19 Tanaman Obat Tradisional ASAM LAMBUNG dan TUKAK LAMBUNG

Kumpulan Resep Obat Herbal Penyakit Lambung (Asam Lambung & Tukak Lambung)

Tanaman Obat – Penyakit asam lambung (Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)) adalah kondisi yang ditandai dengan timbulnya rasa nyeri pada ulu hati atau rasa panas seperti terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju kerongkongan (esofagus). Penyakit asam lambung merupakan gangguan kesehatan yang sering terjadi di masyarakat. Penyakit asam lambung (GERD) pada umumnya disebabkan oleh tidak berfungsinya lower esophageal sphinchter (LES), yaitu lingkaran otot pada bagian bawah dari kerongkongan. LES berfungsi sebagai pintu otomatis yang akan terbuka ketika makanan atau minuman turun ke lambung. Setelah makanan masuk, LES akan menutup untuk mencegah asam dan makanan yang ada di lambung agar tidak naik kembali ke esofagus. Jika LES menjadi longgar dan tidak menutup dengan baik, asam lambung bisa keluar dari perut dan menyebabkan penyakit asam lambung. Penyebab penyakit asam lambung biasanya terkait dengan faktor keturunan, stres, konsumsi obat-obat tertentu, kelebihan berat badan, hiatus hernia, keadaan hamil, gastroparesis, atau konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak.

Tukak lambung (ulkus peptikum, peptic ulcer) adalah luka yang muncul pada dinding lambung akibat terkikisnya lapisan dinding lambung. Luka ini juga berpotensi muncul pada dinding bagian pertama usus kecil (duodenum) serta kerongkongan (esofagus). Tukak lambung dapat menyebabkan rasa nyeri pada lambung atau bahkan perdarahan dalam kasus yang parah. Penyakit Tukak lambung dapat menyerang siapa saja, tidak pandang usia maupun jenis kelamin. Namun pria usia di atas 60 tahun memiliki risiko yang lebih tinggi terserang penyakit ini. Tukak lambung sendiri dapat diobati hingga tuntas jika penyebab utama dapat diketahui.

Secara tradisional, penyakit asam lambung dan tukak lambung dapat diobati dengan memanfaatkan tumbuhan herbal. Berikut ini jenis-jenis tanaman herbal yang dapat digunakan sebagai obat herbal asam lambung dan tukak lambung.

19 Jenis Tanaman Hebal Obat Asam Lambung

1. Jahe (Halia)

Tumbuhan rimpang yang sudah lama dikenal sebagai herba dengan

 

 

 

 

 

 

 

banyak khasiat ini sering digunakan sebagai bumbu masakan. Salah satu manfaat jahe yaitu membantu mengatasi kembung dan nyeri lambung.

2. Daun Sembung

Jenis daun tanaman yang memiliki khasiat untuk obat asam lambung adalah daun sembung. Cara mengkonsumsinya cukup mudah, rebus daun sembung secukupnya, ditambahkan kunyit, daun seruni putih dan daun pepaya. Air rebusan ramuan tersebut diminum 2-3 kali sehari.

3. Buah Mentimun

Buah mentimun, ketimun atau timun adalah sayuran buah yang sering dikonsumsi sebagai lalapan, dibuat acar atau bahan minuman. Buah yang memiliki rasa segar khas ini ternyata berkhasiat untuk membantu menyembuhkan penyakit asam lambung. Mengkonsumsi beberapa potong buah mentimun setiap hari diketahui dapat menurunkan kadar asam lambung yang tinggi. Keberhasilan pengobatan tentunya tergantung pada tingkat keparahan penyakit asam lambung yang dialami.

4. Pisang Raja

Selain mentimun, jenis buah lainnya yang memiliki khasiat untuk mengobati asam lambung adalah buah pisang raja. Pada umumnya buah pisang dikonsumsi setelah matang, namun tidak demikian untuk mengobati asam lambung. Buah pisang raja yang sudah tua tapi belum matang diiris tips kemudian dijemur hingga benar-benar kering. Kemudian ditumbuk (dihaluskan) hingga menjadi tepung. 2 sendok makan tepung pisang raja dan madu asli secukupnya dikonsumsi pagi dan malam hari dipercaya dapat menurunkan kadar asam lambung.

5. Kencur

Tanaman rimpang ini juga berkhasiat untuk mengobati asam lambung. Ambil rimpang kunyit secukupnya kemudian dihaluskan, seduh dengan 1/2 gelas air hangat dan sedikit garam. Minum ramuan tersebut 2-3 kali dalam satu hari.

6. Kunyit

Kunyit adalah tanaman yang sering digunakan sebagai bumbu masakan yang dikenal memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat kunyit adalah mengobati penyakit asam lambung. Ambil rimpang kunyit secukupnya, kemudian dicuci hingga bersih, parut/tumbuk hingga halus. Tambahkan air hangat secukupnya dan diminum 2 kali sehari, yaitu setiap pagi dan malam sebelum tidur.

7. Kacang Hijau

Kacang hijau baik dikonsumsi oleh penderita gangguan pencernaan seperti penderita penyakit asam lambung. Kacang hijau berkhasiat menebalkan lapisan dinding lambung dan menurunkan kadar asam lambung yang berlebih. Penderita asam lambung dapat mengkonsumsi kacang hijau dengan cara memasaknya sebagai bubur (tanpa santan) atau olahan masakan lainnya.

8. Cincau

Daun tanaman yang memiliki khasiat sebagai obat asam lambung lainnya adalah cincau. Cincau sering dimanfaatkan sebagai bahan minuman. Cara mengkonsumsi cincau sebagai obat asam lambung sama seperti mengkonsumsi cincau pada umumnya, yaitu dalam bentuk minuman atau olahan masakan lainnya.

9. Meniran

Meniran sering dianggap sebagai gulma karena banyak tumbuh di lahan pertanian diantara tanaman budidaya. Namun tumbuhan liar ini ternyata memiliki khasiat sebagai obat asam lambung. Ambil meniran secukupnya (seluruh bagian tanaman), cuci bersih kemudian direbus hingga mendidih. Tambahkan madu asli secukupnya. Air rebusan tersebut diminum 2-3 kali sehari.

10. Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tanaman herbal yang juga sering ditanam sebagai tanaman hias. Lidah buaya dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah meringankan penyakit asam lambung. Daging lidah buaya dihaluskan/diblender dan tambahkan sedikit air kemudian diminum minimal 1 kali dalam sehari.

11. Dried tangerine

Merupakan bahan alami sumber bioflavanoid yang berkhasiat sebagai anti infeksi berguna untuk mengatasi masalah gangguan pencernaan dan lambung.

12. Malt

Bahan alami ini bersifat anti mual (antimetik) dan mampu menstabilkan produksi asam lambung, menyehatkan lambung dan membantu proses pencernaan.

13. Hawthron

Mengandung zat anti mikroba yang dapat membantu menyehatkan lambung, mengatasi gangguan lambung dan sistem pencernaan.

14. Radix pseudostellariae

Dikenal luas sebagai akar ginseng dari cina yang berkhasiat membantu menjaga kesehatan lambung serta mengatasi masalah pada lambung.

15. Kamomila

Tumbuhan ini sering diolah menjadi teh kamomila yang lebih dikenal dengan teh kembang. Dipercaya berkhasiatmengatasi asam lambung yang berlebih.

Tanaman Herbal Obat Tukak Lambung

1. Akar Manis (Glycyrrhiza glabra L,)

Bahan ; akar manis 3 gram, kunyit 4 gram, air 130 ml. Cara mengkonsumsi yaitu dibuat infus water atau diseduh. Ramuan ini diminum 2 kali dalam sehari yaitu pagi dan sore. Hati-hati !! Takaran yang terlalu banyak dan pemakaian terlalu lama dapat menyebabkan hipoklamia.

2. Alpukat

Teh dan alpokat baik untuk menghilangkan rasa sakit kepala, nyeri lambung, bengkak pada saluran napas, rasa nyeri syaraf (Neuralgia) dan datang haid tidak teratur.

3. Mindi Kecil

Buah mindi kecil sebanyak 5-10 gram, direbus dengan air bersih hingga mendidih. Kemudian air rebusan tersebut diminum selagi hangat. Atau kulit batang/akar yang sudah kering sebanyak 15-30 gram direbus hingga mendidih kemudian diminum airnya. Ramuan ini berkhasiat mengurangi rasa sakit/nyeri pada lambung.

4. Sawi Tanah

Sawi tanah berkhasiat mengatasi sakit lambung/nyeri lambung dan melancarkan pencernaan. Cara mengkonsumsi ; 30 gram sawi tanah kering direbus hingga mendidih kemudian diminum airnya.

Demikian tentang “19 Tanaman Herbal yang Berkhasiat Mengobati Asam Lambung dan Tukak Lambung“. Semoga bermanfaat…

Sumber :
alodokter.com
herbalpedia.web.id
herbalisnusantara.com

Salam mitalom !!!

Loading...