta Mencengangkan Tentang Cabe

Tanaman pepaya (Carica papaya L.) merupakan tanaman yang termasuk ke dalam Divisi Spermatophyta, Sub Divisi Angiospermae, Kelas Monocotyledoneae, Famili Caricaceae, Ordo Violases, Genus Carica dan Spesies Carica papaya L. Tanaman pepaya bisa dimanfaatkan hampir pada seluruh bagian tanaman, mulai dari akar, buah, biji, bunga hingga daunnya. Buah pepaya muda, daun dan bunganya biasa dimanfaatkan sebagai bahan sayuran atau lalapan. Buah pepaya yang sudah matang bisa disajikan sebagai buah segar maupun diolah dengan berbagai jenis kreasi masakan. Sementara akar, biji dan daun pepaya sering dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan herbal.

Profil Tentang Pepaya California

Apa itu pepaya California? Belakangan ini jenis pepaya kalifornia semakin banyak diminati, baik oleh petani maupun pehobi. Pepaya kalifornia merupakan nama varietas tanaman pepaya yang berasal dari wilayah Amerika Serikat yang beriklim tropis, yaitu California. Oleh sebab itu varietas ini dikenal dengan nama “Pepaya Kalifornia“. Varietas pepaya kalifornia semakin banyak digandrungi karena mudah dibudidayakan dan bisa tumbuh dimanapun, baik di dataran rendah, menengah maupun dataran tinggi. Bahkan varietas ini mampu tumbuh dengan baik di lahan gambut. Seiring dengan tingginya minat dan permintaan benih pepaya kalifornia, saat ini banyak bermunculan benih pepaya kalifornia dengan berbagai merk.

Pepaya Kalifornia

Buah Pepaya California (Foto by : Hendry Hendry)


Saat ini banyak sekali petani yang membudidayakan varietas pepaya kalifornia, baik yang hanya sekedar hobi, skala kecil maupun budidaya yang dilakukan secara masal. Hal ini dipacu oleh permintaan pasar yang terus meningkat. Konsumen lebih menyukai buah pepaya varietas ini dibandingkan dengan buah pepaya jenis lainnya. Oleh sebab itu jika dilihat dari segi bisnis, varietas pepaya kalifornia sangat menjajikan keuntungan. Varietas pepaya kalifornia memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan varietas lainnya. Keunggulan tersebut antara lain ; berumur genjah, cepat berbuah, daging buah lebih tebal dan memiliki rasa buah yang lebih manis.

Baca juga  Beragam Manfaat Sabut Kelapa

Varietas pepaya kalifornia merupakan varietas unggul dan cepat berbuah (genjah), buahnya bisa mulai dipanen setelah berusia 8 – 9 bulan. Secara umum bentuk fisik varietas ini tidak jauh berbeda dengan varetas lainnya. Keunikan yang paling mencolok dari varietas ini adalah batang atau pohonnya yang tidak terlalu tinggi. Varietas pepaya kalifornia memiliki batang yang lebih pendek dibanding dengan varietas pepaya lainnya, tinggi pohonnya antara 1,5 sampai 2 meter. Varietas ini sangat produktif dan mampu menghasilkan buah hingga usia 4 sampai 5 tahun. Varietas pepaya kalifornia bisa dipanen 3 hingga 4 kali dalam satu bulan. Pada kondisi tanaman dalam keadaan normal (tidak mengalami masalah dengan OPT dan kesuburan), dalam satu pohon mampu menghasilkan hingga 4 buah setiap kali panen. Dan dalam satu hektar lahan dapat mencapai 2 hingga 3 ton setiap kali panen. Karena itu varietas ini tergolong sangat produktif dan menjadi salah satu alasan bagi petani untuk memilih membudidayakannya.

Ciri Khas dan Keunggulan Pepaya California

Jika dibandingkan dengan varietas pepaya lainnya, pepaya kalifornia memiliki keunikan tersendiri. Secara fisik, tanaman pepaya kalifornia mudah dibedakan dengan varietas lainnya. Ciri khas yang paling mencolok adalah tinggi batangnya yang pendek, bahkan ada yang sangat pendek (kerdil) hingga beberapa buahnya menyentuh tanah.

Berikut ini beberapa ciri-ciri dan keunggulan “Pepaya Kalifornia
a). Berbatang pendek, tingginya antara 1,5 hingga 2 meter.
b). Memiliki ruas-ruas batang yang pendek.
c). Buah sedang / tidak terlalu besar dengan bobot berkisar antara 0,8 hingga 1,5 kg/buah.
d). Pada ujun daun tanaman dibawah usia 7 bulan terdapat antena atau kuncir.
f). Kulit buah berwarna lebih hijau, tebal dan mulus.
g). Buah berbentuk lonjong.
h). Daging buah lebih tebal, kenyal dan rasanya lebih manis.
i). Daya simpan buah lebih lama. Buah matang mampu bertahan hingga 5 hari setelah petik tanpa pengawet.
j). Tanaman pepaya california sudah mulai berbunga pada usia 3 bulan.

Dengan berbagai macam keunggulan tersebut pepaya kalifornia sangat layak untuk dibudidayakan secara luas. Ini menjadi peluang besar bagi anda yang berkecimpung di dunia agribisnis karena memang budidaya pepaya kalifornia sangat menjanjikan. Hal ini juga didukung oleh karakteristik dan sifat tanaman pepaya yang mudah tumbuh, perawatan tidak rumit, bisa ditanam dimana saja baik dataran rendah maupun dataran tinggi. Tanaman pepaya juga mudah beradaptasi dengan iklim, bisa dibudidayakan di musim hujan maupun di musim kemarau. Demikian sekilas tentang varietas “PEPAYA CALIFORNIA“. Semoga bermanfaat….

Baca juga  Pengertian dan Fungsi PGPR (Plant Growth Promoting Rhizobacteria)

Salam mitalom !!!

loading...
Loading...