Cara Alami Membasmi Ulat Pohon

Cara Mudah Mengendalikan Ulat Pohon

Hama & Penyakit – Serangan ulat pohon sering kali membuat kita kewalahan mengatasinya. Apalagi jenis ulat pohon berbulu yang sangat mengganggu dan bisa membuat kulit gatal-gatal. Dibeberapa tempat pernah terjadi serangan ulat pohon yang cukup serius bahkan sampai kerumah warga. Bagi anda yang memiliki hobi berkebun tentu saja serangan ulat menjadi masalah yang sangat mengganggu. Bisa dibayangkan apa jadinya jika pohon jambu anda atau pohon buah-buahan lainnya disaat sedang berbuah secara tiba-tiba diserang ulat. Serangan ulat mengakibatkan hasil panen dan kualitas buah menurun dan tidak sesuai harapan. Atau bahkan bisa tidak panen sama sekali jika serangan ulat sangat parah.

Cara mudah membasmi ulat pohon

Cara Alami Mengendalikan Ulat Pohon


Pengendalian ulat pohon secara kimiawi sebenarnya sangat mudah. Kita hanya perlu membeli pestisida dan menyemprotkan pada tanaman, karena banyak sekali pestisida yang dijual di kios pertanian. Akan tetapi penggunaan pestisida kimia memiliki efek yang tidak baik, yakni terkontaminasinya buah-buahan oleh zat kimia beracun. Buah-buahan yang terkontaminasi zat kimia beracun jika dikonsumsi akan menimbulkan efek buruk bagi tubuh kita.

Lalu bagaimana cara mengatasi ulat pohon tanpa zat kimia?
Ada cara yang lebih aman dan sehat, yaitu dengan memanfaatkan bahan alami yang ada disekitar kita. Bahan alami tersebut adalah kapur dan gemuk (pelumas padat). Cara menggunakan kapur dan gemuk untuk membasmi ulat pohon adalah sebagai berikut ;

1. Campurkan kapur dan gemuk hingga menjadi seperti adonan kue dengan perbandingan 1 : 1
2. Kemudian adonan dibungkus dengan daun pisang
3. Ikatkan bungkusan adonan pada pohon yang terserang ulat

Sehari kemudian anda lihat hasilnya, ulat-ulat mati berjatuhan. Silahkan anda mencobanya, mudah-mudahan bermanfaat.

Baca juga  77 Jenis Insektisida Pengendali Hama Ulat

Salam mitalom !!!

loading...
Loading...