Cara Alami Mengusir Tikus Dan Serangga Rumah Tangga

Mengusir Hama Rumah Dengan Daun dan Buah

Tips & Trik – Ternyata hama bukan hanya mengganggu tanaman saja, beberapa jenis hama juga mengganggu rumah dan manusia. Misalnya serangga seperti nyamuk, kecoak, kutu kasur, lalat dan tikus. Binatang-binatang tersebut masuk dalam kategori hama pengganggu rumah dan manusia. Mungkin tidak ada rumah yang tidak ada tikusnya, hampir semua penghuni rumah pernah merasa sangat terganggu dengan binatang yang satu ini. Tikus biasanya mengobrak-abrik seisi rumah, mencuri makanan, kencing dan buang kotoran dimana-mana, juga merusak pakaian dan barang-barang rumah tangga lainnya. Itu baru hama tikus, terus empat jenis hama lainnya? Anda tentu sudah tahu apa akibat dari gangguan lalat, nyamuk,kecoak dan kutu kasur.

Cara Mengusir Hama Rumah Tangga

Gambar hama penganggu rumah

Yang anda pikirkan mungkin racun serangga dan racun tikus, dengan pertimbangan mudah didapatkan, praktis dan efektif. Anda mungkin lupa dengan dampak yang ditimbulkan akibat penggunaan racun kimia. Atau anda sengaja mengabaikannya? Nah, agar lebih aman anda bisa mencoba mengusir hama-hama rumah tangga tersebut dengan bahan alami yang ada didapur. Bumbu masakan seperti bawang merah, bawang putih, merica, kemangi, peppermint dan bunga lavender bisa anda gunakan untuk mengusir 5 jenis hama rumah tangga tersebut. Bagaimana cara menggunakannya?

1. Tikus

Untuk mengusir tikus dari rumah anda, anda bisa mencobanya dengan peppermint dan bawang merah. Caranya cukup mudah, ambil kapas secukupnya kemudian celupkan kedalam minyak peppermint. Letakkan kapas tersebut pada tempat yang sering dilalui tikus atau pada sarang tikus. Jika tidak ada minyak peppermint, anda bisa menggunakan bawang merah yang diblender dan dicampur dengan sedikit air. Tikus akan pergi dari rumah anda dan mungkin kapok untuk kembali lagi. Karena hama tikus tidak akan tahan dengan aroma peppermint dan bawang merah.

2. Nyamuk

Nyamuk merupakan musuh manusia yang sangat berbahaya, karena nyamuk adalah vektor penyebab penyakit malaria atau demam berdarah. Jika anda tidak ingin mengusir nyamuk dengan lotion anti nyamuk atau anti nyamuk bakar, gunakan bunga lavender, merica dan bubuk kopi. Letakkan bunga lavender disetiap ruangan dirumah anda, niscaya nyamuk tidak akan mendekat karena nyamuk sangat tidak menyukai aroma bunga lavender. Jika tidak ada bunga lavender, anda bisa mencoba mengusir nyamuk dengan bubuk kopi dan merica.

3. Kutu Kasur

Jika anda diganggu oleh serangga ini, gunakan bawang merah untuk membunuhnya. Kutu kasur sama seperti kutu rambut, yakni sama-sama tidak tahan dengan aroma bawang merah yang menyengat. Saking tidak tahannya, bawang merah diketahui mampu membunuh kutu kasur atau kutu rambut. Caranya, blender hingga halus bawang merah dan air secukupnya. Kemudian semprotkan pada bantal dan kasur yang ada kutunya.

4. Lalat

Selain nyamuk, penular penyakit lainnya adalah lalat. Untuk mencegah lalat, anda bisa menggunakan daun kemangi atau minyak kayu putih. Caranya cukup mudah, tanamlah kemangi atau pohon minyak kayu putih disekitar rumah anda. Atau letakkan daun kemangi di atas meja makan. Daun-daunan aromatik tersebut memiliki aroma yang tidak disukai lalat.

5. Kecoa

Untuk mengusir kecoa, anda bisa menggunakan bumbu dapur yakni bawang merah, bawang putih dan merica. Blender semua bahan hingga halus, kemudian larutkan dengan air seperlunya. Semprotkan larutan tersebut pada sarang kecoa atau pada tempat-tempat yang disukai kecoa. Kecoa akan pergi jauh-jauh karena tidak tahan dengan aroma menyengat dari ketiga bumbu dapur tersebut.

Bagaiman ? Anda masih setia dengan racun kimia ?
Sebelum anda menggunakan racun kimia, cobalah cara-cara alami diatas. Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

Loading...