Cara Jitu Pengendalian RUMPUT BELULANG (Eleusine indica) Rumput Lulangan Dijamin Mati Total

Jenis-jenis Herbisida yang Ampuh Untuk Membasmi Rumput Belulang (Lulangan)

Cara Ampuh Mengendalikan Rumput Eleusine indica

Gambar 1 : Rumput Belulang/Lulangan (Eleusine indica)

Info PraktisRumput Belulang/Lulangan (Eleusine indica) adalah gulma yang menurut saya paling bandel, tidak mempan disemprot menggunakan herbisida apapun, sekalipun dengan dosis tinggi. Berbagai jenis herbisida sudah pernah saya coba untuk mengendalikan rumput lulangan ini, baik herbisida kontak maupun sistemik. Namun tidak satupun herbisida mampu membunuh rumput setan ini (saking bandelnya didaerah saya disebut rumput setan). Gulma rumput belulang/lulangan disebut juga dengan nama rumput Jukut- Jambang, Jukut-carulang, Suket-lulangan, Suket-welulang. Masyarakat melayu Riau menyebut rumput ini dengan nama Rumput Cepiring. Gulma ini termasuk dalam golongan rumput yang mempunyai perakaran serabut yang kuat, sering kali tajuk merapat ketanah seperti piring. Tinggi dapat mencapai 80 cm, dan berbentuk pita, duduk berseling. Kelopak daun halus, lebar, rata atau melipat dengan lebar 3-8 mm. Bunga berbentuk seperti payung, warna hijau muda atau keputihan terdiri atas 2-12 spikes yang tegak hingga agak mendatar.

Tips Pengendalian Rumput Belulang/Lulangan

Gambar 2 : Rumput belulang/lulangan muda sebelum disemprot

Gulma rumput Belulang/Lulangan dapat berkembang biak secara cepat dengan biji. Diperkirakan setiap musim setiap tanaman dapat menghasilkan 50.000 – 135.000 biji. Di Indonesia, telah tersebar luas sehingga merupakan gulma yang cukup merugikan. Jenis gulma ini dapat di dataran rendah sampai ketinggian 1.600 m di atas permukaan laut, di tempat terbuka dan dapat tumbuh dengan baik meskipun ditempat kering, tumbuh subur pada lahan yang beririgasi, tetapi dapat juga tumbuh pada tanah yang padat dan berbatu sepanjang jalan. Beberapa rumpun rumput

Lulangan jika tidak segera dikendalikan, dalam satu musim tanam cabai bisa memenuhi seluruh lahan. Penyebaran biji dibantu oleh manusia, dipagi hari atau setelah hujan biji rumput lulangan akan menempel pada kaki, sepatu atau celana petani dan akan menyebar luas kemana kita berjalan.

3 Ramuan Ampuh Untuk Membasmi Rumput Lulangan / Rumput Belulang

Cara Mudah Membasmi Rumput Belulang

Gambar 3 : Rumput lulangan muda 7 hari setelah disemprot

Suatu ketika, saya mencoba menggunakan herbisida kontak dengan dosis 200 cc/tangki 16 liter. Dan saya tambah dengan 2 sendok makan deterjen, dengan asumsi deterjen sebagai perekat. Harapannya rumput Lulangan bisa mati, mungkin saja jika ada perekatnya larutan herbisida akan menempel dan meresap dengan baik. Benar saja, rumput lulangan mati. Tapi hanya rumput Belulang/Lulangan muda, itupun hanya sebagian kecil. Yang lainnya tetap segar bugar, hanya sedikit gosong di tepi-tepi daun mudanya. Bahkan tidak ada efek apa-apa terhadap rumput lulangan yang tua.

14 Jenis Herbisida yang Ampuh Membasmi Rumput Lulangan

Gambar 4 : Rumput lulangan tua sebelum disemprot

Kemudian saya mencoba lagi menggunakan 3 ramuan, yaitu 2 jenis herbisida dan deterjen bubuk. Herbisida yang saya gunakan adalah herbisida kontak berbahan aktif Paraquat Dikloroda yang saya campur dengan herbisida sistemik selektif berbahan aktif Diuron 80%. Hasilnya sangat memuaskan, rumput belulang/lulangan mati. Baik rumput lulangan muda maupun tua semuanya mati (Lihat Gambar). Dosis penggunaannya dan waktu penyemprotan yang saya lakukan adalah sebagai berikut :

Cara Ampuh Membasmi Rumput Belulang Lulangan

Gambar 5 : Rumput lulangan/belulang setelah 7 hari disemprot

1.    Per tangki sprayer 15-16 liter : 150 ml Paraquat dikloroda + 2 sendok makan Diuron + 2 sendok makan Deterjen bubuk
2.    Waktu penyemprotan : Pagi atau sore hari. Penyemprotan disiang hari atau disaat matahari terik kurang bagus menurut saya.

14 Jenis Herbisida Untuk Membasmi Rumput Belulang / Rumput Lulangan

Herbisida untuk Membasmi Rumput Belulang/Lulangan
No Bahan Aktif Paraquat Bahan Aktif Diuron
1 Bravoxone Daimex 80 WP
2 Gramoxone Viaron 80 WP
3 Gemaxone Karmex 80 WT
4 Kresnaxone Torero 80 WP
5 Tamaxone Biuron 80 WP
6 Zenus DKHexaron 60 WG
7 Turmadon Ronindo 80 WP
8 dan lain-lain dan lain-lain

Herbisida sistemik selektif berbahan aktif diuron ada yang berbentuk cair dan tepung, namun saya belum pernah mencoba yang berbentuk cair. Kalau anda ingin bereksperimen, silahkan saja. Nah, dari 14 jenis herbisida diatas yang pernah saya gunakan adalah ;

1.    150 cc Garmoxone + 2 sdm Daimex + 2 sdm Deterjen bubuk / tangki 16 liter
2.    150 cc Turmadon + 2 sdm Daimex + 2 sdm Deterjen bubuk / tangki 16 liter
3.    150 cc Turmadon + 2 sdm Biuron + 2 sdm Deterjen bubuk / tangki 16 liter

Dari ketiga ramuan yang pernah saya gunakan diatas hasilnya sama-sama bagus, kalaupun ada 1 atau 2 rumput yang tidak mati itu wajar. Mungkin karena penyemprotannya saja yang tidak rata. Tiga hari setelah aplikasi sudah mulai kelihatan reaksinya, rumput lulangan mulai menguning. Tujuh hari setelah aplikasi rumput lulangan sudah mati (Lihat gambar 3 dan gambar 5, rumput lulangan mati 7 hari setelah penyemprotan). Jika masih ada yang belum mati penyemprotan bisa diulangi sekali lagi. Untuk menghemat penggunaan herbisida sebaiknya rumput belulang/lulangan segera dibasmi sebelum berbunga.

Demikian tentang “Cara Ampuh Membasmi Rumput BELULANG / LULANGAN dan Hebisida Untuk Lulangan“. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat….

Lihat Video Cara Pengendalian Rumput BELULANG/LULANGAN  berikut ini :

 

Salam mitalom !!!

Loading...