Kandungan Gizi dan Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Ubi jalar

Manfaat Buah & Sayur – Ubi jalar selain sebagai sumber karbohidrat dan bahan makanan pokok pengganti nasi ternyata memiliki khasiat dan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Ubi jalar mengandung berbagai macam mineral dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Ubi jalar atau ubi rambat merupakan bahan makanan pengganti nasi yang baik bagi penderita diabetes. Ubi jalar juga baik dikonsumsi karena rendah lemak dan dapat menurunkan resiko obesitas. Ubi jalar merupakan sumber beta karoten dan antioksidan yang kuat. Serat pada ubi jalar banyak tedapat pada kulitnya yang tipis.

Khasiat dan Manfaat Ubi Jalar

Ubi Jalar / Ubi Rambat


Kandungan Gizi Ubi Jalar

Ubi jalar mengandung bermacam-macam zat dan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Misalnya protein, karbohidrat, vitamin, serat dan berbagai mineral seperti mangan, kalium, magnesium, seng dan lain sebagainya. Dalam sebuah ubi jalar berukuran sedang diketahui mengandung 162 kalori, 37 gram karbohidrat (6 gram serat dan 12 gram gula), dan 3,6 gram protein. Ubi jalar juga memberikan lebih dari 100% kebutuhan harian untuk vitamin A, 37% vitamin C, 16% vitamin B6, 10% asam pantotenat, 15% kalium dan 28% mangan. Ubi jalar juga diketahui mengandung kalsium, zat besi, magnesium, seng, fosfor, vitamin E, thiamin, riboflavin dan asam folat.

Khasiat dan Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan

1. Sebagai Sumber Energi

Karbohidrat yang terdapat pada ubi jalar merupakan sumber energi yang baik selain nasi dan jagung. Selain itu, kandungan zat besi dan magnesium pada ubi jalar dapat meningkatkan energi yang dibutuhkan unutk beraktifitas.

2. Menyehatkan Mata

Mengkonsumsi ubi jalar berkhasiat dalam menjaga kesehatan mata, hal ini karena kandungan vitamin A pada ubi jalar. Vitamin A yang didukung dengan beta karoten pada ubi jalar akan meningkatkan kemampuan penglihaan mata.

Baca juga  14 Khasiat dan Manfaat Belimbing Wuluh

3. Baik Untuk Pencernaan

Mengkonsumsi ubi jalar dapat menyehatkan pencernaan serta membantu mencegah masalah pada sistem pencernaan. Kandungan serat yang tinggi dapat mencegah sembelit dan menjaga pencernaan tetap sehat.

4. Baik Untuk Wanita Hamil dan Menyusui

Kandungan beta karoten yang dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh sangat penting untuk sintetis hormon pada wanita hamil dan menyusui. Zat besi pada ubi jalar juga dapat mempengaruhi kesuburan wanita.

5. Sebagai Anti Peradangan

Ubi jalar memiliki efek anti-inflamasi atau anti peradangan. Mengkonsumsi ubi jalar dapat membantu mengurangi peradangan pad tubuh.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kombinasi vitamin C dan betakaroten pada ubi jalar berkhasiat dalam meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Asupan vitamin C yang cukup akan membuat tubuh kebal terhadap serangan penyakit akibat virus dan penyakit lainnya.

7. Mencegah Diabetes

Ubi jalar mengandung indeks glikemik yang rendah dan dapat mengurangi kadar gula dalam darah dan resistensi insulin pada penderita diabetes.

8. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Kandungan kalium pada ubi jalar berkhasiat dalam mengurangi tekakan darah tinggi. Asupan kalium yang tinggi dapat mengurangi resiko kematian akibat tekanan darah tinggi hingga 20%.

Demikian tentang beberapa khasiat dan manfaat mengkonsumsi ubi jalar, semoga bermanfaat…
Baca juga Cara Budidaya Ubi Jalar

Salam mitalom !!!

Loading...