10 Manfaat Dahsyat Jeruk Nipis

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Manfaat Buah & Sayur – Jeruk nipis adalah salah satu varian dari buah jeruk. Berbeda dengan jenis buah jeruk lainnya, jeruk nipis berukuran lebih kecil dengan tekstur kulit lebih halus dan berwarna hijau tua. Sudah tentu jeruk nipis berasa asam, membayangkan saja sudah bisa membuat air liur menetes karena keasamannya. Oleh karenanya, jeruk nipis jarang sekali dikonsumsi begitu saja. Kecuali bagi orang-orang tertentu yang memiliki alasan khusus, untuk kesehatan misalnya.

manfaat air jeruk nipis

Manfaat dan Kegunaan Jeruk Nipis Bagi Kesehatan


Beragam manfaat yang dimiliki buah yang memiliki rasa asam ini. Saat ini banyak produk yang memanfaatkan jaruk nipis sebagai bahan utamanya. Misalnya produk kosmetik, pasta gigi, makanan ringan, permen, produk kecantikan dan lain sebagainya. Bahkan ekstrak jeruk nipis juga digunakan sebagai bahan pencuci peralatan dapur.

Selain itu, ternyata jeruk nipis juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah 10 manfaat dahsyat jeruk nipis bagi kesehatan ;

1. Menurunkan Suhu Tubuh Saat Demam

Jeruk nipis dengan kandungan vitamin C nya dipercaya mampu menurunkan suhu tubuh akibat demam. Jika anda mengalami demam, konsumsilah jeruk nipis untuk menurunkan suhu tubuh anda. Jeruk nipis ini digunakan sebagai pertolongan pertama pada penderita demam.

2. Mencegah Sembelit dan Menyehatkan Pencernaan

Kandungan serat pada jeruk nipis mampu mengatasi gangguan sembelit (susah BAB). Mengkonsumsi jeruk nipis juga dapat membantu proses pencernaan, sehingga pencernaan anda lebih sehat.

3. Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang mengalami masalah dengan berat badan, jangan ragu untuk mengkonsumsi jeruk nipis. Kandungan asam sitrat jeruk nipis befungsi untuk membantu membakar lemak dalam tubuh anda. Untuk mendapatkan manfaat itu, anda hanya perlu minum air jeruk nipis yang diseduh dengan air hangat sebanyak 2 gelas per hari.

Baca juga  Tanaman Obat Asam Urat

4. Mencegah Diabetes

Kandungan serat larut yang cukup tinggi pada jeruk nipis mampu mengatur kadar gula didalam darah. Sehingga kelebihan kadar gula didalam darah dapat diatasi.

5. Menyehatkan Jantung

Jeruk nipis bermanfaat untuk menurunkan resiko gangguan kesehatan jantung anda. Mengkonsumsi jeruk nipis mampu menurunkan tekanan darah, menghancurkan kolesterol jahat dan mengurangi peradangan pembuluh darah.

6. Menyehatkan Organ Mata

Vitamin C pada jeruk nipis bertindak sebagai antioksidan yang berperan melindungi fungsi mata dari penurunan kualitas penglihatan dimasa tua.

7. Menyehatkan Kulit

Air perasan jeruk nipis bermanfaat untuk menghaluskan kulit serta meremajakan kulit. Jika anda rajin menggunakan air jeruk nipis untuk masker, kulit anda akan lebih bercahaya. Sebab air jeruk nipis mampu mengangkat sel-sel kulit mati atau rusak.

8. Menurunkan Resiko Panyakit Stroke

Mengkonsumsi jeruk nipis mampu menurunkan tekanan darah, menghancurkan kolesterol jahat dan mengurangi peradangan pembuluh darah. Jika masalah-masalah tersebut teratasai, jantung anda akan lebih sehat dan resiko serangan stroke menurun.

9. Mengurangi Bau Badan

Selain membuat kulit anda lebih halus, mengoleskan air jeruk nipis pada tubuh anda juga dapat mengurangi bau badan yang cukup mengganggu.

10. Menghilangkan Ketombe

Anda punya masalah dengan ketombe? jangan panik. Jeruk nipis mampu membantu mengatasi masalah anda. Oleskan perasan air jeruk nipis pada rambut hingga kulit kepala secara merata sambil dipijat perlahan. Biarkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian keramaslah hingga bersih. Lakukan dua kali seminggu, anda akan terbebas dari ketombe.

Demikianlah 10 manfaat dahsyat jeruk nipis bagi kesehatan tubuh anda. Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

loading...