7 Cara Aman Mengusir Lalat di Rumah

Bagaimana Cara Mengatasi Lalat di Musim Hujan?

Tips & Trick – Apa itu lalat? Lalat adalah salah satu jenis serangga bersayap dua (Diptera) yang sering ditemukan di sekitar rumah dan lingkungan yang kumuh. Lalat merupakan serangga yang sangat mengganggu dan penular berbagai jenis penyakit. Kebiasaan lalat yang hinggap di tempat-tempat yang kotor, sisa makanan yang membusuk, bangkai binatang, sampah, luka, kotoran hewan dan manusia menjadi sebuah ancaman yang buruk bagi kesehatan manusia. Lalat juga menyukai dan sering hinggap pada makanan dan minuman. Ketika lalat hinggap pada kotoran yang berpotensi mengandung bermacam-macam kuman dan bakteri akan membawanya ke makanan yang dihinggapinya. Lalat banyak terdapat disekitar rumah, terlebih pada musim hujan seperti saat ini populasinya semakin meningkat. Serangga yang satu ini memang sangat mengganggu, menjijikkan dan berbahaya karena lalat adalah serangga sumber bermacam-macam penyakit. Kondisi yang lembab dan basah pada musim hujan membuat serangga ini mudah berkembangbiak dengan sangat cepat.

Cara Mengatasi Lalat di Rumah

Gambar lalat


Banyak sekali cara untuk mengatasi lalat, baik dengan menggunakan insektisida kimia maupun secara alami. Penggunaan insektisida kimia memang dikenal efektif membunuh dan mengusir lalat, namun memiliki resiko efek samping yang berbahaya. Jika ingin aman, kita bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada disekitar kita untuk mengatasi lalat. Beberapa bahan yang aman digunakan untuk mengusir lalat misalnya, lilin, daun kemangi, lemon, cengkeh atau daun pandan. Bagaimana cara menggunakan bahan-bahan tersebut untuk mengusir lalat?

Berikut 7 tips mengusir lalat dengan cara alami yang aman dan efektif ;

1. Lilin

Pernahkah anda melihat lilin yang dinyalakan ditempat makanan di warung-warung makan atau restoran? Pasti pernah ya, itu bukan untuk keperluan “ngepet”, lilin tersebut dinyalakan untuk mengusir lalat. Lalat ternyata takut dengan api dan tidak menyukai aroma lilin yang terbakar. Coba nyalakan lilin dirumah anda, terutama pada tempat-tempat yang disukai lalat dan tempat menyimpan makanan. Memang lilin bukanlah bahan alami, tetapi mengusir lalat menggunakan lilin lebih aman daripada menggunakan insektisida kimia.

Baca juga  Tips Memasak Daun Pepaya Agar Tidak Pahit

2. Cabe

Buah cabe yang biasanya anda gunakan sebagai bumbu masak konon bisa digunakan untuk mengatasi lalat. Bagaimana caranya? anda cukup merendam cabai rawit merah dan meletakkannya pada tempat menyimpan makanan atau tempat-tempat yang sering dihinggapi lalat. Lalat tidak akan mendekati tempat-tempat tersebut, karena aroma rendaman buah cabai tidak disukai oleh lalat. Selamat mencoba…

3. Lem Lalat

Lem lalat banyak dijual dipasaran, biasanya berbentuk lembaran seperti kertas. Lem lalat tersebut memiliki aroma yang disukai lalat dan dapat mengundang lalat untuk menghinggapinya. Lalat yang hinggap pada lembaran lem lalat akan lengket, terjebak kemudian akan mati. Dengan demikian populasi lalat dirumah anda akan berkurang. Lem lalat juga bukan merupakan bahan alami, namun aman digunakan dan tidak memiliki efek samping yang berbahaya bagi manusia asal tidak ditelan atau dimakan.

4. Daun Pandan

Bahan alami atau tanaman berikutnya yang dapat digunakan untuk mengusir lalat adalah daun pandan. Untuk mencegah agar lalat enggan mendekati rumah anda, tanamlah beberapa rumpun pandan disekitar rumah anda, atau letakkan daun pandan di atas meja makan, tempat menyimpan makanan dan tempat-tempat yang sering dihinggapi lalat lainnya. Aroma pandan yang wangi ternyata tidak disukai oleh lalat, sehingga lalat akan menyingkir dan menjauh.

5. Cengkeh & Jeruk Lemon

Perpaduan antara cengkeh dan jeruk lemon diketahui efektif mengusir serangga lalat. Lalat sangat tidak menyukai aroma cengkeh dan aroma jeruk lemon. Untuk mencegah lalat mendekat dan hinggap, gunakan jeruk lemon yang dibelah menjadi dua bagian. Kemudian tancapkan beberapa buah cengkeh pada jeruk lemon tersebut. Letakkan pada tempat menyimpan makanan atau tempat lainnya yang sering dihinggapi lalat. Lalat akan menjauh dan tidak berani mendekati tempat – tempat tersebut.

6. Kemangi

Baca juga  Tips Memasak Daun Pepaya Agar Tidak Pahit

Satu lagi tanaman yang bermanfaat untuk mengusir lalat, yakni kemangi. Tanaman kemangi yang daunnya biasa dimakan sebagai lalapan ini ternyata mampu membuat lalat enggan mendekat. Aromanya yang wangi tidak disukai oleh lalat. Agar lalat tidak mendekati rumah anda, tanamlah beberapa pohon kemangi. Letakkan tanaman kemangi disekitar rumah, atau letakkan daun kemangi pada meja makan, tempat menyimpan makanan dan tempat lain yang disukai lalat.

7. Minyak Kayu Putih

Mengatasi dan mengusir lalat juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan minyak kayu putih. Aroma khas minyak kayu putih tidak disukai lalat. Letakkan minyak kayu putih dengan tutup botol yang terbuka pada tempat-tempat yang disukai lalat. Aroma dari minyak kayu putih tersebut akan membuat lalat enggan mendatangi rumah anda.

Demikian 7 cara mengusir serangga lalat yang aman, murah dan tidak memiliki efek samping. Selamat mencoba dan Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

loading...
Loading...