NPK Phonska Plus, Harga Murah Berkualitas dan Mampu Meningkatkan Hasil Panen

A.    Kandungan Hara Pupuk NPK Phonska Plus

Keunggulan dan Manfaat Pupuk NPK Phonska Plus

Pupuk NPK Phonska Plus

Pupuk dan Pemupukan – NPK Phonska Plus meruakan produk baru PT. Petrokimia Gresik yang resmi diluncurkan pada November 2016 lalu. NPK Phonska Plus dikemas dalam kantong dengan berat bersih 25 kilogram, berbentuk granul, berwarna putih, dan bersifat higroskopis (mudah larut dalam air). Dengan kandungan, unsur hara makro lengkap seperti Nitrogen (N); P205 atau Fosfat (P), dan Kalium (K20). Selain itu juga terdapat unsur hara mikro seperti Sulfur (S) dan Zinc atau Seng (Zn). Penambahan unsur hara mikro Seng inilah yang membedakan NPK Phonska Plus dengan NPK Phonska bersubsidi biasa. Direktur Utama Petrokimia Gresik Nugroho Christijanto mengatakan, peluncuran NPK Phonska Plus merupakan jawaban atas hasil riset International Fertilizer Association (IFA) yang menyebutkan bahwa sebesar 50 persen kondisi lahan pertanian dunia mengalami defisiensi unsur hara mikro Zink (Zn) yang cukup signifikan. Peta defisiensi Zink menunjukkan bahwa Indonesia termasuk wilayah dengan defisiensi terparah. Selain pada tanah IFA juga menyebutkan bahwa sepertiga populasi dunia atau sekitar 2 miliar manusia juga mengalami defisiensi nutrisi Zink pada tubuh. Adapun kebutuhan nutrisi Zink pada manusia utamanya berasal dari asupan pangan. Oleh karena itu, perlu adanya upaya penambahan unsur hara mikro Zink pada lahan pertanian.

B.    Hasil Uji Kualitas Pupuk NPK Phonska Plus

Pupuk NPK Phonska Plus adalah pupuk non subsidi yang kehadirannya diharapkan mampu menjawab permasalahan dan sebagai solusi mengatasi kekurangan (defisiensi) unsur hara mikro seng/Zink (Zn). Pupuk NPK Phonska Plus memiliki kualitas yang lebih baik dengan harga yang terjangkau. Untuk membuktikan kualitas Phonska Plus, pupuk ini telah melalui serangkaian uji aplikasi di sejumlah daerah dan tanaman.

Baca juga  Kangkung Hidroponik Tanpa AB Mix

Untuk tanaman padi, uji aplikasi dilakukan di Kediri, Tabanan, Lombok, Jember, dan Boyolali, bekerja sama dengan universitas dan Balai Penelitian Tanaman Pertanian (BPTP).

Uji aplikasi ini membandingkan penggunaan NPK Phonska Plus (dengan Zink) dan penggunaan NPK Phonska biasa (tanpa Zink). Uji aplikasi dilakukan dengan perlakuan dan dosis pemupukan yang sama pada komoditas padi, yaitu menggunakan formulasi 5:3:2 atau 500 kg pupuk organik Petroganik, 300 kg NPK Phonska Plus, dan 200 kg Urea untuk per hektar sawah.

Dari hasil uji aplikasi ini, NPK Phonska Plus terbukti mampu meningkatkan panen rata-rata 0,57 ton per hektar gabah kering panen atau 9 persen lebih besar jika dibandingkan dengan padi yang menggunakan pupuk NPK Phonska biasa tanpa Zink. Sedangkan pada tanaman jagung, uji aplikasi NPK Phonska Plus dilakukan di Jember, Jawa Timur. Hasilnya, penggunaan Phonska Plus mampu meningkatkan hasil panen 8 persen atau 0,68 ton per hektar lebih besar dibandingkan dengan NPK Phonska (NPKS) biasa tanpa Zink.

C.    Kandungan Hara, Formulasi dan Spesifikasi Pupuk NPK Phonska Plus

Jika dibandingkan dengan pupuk NPK Phonska biasa, NPK Phonska Plus lebih unggul baik dari segi manfaat, kualitas maupun formulasi kandungan haranya. Pupuk NPK Phonska Plus merupakan pupuk majemuk dengan harga yang bersahabat dan terjangkau. Berikut ini kandungan hara, formulasi, dan spesifikasi pupuk NPK Phonska Plus :

Nitrogen (N) : 15%
Fosfat (P2O5) : 15%
Kalium (K2O) : 15%
Sulfur (S) : 9%
Seng (Zn) : 2.000 ppm
Bentuk granul
Warna putih
Dikemas dalam kantong bercap kerbau emas dengan isi bersih 25 kg.

D.    Keunggulan, Sifat dan Manfaat Pupuk NPK Phonska Plus

1.    Bersifat higroskopis, yaitu mampu menyerap atau mengikat molekul air dari udara bebas sehingga mudah mencair dan dengan mudah dapat diserap oleh akar tanaman.

Baca juga  Macam-macam Jenis PUPUK NPK dan Kegunaannya

2.    Mudah larut dalam air, pupuk Phonska Plus mudah larut dalam air sehingga lebih mudah dan memudahkan petani dalam mengaplikasikannya. Pupuk NPK Phonska Plus dapat diaplikasikan dengan cara ditabur maupun dikocorkan.

3.    Pupuk NPK Phonska Plus mengandung unsur hara makro primer yang merupakan unsur hara penting bagi tanaman

4.    Mengandung unsur Nitrogen yang bermanfaat untuk memacu pertumbuhan vegetatif tanaman pada batang, daun, dan akar.

5.    Mengandung unsur Phospor dalam bentuk P2O5 yang berperan dalam pembentukan bunga dan buah sehingga dapat meningkatkan hasil panen

6.    Mengandung unsur Kalium dalam bentuk K2O yang bermanfaat untuk meningkatkan ketahanan tanaman dari serangan hama/penyakit dan kekeringan

7.    Mengandung unsur hara makro sekunder berupa Sulfur (S) yang berperan dalam meningkatkan kualitas dan daya simpan hasil panen

8.    Diperkaya dengan unsur hara mikro Zink (Zn), merupakan unsur hara mikro esensial yang dapat memaksimalkan pemanfaatan unsur hara N, P, K dan S.

9.    Kandungan unsur Zink (Zn) bermanfaat mendukung pertumbuhan vegetatif dan pertumbuhan biji atau buah, dan memperkuat daya tahan tanaman terhadap hama atau penyakit.dalam membentuk daun, batang, akar, bunga dan buah

10.    Unsur Zink (Zn) bermanfaat dalam membantu meningkatkan ketahanan tanaman terhadap serangan hama maupun penyakit.

11.    Kandungan unsur hara Zink (Zn) adalah jawaban dan solusi dari permasalahan defisiensi (kekurangan) unsur zink pada tanah dan defisiensi nutrisi Zink pada manusia.

12.    Pupuk NPK Phonska Plus mampu meningkatkan kualitas, kuantitas dan bobot hasil panen.

Demikian tentang “Kandungan Hara, Keunggulan dan Manfaat Pupuk NPK Phonska Plus“. Semoga bermanfaat….

Salam mitalom !!!

Loading...