Jenis – jenis Salak Terbaik di Indonesia

Salak Terpopuler di Indonesia

Artikel – Indonesia adalah sebuah negara beriklim tropis yang kaya akan buah-buahan tropika. Banyak sekali jenis buah-buahan berkualitas yang terdapat di negeri kita tercinta ini yang memiliki potensi untuk menjadi komoditi berkualitas internasional. Salah satu jenis buah tropis unggulan yang terdapat di negeri ini adalah buah salak. Siapa yang tidak kenal dengan buah salak? Buah bersisik seperti ular ini adalah buah dari tanaman sejenis palma berduri yang termasuk dalam keluarga Arecaceae. Salak memiliki nama ilmiah Salacca zalacca, kulit buahnya bersisik menyerupai sisik ular sehingga dalam bahasa Inggris disebut snake fruit. Buah salak umumnya memiliki rasa yang manis, daging buahnya bisa dimakan sebagai buah segar atau diolah dengan berbagai macam olahan seperti keripik salak atau manisan salak.

Klasifikasi Ilmiah Salak
Kerajaan : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Liliopsida
Ordo : Arecales
Famili : Arecaceae
Genus : Salacca
Spesies : S. zalacca
Nama binomial : Salacca zalacca
Sinonim : Salacca edulis / Calamus zalacca

Jenis – Jenis Salak di Indonesia

Di Indonesia terdapat banyak sekali varietas salak yang tersebar diseluruh wilayah. Varietas salak yang dibudidayakan disetiap daerah berbeda-beda, bukan hanya jenisnya saja yang berbeda, rasa buah serta ukurannya juga berbeda. Berdasarkan kultivarnya di Indonesia terdapat lebih dari 25 jenis dibawah spesies. Beberapa diantaranya yang terkenal dan banyak dibudidayakan di Indonesia, antara lain sebagai berikut ;

a. Salak condet

Salak condet adalah kultivar asli Jakarta. Ukuran buah salak condet kecil, sedang sampai besar. Warna kulit buahnya coklat hingga kehitaman. Memiliki daging buah yang tebal, rasa buahnya manis, agak kelat dan sedikit kesat.

b. Salak Jawa (Salacca zalacca)

Salak Jawa adalah jenis salak yang banyak terdapat dan dibudidayakan di pulau Jawa. Jenis-jenis salak jawa antara lain salak pondoh yang banyak dijumpai di Jawa Tengah dan Jogjakarta, salak manonjaya yang banyak dibudidayakan di daerah Garut, Cilacap dan Tasikmalaya. Salak manonjaya berasal dari Desa Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya – Jawa Barat. Jenis salak pondoh sendiri terdiri dari beberapa varian, yaitu salak pondoh super, pondoh hitam, pondoh gading dan pondoh nglumut. Soal rasanya salak pondoh sudah tidak diragukan lagi, daging buahnya manis tanpa rasa sepat meskipun masih muda.

Baca juga  Khasiat dan Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan

c. Salak Bali (Salacca amboinensis)

Salak bali adalah jenis salak yang paling banyak variannya, antara lain salak gondok, salak nenas, salak gula pasir, salak nangka, salak nyuh/salak kelapa, salak injin, salak penyalin, salak maong, salak mesui, salak bingin, salak gading/salak bule, salak getih, salak cengkeh, salak embadan (raja salak) dan salak biji putih. Varian dari salak bali tersebut banyak dijumpai dan dibudidayakan di Pulau Bali. Dari sekian banyak varian salak bali, salak gula pasir adalah yang paling istimewa karena buahnya sudah terasa manis sejak buah masih muda.

d. Salak Padang Sidempuan (Salacca sumatrana)

Terdapat dua varian dari jenis salak padang sidempuan ini, yaitu salak padang sidempuan merah dan salak padang sidempuan putih. Salak padang sidempuan merah memiliki ciri khas, yaitu warna daging buahnya yang kemerahan, memiliki kombinasi rasa manis, masam dan sepat atau kelat. Salak padang sidempuan banyak dijumpai di daerah Padang Sidempuan – Sumatera Utara. Padang Sidempuan adalah sentra penghasil salak di wilayah Sumatera Utara.

3 Jenis Salak Terbaik di Indonesia

Dari bermacam-macam kultivar dan varian salak yang tersebut diatas, 3 jenis diantaranya memiliki keistimewaan dan dikenal sebagai kultivar salak terbaik di Indonesia. Ketiga jenis kultivar berikut ini memiliki ciri khas adan keistimewaan yang tidak didapatkan pada jenis salak lainnya.

1. Salak Madu

Salak Terbaik di Indonesia

Gambar salak madu


Kultivar salak madu merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia. Salak madu berasal dari daerah Sleman – Yogyakarta. Berdasarkan Kepmentan NOMOR: 122/Kpts/LB.240/2/2004, identitas pohon induk tunggal dimiliki oleh Bapak Hardi Wiyono, Dusun Sempu, Desa Wonokerto, Kecamatan Turi, Sleman – Yogyakarta.

Beberapa keistimewaan salak madu antara lain :

– Daging buahnya empuk dan tebal, rasanya manis seperti madu.
– Tekstur daging buahnya renyah dan lembut.
– Berbuah sepanjang tahun, tidak mengenal musim.
– Produktifitasnya tinggi, produksi mencapai 4-6 kg/pohon/tahun

Baca juga  Khasiat dan Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan

Ciri-ciri khusus yang dimiliki salak Madu yaitu :

– Bentuk buah segitiga, lonjong
– Daun Tebal dan berpasangan
– Duri hitam, kerap dan panjang
– Pelepah daun pendek
– Pada punggung pelepah terdapat duri
– Rasa buah manis spesifik seperti madu
– Kandungan air banyak
– Daging buah lebih empuk dan tebal serta terdapat bintik kecoklatan seperti madu bila dibelah
– Kulit buah tipis
– Warna biji coklat ada garis kuning
– Kulit buah bersisik, tersusun seperti genteng berwarna coklat mengkilap

2. Salak Pondoh

Varietas Salak Unggul

Gambar salak pondoh


Kultivar salak pondoh termasuk jenis salak terbaik di Indonesia, kualitasnya sudah tidak diragukan lagi. Salak pondoh mulai dikembangkan sejak tahun 1980-an di lereng Gunung Merapi sisi tenggara. Di wilayah DIY, sentra penghasil salak pondoh ini adalah kawasan lereng Gunung Merapi yang termasuk wilayah Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman. Kultivar salak pondoh terdiri dari bermacam-macam varian, beberapa yang cukup terkenal yaitu pondoh super, pondoh hitam, pondoh gading, dan pondoh nglumut yang berukuran besar.

Beberapa keistimewaan salak pondoh antara lain ;

– Daging buahnya manis dan garing,
– Tekstur daging buahnya renyah,
– Daging buahnya tidak sepat meskipun masih muda,
– Produktifitasnya tinggi.

Jenis Salak Paling Populer

Gambar salak gula pasir

Ciri-ciri khusus salak pondoh yaitu :

– Daun tidak berpasangan
– Duri lemas dan agak jarang
– Pelapah daun panjang
– Kandungan air tidak sebanyak salak Madu
– Rasa tidak semanis salak Madu

3. Salak Gula Pasir

Kultivar salak terbaik yang ketiga berasal dari Pulau Bali, yaitu salak gula pasir. Keistimewaan salak gula pasir adalah rasanya yang manis, memiliki daging buah yang tebal dan bijinya kecil. Tekstur daging buahnya kering dan renyah. Setiap buah berisi satu biji dengan 1 – 2 anakan berupa daging buah. Setiap biji dibungkus daging buah berwarna putih kusam dan rasanya renyah. Kulit buah. Keistimewaan salak gula pasir yaitu buahnya sudah terasa manis sejak masih muda.salak gula pasir agak sulit dikupas.

Baca juga  Khasiat dan Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan

Demikian tentang “Varietas Salak Terbaik” yang terdapat di Indonesia. Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

loading...