Loading...

9 Perbedaan IKAN NILA dan MUJAIR

9 Cara Mudah Membedakan IKAN NILA dan MUJAIR Berdasarkan Ciri-ciri Fisik

Budidaya Perikanan – Ikan NILA dan ikan MUJAIR adalah jenis ikan air tawar yang telah lama dikenal luas oleh masyarakat.

Kedua jenis ikan budidaya tersebut tergolong ikan yang mudah dibudidayakan dan memiliki kemampuan beradaptasi dengan baik pada berbagai kondisi lingkungan.

Ikan nila maupun ikan mujair merupakan ikan konsumsi yang banyak disukai masyarakat Indonesia pada umumnya. Selain mudah diperoleh karena banyak dijual di pasar-pasar tradisional, ikan nila dan mujair juga memiliki rasa daging yang gurih dan lezat.

Pun demikian, masih banyak masyarakat yang menganggap ikan mujair adalah ikan nila, begitu juga sebaliknya. Tidak sedikit orang yang mengira bahwa kedua jenis ikan ini adalah ikan yang sama.

Memang benar, jika dilihat sepintas ikan nila dan mujair nyaris tidak memiliki perbedaan yang mencolok, sehingga tidak mengherankan jika banyak yang mengira bahwa kedua jenis ikan tersebut adalah ikan yang sama.

Loading...

Meskipun sepintas terlihat sama, ikan nila dan mujair adalah ikan yang berbeda. Jika diperhatikan dengan teliti ikan nila dan mujair memiliki banyak perbedaan. Terutama pada bagian luar tubuh kedua ikan tersebut memiliki banyak perbedaan yang mencolok.

Dilihat dari segi nilai ekonomisnya, ikan nila dan mujair juga sangat berbeda. Bisnis budidaya ikan nila lebih menguntungkan, konsumen lebih menyukai ikan nila daripada ikan mujair. Selain itu, pertumbuhan ikan nila jauh lebih cepat dan ukuran tubuhnya lebih besar dibandingkan dengan ikan mujair.

Apa Perbedaan Ikan Nila dan Ikan Mujair?

Secara kasat mata, ikan nila dan ikan mujair sangat mudah untuk dibedakan. Jika diperhatikan dengan seksama, kedua ikan ini memiliki ukuran tubuh yang berbeda.

Baca juga  Panduan Lengkap Budidaya PEMBESARAN IKAN NILA di Kolam Tanah

Bagian-bagian tubuh (anggota tubuh) kedua ikan tersebut juga memiliki bentuk, ukuran, warna dan corak yang berbeda. Perbedaan ikan nila dan mujair terlihat pada kepala, sirip, ekor maupun tubuh ikan secara keseluruhan.

Gambar ikan nila dan mujair

Berikut ini 9 perbedaan ikan nila dan ikan mujair (Perhatikan gambar) ;

Perbedaan Ikan Nila dan Mujair
No. Bagian tubuh Ikan Nila Ikan Mujair
1 Ukuran tubuh lebih besar lebih kecil
2 Bentuk tubuh lebih lebar dan bulat tubuh memanjang
3 Mulut kecil lebih besar
4 Pipi/wajah tidak bertotol bertotol
5 Mata besar lebih kecil
6 Sirip punggung lebih panjang tulang sirip terlihat jelas dan tajam lebih pendek ujung sirip berwarna kemerahan
7 Sirip belakang terdapat garis-garis memotong tulang sirip tidak terdapat garis-garis
8 Sirip bawah pendek melebar lebih lonjong berwarna hitam
9 Ekor terdapat garis-garis memotong tulang ekor hitam tidak terdapat garis-garis

Secara umum, ikan nila dan ikan mujair dapat dibedakan dengan mudah yakni dengan memperhatikan ukuran tubuh, bentuk tubuh, dan ukuran, bentuk serta warna bagian-bagian tubuh pada kedua jenis ikan tersebut. Dengan memperhatikan bagian-bagian tubuh ikan tersebut maka jelas bahwa ikan nila dan ikan mujair adalah dua jenis ikan yang berbeda.

Demikian tentang “Perbedaan Ikan Nila dan Ikan Mujair“. Semoga bermanfaat….

Salam mitalom !!!

Loading...
Loading...