Kandungan Gizi dan 12 Manfaat Kacang Merah Untuk Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Kacang Merah

Kacang Merah

Manfaat Buah & Sayur – Siapa yang tidak kenal kacang merah? Ya, tanaman yang termasuk dalam keluarga polong-polongan (Fabaceae) ini memang belum banyak dikonsumsi di Indonesia. Sayang sekali selama ini banyak yang enggan menkonsumsi kacang ini, terutama wanita karena dianggap menyebabkan berat badan naik. Padahal kacang merah adalah sumber makanan yang mengandung nilai gizi tinggi. Dan faktanya adalah sebaliknya, kacang merah dipercaya mampu mengontrol berat badan. Betapa tidak, kacang merah diketahui mengandung potasium yang tinggi, serat, antioksidan folat, zat besi, dan beragam mineral lainnya yang sangat  dibutuhkan oleh tubuh. Kacang merah terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya: red bean, kacang adzuki (kacang merah kecil), dan kidney bean (kacang merah besar). Makanan jenis polong-polongan ini sering digunakan dalam berbagai hidangan seperti sop, terutama beras, kari, salad dan topping. Kacang merah diketahui sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, diantaranya adalah baik untuk kesehatan jantung. Kacang merah juga mengandung serat, dimana serat sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

Kandungan Gizi Kacang Merah

Kacang Merah adalah bahan makanan dari keluarga kacang-kacangan (polong-polongan) yang kaya akan kandungan gizi. Kacang Merah mengandung energi sebesar 336 kilokalori, protein 23,1 gram, karbohidrat 59,5 gram, lemak 1,7 gram, kalsium 80 miligram, fosfor 400 miligram, dan zat besi 5 miligram.  Selain itu di dalam Kacang Merah juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,6 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Dengan kandungan tersebut kacang merah memiliki beragam manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat dan Khasiat Kacang Merah Untuk Kesehatan

1.    Manfaat daan Khasiat Kacang Merah Sebagai Sumber Energi

Kacang Merah diketahui mengandung banyak zat besi yang merupakan sumber utama yang diperlukan untuk meningkatkan metabolisme dan energi tubuh. Kacang merah juga membantu sirkulasi oksigen ke seluruh tubuh. Dengan kandungan zat besi yang tinggi kacang merah sangat diperlukan oleh tubuh untuk meningkatkan energi.

Baca juga  25 Jenis Buah Dengan Kandungan Vitamin A Tertinggi

2.    Manfaat Kacang Merah dalam Mengontrol Berat Badan

Kacang merah sangat baik dikonsumsi bagi anda yang ingin memiliki berat badan yang stabil, karena dengan mengkonsumsi makanan ini akan memberi rasa kenyang yang lebih lama. Dengan demikian anda bisa mengontrol berat badan karena selalu merasa kenyang dan keinginan untuk makan bisa anda lupakan.

3.    Manfaat Kacang Merah Sebagai Sumber Antioksidan

Manfaat antioksidan adalah menjaga fungsi sel-sel tubuh serta memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak akibat radikal bebas. Dengan mengkonsumsi bahan makanan yang kaya akan atioksidan maka kesehatan tubuh anda akan tetap terjaga. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi kacang merah, kacang merah diketahui kaya akan antioksidan.

4.    Manfaat Kacang Merah dalam Mengontrol Kadar Gula darah

Jika anda tidak ingin kadar gula darah naik, ada baiknya anda mengkonsumsi kacang merah. Kacang merah diketahui berkhasiat dalam mengontrol kadar gula di dalam darah. Kacang merah terkenal kaya akan akndungan serat. Serat ini dapat menurunkan tingkat metabolisme kandungan karbohidrat dalam kacang-kacangan.

5.    Manfaat Kacang Merah Sebagai Sumber Protein

Seperti kita ketahui bahwa semua bahan makanan dari keluarga polong-polongan kaya akan protein nabati yang lengkap. Protein pada kacang-kacangan jauh lebih baik daripada protein hewani yang tinggi akan lemak jahat. Kandungan protein pada kacang merah merupakan protein yang sehat, rendah lemak dan berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh.

6.    Manfaat Kacang Merah untuk Otak

Vitamin K memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan otak. Salah satu bahan makanan yang mengandung vitamin K adalah kacang merah. Makanan ini mengandung banyak vitamin K yang menyediakan nutrisi penting untuk otak dan sistem saraf. Dengan mengkonsumsi kacang merah secara teratur, kesehatan otak akan tetap terjaga karena asupan nutrisi tercukupi dengan baik.

Baca juga  14 Khasiat dan Manfaat Belimbing Wuluh

7.    Manfaat Kacang Merah Sebagai Sumber Vitamin

Kacang merah juga merupakan sumber yang baik untuk vitamin B, yang penting untuk sel-sel otak. Vitamin ini memelihara saraf otak dan sel-sel yang mencegah penyakit yang terkait usia seperti Alzheimer.

8.    Manfaat Kacang Merah untuk Melancarkan Buang Air Besar

Serat yang terkandung di dalam kacang merah dapat membantu menyehatkan sistem pencernaan. Mengkonsumsi makanan yang kaya serat sangat baik untuk melancarkan buang air besar. Dengan kandungan seratnya yang tinggi kacang merah berkhasiat dalam menjaga kesehatan usus, mencegah sembelit dan buang air besar secara teratur.

9.    Manfaat Kacang Merah Untuk Menurunkan Kolesterol

Mengkonsumsi kacang merah dalam jumlah yang tepat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Kandungan magnesium dan serat pada kacang merah bermanfaat dalam membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

10.    Manfaat Kacang Merah dalam Menurunkan Resiko Penyakit Alzheimer

Alzheimer adalah gangguan kesehatan mental yang dikenal luas dengan penyakit pikun, penyakit ini erat kaitannya dengan kesehatan otak. Untuk menjaga kesehatan otak dan menurunkan resiko penyakit alzheimer maka tubuh membutuhkan asupan makanan yang  banyak mengandung vitamin B. Vitamin B diketahui bermanfaat dalam menjaga kesehatan otak dengan memelihara sel-sel otak dan syaraf otak tetap bekerja dengan baik. Pada kacang merah diketahui mengandung vitamin B, terutama kandungan vitamn BI (Thiamin) yang berkontribusi terhadap reaksi enzimatik, sebagai pusat produksi energi dan juga penting untuk fungsi sel otak / kognitif.

11.    Manfaat Kacang Merah Untuk Kesehatan Jantung

Jantung merupakan organ vital bagi tubuh, oleh karena itu perlu kita sadari betapa pentingnya menjaga kesehatan jantung. Menjaga kesehatan jantung sangat erat kaitannya dengan makanan yang kita konsumsi. Bahan makanan dengan kadar protein nabati memiliki peran dalam membantu menjaga jantung tetap sehat. Seperti halnya jenis kacang-kacangan lainnya, kacang merah merupakan sumber protein yang baik untuk jantung.

Baca juga  5 Khasiat Penting Beras Hitam Untuk Kesehatan

12.    Manfaat Kacang Merah Untuk Mencegah Kanker Usus

Kandungan serat yang tinggi pada kacang merah berkhasiat dalam membantu mencegah kanker usus. Serat berperan penting dalam melancarkan pencernaan, menjaga sistem pencernaan tetap baik dan membersihkan usus. Hal ini secara tidak langsung dapat mencegah terjadinya kanker pada usus.

Demikian tentang “Manfaat dan Khasiat Kacang Merah Untuk Kesehatan Tubuh“. Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

Loading...