15 Manfaat Daun Pegagan

Khasiat Daun Pegagan

Tanaman ObatPegagan (Centella asiatica) atau lebih dikenal dengan sebutan Daun Kaki Kuda atau Antanan. Pegagan merupakan tanaman liar yang banyak tumbuh kebun, pematang sawah dan tepi-tepi parit. Konon tanaman ini berasal dari daerah asia tropik dan menyebar keberbagai negara termasuk Indonesia. Sejak jaman dahulu masyarakat Jawa Barat memanfaatkan tanaman ini sebagai lalapan atau sayur. Masyarakat Asia seperti Cina dan India sudah sejak lama mengenal tanaman ini sebagai obat penyakit kulit, memperbaiki peredaran darah dan mengobati gangguan syaraf.

manfaat daun pegagan untuk kesehatan

Gambar Daun Pegagan


Pegagan memiliki sebutan yang berbeda-beda pada setiap daerah. Masyarakat Aceh menyebutnya daun Peugaga, Jelukap (Banjar), Tapak Kudo (Solok), Pigago (Minang), Daun Tungke (Bugis), Semanggen (Indramayu, Cirebon), Sandanan (Papua), Daun Kaki Kuda (Melayu), Gagan-gagan, Rendeng, Cowekan, Pane Gowang (Jawa), Piduh (Bali), Ampagaga (Batak), Bebele (Lombok). dan lain sebagainya.

Kandungan

Daun pegagan sudah sejak lama diketahui memiliki khasiat dan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Daun pegagan yang dikenal dengan sebutan Cantella Herba memiki kandungan asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, brahminoside, madasiatic acid, meso-inositol, centelloside, carotenoids, hydrocotylin, vellarine, tanin serta garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium dan besi. Diduga glikosida triterpenoida yang disebut asiaticoside merupakan antilepra dan penyembuh luka yang sangat luar biasa.

Khasiat dan Manfaat Daun Pegagan

Daun pegagan memiliki rasa agak manis, enak dibuat lalapan maupun diolah sebagai sayur. Daun pegagan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan antara lain ;

1. Mengobati Sariawan
2. Melancarkan peredaran darah dan membersihkan darah kotor
3. Menyembuhkan luka
4. Mengobati penyakit kulit
5. Peluruh air seni (diuretika) / memperlancar air seni
6. Sebagai penurun panas (antipiretika)
7. Menghentikan pendarahan (haemostatika)
8. Meningkatkan syaraf memori / meningkatkan daya ingat
9. Anti bakteri, tonik, antispasma, antiinflamasi, hipotensif, antialergi dan stimulan
10. Sebagai antioksidan yang sangat baik
11. Meningkatkan sirkulasi darah pada lengan dan kaki
12. Mencegah varises dan salah urat
13. Meningkatkan stamina tubuh
14 Menurunkan gejala stres dan depresi
15. Menurunkan tekanan darah tinggi

Baca juga  27 Khasiat dan Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan

Cara mengkonsumsi

Daun pegagan selain dikonsumsi sebagai sayur dan lalapan, bisa juga dengan cara dikeringkan dan diseduh seperti teh. Untuk mengobati penyakit kulit, daun pegagan dilumatkan dan dioleskan pada kulit. Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

loading...