Membuat Media Tanam Dalam Polybag

Tips Membuat Media Tanam Dalam Polybag atau Pot yang Baik dan Benar

Tips Berkebun – Polybag atau Pot merupakan tempat menanam yang banyak diminati oleh para pehoby tanaman. Polybag sangat cocok digunakan untuk menanam dalam skala kecil (sekala hoby). Polybag adalah tempat menanam yang praktis dan murah. Selain itu menanam menggunakan polybag akan mempermudah anda jika ingin memindah tanaman ke tempat yang anda inginkan. Satu hal penting yang harus diperhatikan ketika menanam menggunakan polybag adalah media tanam. Media tanam yang baik adalah media tanam yang gembur atau porous, agar pertumbuhan akar dan perkembangan tanaman bisa maksimal.

Cara Membuat Media Tanam

Menanam Menggunakan Polybak atau Pot

Media tanam dalam polybag cenderung lebih cepat padat, media tanam yang padat tidak baik untuk tanaman. Untuk menghindari hal ini, anda harus memperhatikan campuran media tanam yang anda gunakan. Jika campuran media tanam tidak tepat, kemungkinan akan lebih cepat padat dan tanaman tidak akan tumbuh dengan baik. Selain porous (gembur), media yang baik adalah media tanam yang mengandung unsur hara yang dibutuhkan tanaman. Untuk membuat media tanam yang baik, yang perlu anda persiapkan adalah tanah, pupuk kandang/kompos dan sekam.

Cara membuat Media Tanam

Membuat Media Tanam Menggunakan Polybag

Komposisi Ideal untuk Media Tanam Polybag atau Pot

Komposisinya adalah sebagai berikut :

1. Tanah 3 bagian (pilihlah tanah yang mengandung banyak unsur hara)

2. Pupuk kandang/kompos 2 bagian

3. Sekam mentah 1 bagian

4. Sekam bakar (abu sekam) 1 bagian

5. Tambahkan dolomit jika pH dibawah 5,5

Campurkan semua bahan hingga rata, kemudian dinginkan media tanam. Cara mendinginkan media tanam adalah dengan meletakkannya ditempat terbuka tapi terlindung dari hujan dan sinar matahari langsung. Biarkan selama 10 – 15 hari sebelum digunakan untuk menanam.

Baca juga  Manfaat Arang Sekam Sebagai Media Tanam

Catatan :
– Tanah yang baik adalah tanah yang berada disekitar rumpun bambu atau ditempat pembuangan sampah. Ambil bagian permukaan saja, tidak lebih dari 5 cm.
– Pupuk kandang/kompos sebaiknya yang sudah lama. Jangan menggunakan pupuk kandang/kompos yang masih baru.

Demikianlah beberapa tips membuat media tanam dalam polybag. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

loading...
Loading...