Cara Menanam Sayur di Pipa Paralon dan Talang Air

A.    Tips Menanam Sayuran di Paralon dan Talang Air

Teknik Menanam Sayur di Pipa Paralon PVC

Tanaman sayur menggunakan pipa paralon

Tips Berkebun – Memanfaatkan ruang terbuka di wilayah perkotaan dengan menanam sayuran adalah salah satu upaya penerapan konsep urban farming atau pertanian perkotaan. Sekecil dan sesempit apapun lahan yang tersedia di sekitar rumah warga kota bisa dimanfaatkan untuk berkebun. Definisi urban farming (pertanian urban) secara umum adalah bertani atau berkebun dengan memanfaatkan lahan sempit atau intensifikasi lahan, guna memenuhi kebutuhan sayuran dan buah segar bagi masyarakat perkotaan. Selain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, ternyata kegiatan berkebun juga dapat dimanfaatkan sebagai media relaksasi dan rekreasi. Banyak yang telah merasakan bahwa dengan berkebun dapat mengurangi tingkat stress dan meningkatnya kesehatan mental karena memiliki kesempatan berinteraksi dengan alam melalui kebun.

Jenis tanaman yang paling banyak dibudidayakan di wilayah perkotaan adalah tanaman sayuran, baik sayuran daun maupun sayuran buah. Kenapa sayuran? Beberapa alasan kenapa jenis tanaman sayuran yang paling banyak gemari antara lain ; setiap hari semua orang membutuhkan sayur, tidak membutuhkan lahan yang luas, usia panen singkat, dan mudah ditanam bahkan oleh orang yang belum pernah menanam sekalipun. Tanaman jenis sayuran merupakan tanaman yang mudah dibudidayakan, perawatannta tidak sulit dan tidak memerlukan keahlian khusus. Metode yang digunakan untuk menanam sayuran dilahan terbatas bermacam-macam, bisa secara konvensional (menggunakan media tanah) maupun hidroponik (tidak menggunakan media tanah). Bercocok tanam sayuran dilahan sempit bisa dilakukan dengan berbaga cara, bisa menggunakan polybag, botol bekas maupun pipa paralon.

B.    Cara Menanam Sayuran di Pipa Paralon dan Talang Air

Pipa PVC atau pipa paralon dan talang air sejatinya adalah material yang dikhususkan untuk bahan bangunan, bukan untuk bertani. Namun seiring dengan semakin menggeliatnya kegiatan urban farming, masyarakat memanfaatkan pipa paralaon dan talang air untuk berkebun. Keduanya dipilih karena mudah didapatkan, tahan lama serta dapat diperoleh dengan harga yang terjangkau. Berkebun sayur menggunakan pipa paralon juga akan menghasilkan kebun yang rapi, bersih dan indah. Berikut ini beberapa cara menanam sayuran dengan pipa paralon dan talang air ;

Baca juga  Cara Menanam CABAI RAWIT Dalam Polybag atau Pot Agar Tahan Lama dan Berbuah Lebat

1.    Menanam Sayur Dengan Pipa Paralon dan Talang Air Secara Konvensional

Media tanam yang digunakan untuk berkebun secara konvensional adalah tanah. Agar tanaman tumbuh subur media tanam dicampur dengan bahan organik seperti kompos atau pupuk kandang. Beberapa kreasi berkebun sayur di pipa paralon dan talang air secara konvensional antara lain sebagai berikut ;

Cara Menanam Sayur Vertikultur Pipa Paralon

Sayuran vertikultur talang air dan pipa paralon (Foto : kwikku.com & denmas-kenthus.blogspot.com)

a).    Menanam sayur vertikultur talang air dan pipa paralon

 

Vertikultur atau vertikal garden adalah berkebun secara vertikal dengan meletakkan tanaman atau menyusun tanaman bertingkat. Untuk menanam sayuran seperti sawi, bayam, kangkung atau lainnya sediakan pipa paralon yang memiliki diameter minimal 3 inch. Potong pipa paralon dengan ukuran sesuai keinginan, bisa 1 meter, 1,5 meter atau lebih. Buatlah lubang-lubang tanam pada sisi-sisi paralon secara teratur. Jarak tanam antar lubang diseuaikan dengan jenis sayuran yanag akan dibudidayakan. Isi bagian dalam pipa paralon dengan media tanam yang gembur dan banyak mengandung unsur hara. Media tanam berupa campuran tanah, arang sekam dan pupuk kandang atau kompos. Jika sudah selesai, media siap ditanami benih sayuran.

Tips Cara Tanam Sayur di Pipa dan Talang Air

Menanam sayur di talang air secara konvensional (foto : blog.umy.ac.id)

b).    Menanam sayur menggunakan talang air

 

Talang air juga bisa digunakan untuk menanam sayuran, baik vertikal maupun horizontal. Untuk membuat vertikultur talang air diperlukan penopang yang berupa rak bertingkat atau ditempel pada tembok pagar dan dinding rumah. Sedangkan secara horizontal talang air cukup diletakkan pada tempat yang diinginkan. Talang air bisa dimanfaatkan untuk menanam berbagai jenis sayuran, seperti bayam, kangkung, sawi, kemangi dan lainnya. Secara konvensional media tanam yang digunakan juga sama dengan vertikultur pipa paralon, yaitu campuran tanah, arang sekam dan pupuk kandang / kompos.

Baca juga  6 Cara Berkebun Hemat

2.    Menanam Sayur Menggunakan Pipa Paralon dan Talang Air Secara Hidroponik

Berbeda dengan bercocok tanam secara konvensional, menanam dengan teknik hidroponik tidak menggunakan tanah sebagai media tanamnya. Media tanam untuk hidroponik antara lain adalah arang sekam/sekam bakar, cocopeat/sebuk sabut kelapa, akar pakis, rockwoll, hidroton dan lainnya. Wadah untuk menanam hidroponik bermacam-macam sesuai dengan teknik yang digunakan dan ketersediaan bahan. Berikut ini beberapa kreasi bertanam hidroponik menggunakan pipa paralon dan talang air.

Cara Berkebun Menggunakan Pipa Paralon

Sayuran hidroponik di talang air dan pipa paralon

a).    Menanam sayur hidroponik sistem NFT menggunakan talang air dan pipa paralon

 

Sistem NFT atau nutrient film technique merupakan salah satu sistem hidroponik yang memanfaatkan pipa paralon dan talang air. Pipa paralon dan talang air disini berguna sebagai tempat meletakkan media tanam dan asupan nutrisi. Pada sistem ini larutan nutrisi hidroponik dialirkan tipis didasar pipa dan talang secara terus menerus. Untuk mengalirkan larutan nutrisi diperlukan pompa dan listrik yang cukup stabil. Jika ditempat anda sering mati listrik dengan durasi waktu yang lama jangan coba-coba menggunakan sistem ini. Pipa paralon atau talang air disusun secara horizontal diatas rak.

Cara Menanam Hidroponik Wick System Pipa dan Talang Air

Sayuran hidroponik wick sistem di talang air dan pipa paralon (Foto : caraijo.com & denmas-kenthus.blogspot.com)

b).    Menanam sayur hidroponik sistem wick menggunakan talang air dan pipa paralon

 

Wick system atau hidroponik sumbu merupakan sistem hidroponik yang paling sederhana. Pada sistem ini tidak membutuhkan aliran listrik dan pompa sebab larutan nutrisi statis tidak mengalir. Nutrisi dialirkan ke media tanam melalui sumbu yang dipasang didasar netpot. Pipa paralon dan talang air berfungsi sebagai tandon nutrisi, nutrisi harus dicek setiap hari dan tambahkan lagi jika berkurang.

Cara Menanam Vertikultur Hidroponik Pipa Paralon

Sayuran vertikultur hidroponik menggunakan pipa paralon

c).    Menanam sayur vertikultur hidroponik menggunakan talang air dan pipa paralon

 

Baca juga  Inspirasi Berkebun, Menanam Cabai Vertikultur Hidroponik

Menanam dengan metode hidroponik juga bisa didesain vertikal, teknik ini cukup efektif untuk mengoptimalisasikan lahan yang sempit. Sistem yang digunakan umumnya adalah sistem NFT. Pipa paralon atau talang air disusun secara vertikal seperti pada gambar.

Demikian “Cara Menanam Sayuran di Pipa dan Talang Air” Semoga bermanfaat….

 

Salam mitalom !!!   

loading...