Daun Kelor, Daun Ajaib Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Daun Kelor

Kelor (Moringa oleifera) adalah tanaman yang sudah tidak asing lagi masyarakat Indonesia. Pohon kelor merupakan tanaman yang bisa tumbuh subur di beberapa wilayah Indonesia. Belakangan ini popularitas daun kelor semakin melejit. Hal ini berkaitan erat dengan manfaat kesehatan dari daun kelor. Beberapa tahun terakhir semakin banyak peneliti yang menemukan beragam manfaat dari daun kelor. Namun demikian ternyata masih banyak juga yang belum mengetahui manfaatnya.

beragam manfaat daun kelor

Daun Kelor : Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan

Menurut Tati Winarto, herbalis dari Yayasan Pengembangan Tanaman Obat Karyasari, daun kelor adalah salah satu tanaman obat yang memiliki banyak kandungan gizi. Diantaranya adalah Vitamin A dan kalsium.

Vitamin A yang terkandung dalam daun kelor berfungsi untuk menjaga kesehatan mata mulai dari mengurangi risiko mata minus, plus, silinder dan katarak. Daun kelor pun baik bila dikonsumsi oleh penderita diabetes untuk menjernihkan pandangan matanya.

Daun kelor juga bermanfaat untuk memperbaiki gizi anak-anak yang menderita gizi buruk. Tanaman kelor merupakan solusi paling tepat untuk memperbaiki gizi anak-anak Indonesia yang kekurangan gizi. Tanaman kelor mudah diperoleh karena banyak tumbuh diseluruh wilayah di Indonesia.

Tingginya kandungan gizi dalam daun kelor bisa menambah produksi air susu ibu, sehingga baik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Oleh sebab itu ada baiknya jika ibu menyusui sering mengkonsumsi daun kelor. Misalnya dibuat sayur bening atau dimasak sesuai selera.

Berbagai penelitian menyebutkan manfaat dari daun kelor dalam membantu menyehatkan tubuh antara lain :

1. Melindungi tubuh dari bakteri

Ekstrak daun kelor mengandung senyawa yang menunjukkan sifat antibakteri. Dalam penelitian yang diterbitkan dalam Bayero Journal of Pure and Applied Sciences, ekstrak daun kelor menghambat pertumbuhan mikroorganisme yang tidak baik untuk tubuh seperti Staphylococcus aureus, Pseudomonas aeruginosa, Enterobacter aerogenes dan Escherichia coli.

Baca juga  Anda Ingin Buah Yang Sehat? Kenali Kode Angka Pada Buah Tersebut

2. Menurunkan tekanan darah dan kolesterol

Salah satu manfaat tak terduga daun kelor yakni membantu menjaga tekanan darah dan kadar kolesterol. Hal ini terbukti dalam sebuah artikel dalm jurnal Phytotherapy Research. Hal ini disebabkan daun kelor mengandung zat hiocarbamate glikosida, nitrile dan glikosida minyak mustard, yang membantu menurunkan tekanan darah.
Kandungan phytoconstituent bioaktif dalam daun kelor bantu jaga kadar kolesterol tetap sehat.

3. Melindungi ginjal

Makanan sehat bantu ginjal bekerja lebih baik, sebaliknya makanan tidak sehat seperti kaya lemak menyebabkan masalah kesehatan. Dengan mengkonsumsi daun kelor dapat membantu mengembalikkan kesehatan ginjal yang sudah tidak baik. Hal ini dibuktikan dalam studi yang dipublikasikan dalam Indian Journal of Experimental Biology edisi Juni 2012.

Beberapa manfaat lain dari daun kelor silahkan baca : Beragam Manfaat Daun Kelor Yang Perlu Anda Ketahui

Salam mitalom !!!

loading...
Loading...