Kandungan Gizi dan Manfaat Paprika

Manfaat Paprika Untuk Kesehatan

Manfaat Buah & Sayur – Paprika, jenis cabe besar yang memiliki bentuk dan warna unik ini memiliki rasa yang tidak terlalu pedas. Biasa digunakan sebagai cabe konsumsi dan tanaman hias. Selain digunakan sebagai bahan tambahan masakan ternyata paprika menyimpan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Paprika mengandung vitamin dan mineral-mineral lainnya yang diperlukan oleh tubuh. Paprika merupakan sayuran yang rendah kalori dan aman dikonsumsi oleh siapa saja. Tanaman yang konon berasal dari Amerika Selatan ini sudah banyak dibudidayakan di Indonesia.

Manfaat Paprika

Paprika Merah


Kandungan Gizi

Paprika kaya akan karoten, vitamin B dan vitamin C. Dalam 100 gram paprika segar mengandung protein 0.9 gr, lemak 0.3 gr, karbohidrat 4.4 gr, Ca 7.0 mg, Fe 0.4 mg, p 22 mg, vitamin A 540 IU, vitamin B1 22.0 mg, vitamin B2 0.002 mg, niacin 0.4 mg dan vitamin C 160 mg. Selain itu paprika juga mengandung asam askorbat yang nilai gizinya pada setiap 100 gram adalah : 29 mg Kalori, 11 mg Kalsium, 870 IU vitamin, 0.03 mg riboflafin dan 0.05 niacin. Dengan kandungan gizi dan vitamin tersebut paprika sangat baik dikonsumsi dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Manfaat Paprika Untuk Kesehatan

1. Mencegah Kanker Kulit dan Kanker Paru-Paru

Paprika mengandung betakaroten yang bertindak sebagai antiokasidan. Antioksidan berfungsi sebagai penghambat dan mencegah perkembangan sel – sel kanker. Mengkonsumsi paprika dapat menurunkan resiko terserang penyakit kanker.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Paprika mengandung vitamin C yang tinggi terutama pada paprika merah. Vitamin C berperan untuk meningkatkan daya tahan tubuh (imunitas). Kandungan vitamin C pada paprika lebih tinggi daripada buah jeruk.

Baca juga  Manfaat Mengkonsumsi Buah Mentimun

3. Menyehatkan Mata

Paprika kaya akan vitamin A dan betakaroten. Terutama paprika merah dengan kandungan vitamin A 3.131 IU. Vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata. Mengkonsumsi paprika bermanfaat untuk menyehatkan mata dan mencegah penyakit pada mata.

4. Mencegah Kanker Prostat

Paprika juga mengandung likopen yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya kanker prostat. Pria yang mengkonsumsi likopen dalam jumlah banyak diketahui memiliki resiko kanker prostat yang rendah. Dengan demikian mengkonsumsi paprika dapat membantu mencegah kanker prostat.

5. Meningkatkan Kualitas Sperma

Mengkonsumsi paprika diketahui dapat meningkatkan kualitas seksual. Hal ini berkaitan dengan kandungan likopen pada paprika. Likopen diyakini dapat meningkatkan jumlah sperma, memperbaiki struktur sperma dan meningkatkan agresivitas.

6. Menyehatkan Kulit

Kandungan vitamin C yang tinggi bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit. Mengkonsumsi paprika dapat membantu meremajakan kulit dan menjaga kulit tetap sehat.

7. Sebagai Antioksidan & Anti inflamasi

Paprika mengandung betakaroten dan phytochemical yang merupakan antioksidan dan agen anti inflamasi yang baik.

8. Menurunkan Kolesterol

Kandungan zat capcaisin pada paprika bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat. Mengkonsumsi paprika dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Capsaicin juga bermanfaat meredkan nyeri dan mengontrol diabetes.

9. Menjaga Kesehatan Syaraf

Paprika juga mengandung vitamin B6. Vitamin B6 berkhasiat dalam menjaga kesehatan sisitem syaraf dan meregenerasi sel.

10. Mencegah Katarak

Beberapa enzim tertentu dalam paprika seperti leutin, mampu melindungi mata dari katarak di usia senja.

Paprika memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Paprika mengandung berbagai macam mineral dan vitamin, terutama pada paprika merah. Paprika merah diketahui meiliki kandungan lebih tinggi dibanding dengan paprika jenis lainnya. Semoga bermanfaat…
Baca juga : Cara Menanam Paprika Dalam Polybag

Salam mitalom !!!

loading...
Loading...