Khasiat dan Manfaat Cabe Untuk Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Cabe Untuk Kesehatan Tubuh

Buah dan Sayur – Buah cabe yang memiliki rasa pedas dan mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Dibalik rasa pedas dan banyak yang tidak menyukai sayuran ini, ternyata cabe memiliki khasiat yang luar biasa untuk membantu menjaga kesehatan tubuh anda. Hal ini karena kandungan vitamin C yang sangat tinggi dan vitamin A yang mengandung beta-karoten. Kedua vitamin tersebut bertindak sebagai antioksidan alami yang kuat yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menangkal radikal bebas. Baca “Fakta Mencengangkan Tentang Cabe

Zat capsaicin yang memberikan efek pedas pada cabe ternyata memiliki manfaat sebagai anti-bakteri, anti-karsinogenik, anti-diabetes dan bersifat analgesik. Mengkonsumsi buah cabe dapat memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh dan dapat menurunkan resiko beberapa penyakit berbahaya.

Manfaat dan Khasiat Cabe

Manfaat dan Khasiat Cabe Untuk Kesehatan


Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat cabe untuk kesehatan tubuh :

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Mengkonsumsi buah cabe bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan. Karena cabe dapat membakar lemak dengan cepat, sehingga baik dikonsumsi oleh penderita obesitas.

2. Meringankan Sakit Gigi

Cabe bermanfaat untuk meringankan sakit gigi, karena zat capsaicin yang terkandung pada buah cabe bersifat analgesik yang bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit.

3. Membantu Proses Pencernaan

Cabe bertindak sebagai pendetoks alami, karena dapat membersihkan limbah dari tubuh dan akan meningkatkan asupan nutrisi kejaringan tubuh. Cabe juga bertindak sebagai detoxicants pencernaan yang akan membantu dalam proses pencernaan makanan.

4. Anti Bakteri

Zat capsaicin pada buah cabe juga bersifat anti-bakteri yang dapat menurunkan resiko terserang penyakit yang disebabkan oleh bakteri parasit.

5. Penghilang Rasa Sakit

Baca juga  10 Manfaat Dahsyat Jeruk Nipis

Cabe dapat merangsang pelepasan endorfin yang menimbulkan efek penghilang rasa sakit alami. Karena itu, cabe dapat mengurangi rasa sakit akibat herpes, diabetes, rheumatik serta kejang otot.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C dan vitamin A pada buah cabe berperan sebagai antioksidan alami yang kuat. Antioksidan bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imunitas) dan menangkal radikal bebas.

7. Menurunkan Kolesterol

Buah cabe sama sekali tidak mengandung kolesterol (0 kolesterol). Karena itu cabe baik dikonsumsi untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

8. Sebagai Anti Infeksi

Cabe juga mengandung antibiotik yang dapat melawan infeksi akibat bakteri. Cabe dapat mempercepat membawa darah segar ke daerah infeksi, sehingga darah dengan cepat melawan bakteri penyebab infeksi.

9. Menurunkan Resiko Kanker Usus Besar

Vitamin C, asam folat dan beta-karoten yang terdapat pada buah cabe telah banyak diketahui dapat menurunkan resiko penyakit kanker usus besar. Lycopene cartonoid yang terdapat pada cabe merah juga diketahui berguna untuk mencegah panyakit kanker.

10. Mengurangi Penyakit Paru-Paru

Mengkonsumsi buah cabe dapat meningkatkan metabolisme dan mengatasi hidung tersumbat. Hal ini dapat membantu melebarkan saluran udara ke paru-paru yang akan mengurangi asma dan bengek.

11. Mencegah Serangan Jantung

Cabe mengandung vitamin B6 dan asam folat, vitamin B dapat mengurangi tingkat homocystine yang tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah. Hal ini berkaitan erat dengan meningkatnya resiko serangan jantung dan stroke. Selain itu, vitamin B juga akan mengubah homocysteine menjadi molekul lain yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol.

12. Mengurangi Radang Paru-Paru Akibat Rokok

Mengkonsumsi cabe yang kaya akan vitamin A dapat mengurangi radang paru-paru akibat asap rokok. Seperti diketahui, benzopyrene adalah zat kimia berbahaya yang terdapat pada asap rokok dapat merusak vitamin A dalam tubuh. Vitamin A yang terdapat pada cabe setidaknya dapat menggantikan vitamin A yang rusak tersebut.

Baca juga  1001 Manfaat Tanaman Pisang Dalam Kehidupan Sehari-hari

Efek Samping Mengkonsumsi Cabe

Meskipun memiliki khasiat dan manfaat yang luar biasa, mengkonsumsi buah cabe dapat menimbulkan efek buruk bagi orang-orang yang sensitif terhadap rasa pedas. Bagi yang tidak tahan, mengkonsumsi cabe dapat menyebabkan rasa panas pada mulut, lidah dan tenggorokan serta dapat menyebabkan iritasi parah pada usus. Iritasi pada usus menyebabkan sakit perut dan mencret. Karena itu batasi mengkonsumsi cabe sesuai dengan kemampuan tubuh anda.

Konsumsilah cabe yang masih segar dan sehat, karena pada cabe yang telah berjamur ditemukan senyawa kimia yang disebut aflatoksin. Senyawa tersebut diketahui dapat menyebabkan kanker lambung, hati dan usus. Demikian tentang manfaat cabe untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

loading...
Loading...