Cara Budidaya Pepaya California

Panduan Teknis Budidaya Pepaya California

Budidaya Hortikultura – Popularitas pepaya california dari waktu ke waktu semakin meningkat. Banyak petani dan pekebun membudidayakan varietas pepaya california dalam skala besar. Hal tersebut berkaitan erat dengan permintaan buah pepaya california di pasaran yang terus meningkat. Konsumen nampaknya lebih menyukai buah pepaya yang berasal dari Amerika ini. Daging buahnya yang tebal, rasanya yang manis serta memiliki daya simpan yang lebih lama merupakan beberapa alasan yang membuat buah pepaya california banyak diminati masyarakat. Di kalangan petani dan pekebun, budidaya pepaya california memiliki prospek bisnis yang menjanjikan. Karena memang varietas ini sangat menjanjikan keuntungan. Petani dan pekebun memilih varietas ini karena beberapa alasan, diantaranya adalah produktivitas pepaya california yang tinggi dan cepat berbuah (genjah). Alasan lainnya adalah sifatnya yang toleran terhadap iklim dan cuaca. Varietas pepaya california juga bisa ditanam dan bisa tumbuh optimal dimana saja, termasuk di lahan gambut.

Budidaya Pepaya California

Pepaya California

Syarat Tumbuh Pepaya California

Varietas pepaya california tidak memiliki syarat tumbuh secara khusus, karena varietas ini bisa tumbuh optimal di dataran rendah, menengah hingga dataran tinggi. Budidaya pepaya california bisa dilakukan kapanpun, baik dimusim hujan maupun di musim kemarau. Tanah yang baik untuk menanam pepaya california adalah tanah yang bertekstur gembur, sedikit berpasir dan kaya humus. Varietas ini baik ditanam pada lahan dengan drainase yang baik, tidak berair dan tidak becek. pH ideal untuk pepaya california antara 6.0 – 7.0 (netral) dan menghendaki sinar matahari penuh.

Teknik Budidaya Pepaya California

1. Persiapan Benih & Cara Penyemaian Bibit Pepaya California

Agar hasil yang diperoleh memuaskan, sebaiknya gunakan benih yang berkualitas dan sudah teruji. Pepaya california diperbanyak dengan biji (generatif). Benih bisa didapatkan di toko-toko pertanian, saat ini sudah banyak beredar berbagai merk benih pepaya california. Benih disemai terlebih dahulu menggunakan polybag yang berdiameter minimal 10 cm. Media semai yang digunakan berupa campuran tanah, arang sekam, kompos/pupuk kandang dengan perbandingan 3 : 2 : 1. Aduk semua bahan hingga tercampur rata, kemudian letakkan ditempat terbuka yang terlindung dari hujan dan sinar matahari langsung. Setelah 7 atau 10 hari masukkan media semai kedalam polybag dan benih pepaya california siap untuk disemaikan. Bibit sudah bisa ditanam setelah berusia 1 atau 1,5 bulan.

Baca juga  Tentang Pepaya California

2. Persiapan Lahan Budidaya Pepaya California

Lahan dibersihkan terlebih dahulu dari gulma, akar-akar kayu dan sisa-sisa tanaman sebelumnya. Kemudian lahan dibajak atau dicangkul. Taburkan kapur dolomit jika pH tanah dibawah 6,0. Atur drainase dengan membuat bedengan-bedengan atau parit. Bedengan dibuat dengan lebar 1.5 – 2 meter, tinggi dan panjang disesuaikan dengan kondisi lahan. Jarak antar bedengan antara 80 cm – 100 cm. Parit dan bedengan dibuat dengan tujuan untuk memudahkan penyiraman saat musim kemarau dan agar lahan tidak tergenang air saat musim hujan.

3. Cara Penanaman Bibit Pepaya California

Sebelum bibit ditanam, buatlah lubang tanam terlebih dahulu di atas bedengan. Lubang tanam dibuat dengan ukuran 30 cm x 30 cm x 30 cm (disesuaikan dengan ukuran polybag). Jarak antar lubang tanam dalam bedengan antara 2,5 meter – 3 meter, kemudian taburkan kapur dolomit pada lubang tanam tersebut jika pH dibawah 6,0. Biarkan selama kurang lebih 2 minggu sebelum bibit ditanam. Kemudian siapkan campuran tanah dan pupuk kandang dengan komposisi 1:1, letakkan pada tempat yang terlindung dari hujan selama 2 – 3 minggu. Tanah ini berguna untuk menimbun bibit yang ditanam dan berfungsi sebagai pupuk dasar.

Setelah pembuatan lubang dan semua persiapan diatas selesai, kini saatnya untuk menanam bibit pepaya california ke lahan. Gunakan bibit yang sehat dan bebas dari penyakit. Polybag di buka dengan hati-hati agar media semai tidak pecah, kemudian bibit ditanam kedalam lubang tanam. satu bibit satu lubang. Urug lubang tanam dengan campuran tanah dan pupuk kandang yang sudah disiapkan. Tekan-tekan sedikit agar padat supaya bibit tidah mudah roboh dan tidak layu. Penanaman sebaiknya dilakukan pada sore hari. Setelah selesai menanam siram dengan air secukupnya (jika tanah dalam keadaan kering). Setelah selesai proses penanaman, cek tanaman secara rutin. Segera lakukan penyulaman jika terdapat tanaman yang mati atau diganggu hama. Penyulaman bisa dilakukan hingga usia 3 minggu atau 1 bulan setelah tanam.

Baca juga  Cara Menanam Pohon Pucuk Merah Agar Tumbuh Subur

4. Cara Pemupukan Susulan Pepaya California dan Jenis Pupuk yang di Gunakan

Agar tanaman pepaya california tumbuh dengan baik, maka harus dilakukan pemberian pupuk susulan. Pemberian pupuk susulan minimal dilakukan setiap 3 bulan sekali. Pupuk susulan yang diberikan berupa pupuk kandang sebanyak 10 – 15 kg per pohon. Bisa juga ditambahkan pupuk NPK dengan dosis 100 hingga 150 kg untuk satu musim tanam. Pupuk kandang yang digunakan sebaiknya adalah pupuk kandang yang sudah matang atau sudah lama. Pupuk ditaburkan secara merata disekeliling tanaman dengan jarak 50 cm dari pangkal batang. Pemupukan susulan dilakukan setelah proses penyiangan selesai. Dosis dan jenis pupuk yang digunakan disesuaikan dengan kebutuhan tanaman dan kondisi kesuburan tanah.

5. Pemeliharaan Tanaman Pepaya California

Pemeliharaan tanaman pepaya california meliputi ; penyiangan, penyiraman dan pembumbunan. Penyiangan sebaiknya dilakukan secara manual dengan cara mencabuti rumput atau membabat. Penggunaan herbisida sebaiknya dihindari, karena dapat mengganggu dan merusak akar tanaman pepaya california. Pemeliharaan selanjutnya adalah penyiraman, penyiraman dilakukan saat musim kemarau atau jika tanah dalam kondisi kering. Penyiraman bisa dilakukan dengan sistem leb (penggenangan) atau menggunakan sprinkler.

Selanjutnya dilakukan pembumbunan, yaitu mengurug sekeliling tanaman dengan tanah. Pembumbunan dilakukan dengan tujuan menutup akar yang ada dipermukaan tanah sekaligus untuk merangsang pertumbuhan akar baru. Pembumbunan juga bermanfaat memperkuat batang tanaman pepaya california agar tidak mudah roboh. Pembumbunan dilakukan setelah penyiangan dan dilakukan bersamaan dengan pemupukan susulan.

6. Panen Pepaya California

Ketika usia tanaman pepaya california 8 atau 9 bulan, biasanya buah sudah mulai ada yang matang. Pada saat itu panen pertama sudah bisa dilakukan. Buah siap panen sebaiknya adalah buah yang tingkat kematangannya tidak lebih dari 25%, hal ini dimaksudkan untuk menghindari kerusakan saat pengangkutan. Sejak panen pertama, buah pepaya california bisa dipanen empat kali dalam satu bulan atau setiap satu minggu sekali. Jika kondisi tanaman dalam keadaan baik dan sehat, pepaya california mampu berproduksi hingga 4 sampai 5 tahun. Demikian cara budidaya pepaya california, semoga bermanfaat…

Baca juga  Menanam Jahe Dalam Polybag atau Karung Goni

Salam mitalom !!

loading...
Loading...