10 Manfaat Bunga Rosella Untuk Kesehatan

Bunga Rosella (Hibiscus sabdariffa)

Tanaman Obat – Rosela dalam bahasa latin disebut Hibiscus sabdariffa, tanaman ini biasa dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Bunga rosella berwarna merah hati nan cantik ini ternyata memiliki khasiat mengatasi berbagai jenis penyakit, baik itu penyakit berat maupun penyakit ringan. Tanaman bunga yang kini banyak dibudidayakan di Indonesia ini konon berasal dari benua Afrika. Di negara asalnya yaitu Afrika dan beberapa negara seperti Mesir dan Jamaika rosela lazim dimanfaatkan sebagai minuman hangat atau minuman dingin, sebagai bahan pembuatan jeli dan selai, dan dijadikan salad buah. Ada juga yang memanfaatkan biji bunga rosela kering ( dalam bentuk bubuk) sebagai campuran minuman kopi. Di Indonesia rosela memiliki beberapa sebutan seperti asam paya, asam kumbang dan asam susur.

Kandungan Bunga Rosella

Pemanfaatan bunga rosella sebagai obat herbal sudah diketahui sejak lama. Pada awalnya bunga rosella hanya dikonsumsi sebagai teh dengan cara diseduh, tetapi kini beberapa negara seperti Thailand dan China berlomba-lomba memproduksi obat-obatan yang berbahan baku bunga rosela. Bunga rosela diketahu berkhasiat menurunkan kolesterol, hipertensi, menurunkan berat badan, mencegah kanker, mencegah jantung koroner dan lain sebagainya. Khasiat bunga rosela tersebut tidak lepas dari kandungan beberapa senyawa dan vitamin yang terdapat pada kelopak bunga rosela. Kandungan tersebut antara lain vitamin A, vitamin C, protein esensial, kalsium dan 18 jenis asam amino, termasuk arginina dan legnin. Dalam bunga rosela juga terdapat senyawa antioksidan yang terdiri atas senyawa gossipetin, fenolik, antosianin dan glukosida hibiscin.

Khasiat Bunga Rosella

Gambar Bunga Rosella


Berikut ini 10 Khasiat & Manfaat Bunga Rosella :

1. Mencegah Berbagai Jenis Penyakit Berat

Kelopak bunga rosella diketahui mengandung antioksidan yang terdiri atas senyawa gossipetin, fenolik, antosianin dan glukosida hibiscin. Senyawa – senyawa tersebut mampu memberikan perlindungan terhadap berbagai penyakit berat seperti katarak, jantung koroner, kanker dan diabetes melistus.

Baca juga  14 Khasiat dan Manfaat Belimbing Wuluh

2. Sebagai Obat Kumur Alami

Ekstrak bunga rosella disebutkan memiliki khasiat yang sama dengan obat kumur klorheksidin. Berkumur menggunakan ekstrak bunga rosella dapat mencegah bau mulut serta menyehatkan mulut dan gusi.

3. Menurunkan Kolesterol

Mengkonsumsi teh rosela atau ekstrak rosela diketahui dapat menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol dalam darah.

4. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Bunga rosella mengandung vitamin A dan vitamin C yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Kedua vitamin tersebut berperan dalam meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga kesehatan mata.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang mengalami masalah dengan berat badan dann sedang menjalani program diet, ada baikny anda secara rutin mengkonsumsi ekstrak atau teh bunga rosella. Hal ini berkaitan dengan kandungan 33,9% serat larut pada bunga rosela yang mampu meluruhkan lemak.Namun bagi seseorang yang memiliki riwayat penyakit maag disarankan untuk berhati-hati, sebab pH (keasamaan) seduhan rosella mencapai 3,14 yang kemungkinan bisa menimbulkan efek negatif bagi lambung.

6. Mengobati Radang Gusi

Ekstrak bunga rosella bermanfaat untuk menghambat perkembangan bakteri Streptococcus sanguinis, yaitu bakteri yang menyebabkan terjadinya radang gusi (gingifitas) dan pembentuk plak gigi.

7. Sebagai Sumber Antioksidan

Ekstrak kelopak bunga rosela mengandung antioksidan yang terdiri atas senyawa gossipetin, fenolik, antosianin dan glukosida hibiscin. Dalam setiap 1 gram kelopak rosella kering terdapat 23,10 mg senyawa fenolik, senyawa ini diketahui berfungsi sebagai antioksidan alami yang kuat. Dibandingkan dengan bunga kumis kucing, ternyata antioksidan pada bunga rosela memiliki aktifitas 4 kali lebih kuat.

8. Mengatasi Leukimia / Kanker Darah

Dalam kelopak bunga rosela terdapat senyawa antosianin yang terdiri atas delphinidin 3-sambubioside dan cyanidin 3-sambubioside. Antosionin yang terdapat pada rosella diketahui ampuh mengatasi leukimia atau kenker darah.

Baca juga  27 Khasiat dan Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan

9. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Teh bunga rosela sangat baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi, karena ekstrak bunga rosela berkhasiat dalam membantu menurunkan tekanan darah dan mengontrol tekanan darah.

10. Mengatasi Asam Urat & Menjaga Kesehatan Ginjal

Tingginya kadar asam urat, kalsium dan natrium dalam darah secara mekanisme normal tubuh akan dikurangi dengan membuang kelebihan unsur tersebut melalui ginjal. Jika kondisi demikian dibiarkan berlangsung lama akan memberatkan kerja ginjal sebagai penyaring darah dalam tubuh. Kondisi ini dapat memicu kesakitan pada ginjal. Dengan mengonsumsi rosela, ditemukan penurunan kreatinin, asam urat, sitrat, tartrat, kalsium, natrium, dan fosfat dalam urin.

Demikian tentang bunga rosella, kandungan senyawa dan 10 manfaat dan khasiat penting bunga rosela bagi kesehatan, semoga bermanfaat….

Salam mitalom !!!

loading...
Loading...