Peran Nitrogen Pada Tanaman

Fungsi Pupuk Nitrogen Bagi Tanaman

Pupuk dan Pemupukan – Ada beberapa faktor yang mempengaruhi laju pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Diantaranya adalah ketersedian unsur-unsur hara yang cukup. Salah satu unsur hara yang sangat berpengaruh bagi pertumbuhan tanaman adalah nitrogen (N). Unsur hara yang disimbolkan dengan huruf “N” ini biasa ditemukan dalam bentuk gas tanpa warna, tanpa bau dan tanpa rasa. Nitrogen tersedia didalam tanah dan diudara, kurang lebih ada 78,08% unsur nitrogen diudara. Nitrogen merupakan salah satu unsur utama dalam pembentukan asam amino dan asam nukleat. Asam amino adalah senyawa pembentuk protein, dan asam nukleat berperan sebagai komponen pembentuk RNA dan DNA.

Manfaat Unsur Nitrogen

Peran dan Fungsi Unsur Nitrogen Pada Tanaman


Dalam dunia pertanian dikenal beberapa pupuk kimia yang mengandung unsur nitrogen antara lain ; pupuk ZA [(NH4)2SO4], kalsium sianida (CaCN2), urea (NH2CONH2), kalium nitrat (KNO3), amonium nitrat (NH4NO3) dan amonium fosfat [(NH4)3PO4].

Pupuk nitrogen merupakan pupuk kimia yang mengandung unsur N, baik dalam bentuk tunggal maupun majemuk. Yang umumnya berupa senyawa sianida, amonium dan nitrat.Nitrogen pada tanaman berperan dalam pembentukan zat hijau daun (klorofil), lemak dan protein. Klorofil berperan dalam proses fotosintetis atau proses pemasakan zat makanan yang diserap oleh akar. Pemberian pupuk nitrogen sangat berpengaruh dalam proses pembentukan tunas, batang dan daun tanaman (pertumbuhan vegetatif). Serta berperan dalam pembesaran batang dan penambahan tinggi tanaman.

Meski unsur nitrogen sangat diperlukan, namun pemberiannya harus terukur, sesuai kebutuhan dan tidak boleh berlebihan. Pemberian yang tidak berimbang atau berlebihan dapat menimbulkan efek negatif bagi tanaman. Tanaman yang kelebihan nitrogen secara fisik kelihatan hijau dan subur, namun tanaman mudah terserang penyakit, batang dan cabang mudah patah serta mengakibatkan pecah buah.

Baca juga  Dampak Mengkonsumsi Beras Plastik Bagi Kesehatan

Fungsi Nitrogen bagi Tanaman :
1. Merangsang pertumbuhan vegetatif tanaman (pertumbuhan batang dan daun)
2. Meningkatkan jumlah anakan
3. Meningkatkan jumlah bulir/rumpun
4. Meningkatkan kandungan protein

Demikian tentang unsur hara nitrogen dan pengaruhnya terhadap tanaman. Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

loading...
Loading...