Loading...

5+ Jenis Tanaman Pengusir Hama Cabai, Ampuh Atasi Hama dan Hemat Pestisida

Jenis-jensi Tanaman Pengusir Hama Cabai

Hama & Penyakit Tanaman – Apa yang dimaksud dengan HAMA? Pengertian umum hama adalah semua jenis hewan yang tak diinginkan dan dianggap merugikan dalam kegiatan sehari-hari manusia.

Sedangkan dalam dunia pertanian, khusunya pada tanaman cabai hama diartikan sebagai semua jenis hewan yang tak diinginkan dan dianggap merugikan karena dapat merusak tanaman cabai yang menyebabkan gagal panen atau menurunkan kualitas hasil panen.

Hama yang sering menyerang tanaman cabai antara lain ; ulat grayak (Spodoptera frugiperda), Lalat buah (Bactrocera dorsalis), Nematoda puru akar (Meloidogyne spp.), Hama ulat tanah (Helicoverpa sp. dan Spodoptera exigua), Kutu daun (Myzuspersicae), Tungau kuning (polyphagotarsonemus latus), Tungau merah (tetranycus sp.), Kutu kebul (Bemicia tabacci) dan Thrips (Thrips sp.)

Jenis-jenis hama tersebut tidak jarang menyebabkan kerusakan fatal pada tanaman cabai, mulai dari persemaian hingga tanaman cabai siap panen.

Selama ini yang umum kita lakukan dalam mengendalikan hama adalah dengan aplikasi pestisida, dan jarang sekali yang menerapkan pengendalian secara alami.

Loading...

Tidak bisa dipungkiri bahwa kita belum bisa melakukan budidaya cabai tanpa pestisida, namun ada baiknya jika pengendalian secara alami kita terapkan.

Memang pengendalian secara alami belum bisa kita lakukan seratus persen, tapi setidaknya bisa menekan atau mengurangi biaya pembelian pestisida.

Dengan berkurangnya penggunaan pestisida kimia, otomatis residu bahan kimia juga berkurang sehingga hasil panen cabai jauh lebih sehat dan lebih aman dikonsumsi.

Jenis-jenis tanaman penolak/pengusir hama cabai/Foto : Ditlin Hortikultura

Pemanfaatan Tanaman Refugia, Tanaman Pengusir Hama Tanaman Cabai

Apa itu tanaman REFUGIA?

Tanaman refugia adalah tanaman yang tumbuh di sekitar tanaman yang dibudidayakan, yang berpotensi sebagai tempat perlindungan dan sumber pakan bagi serangga musuh alami (baik predator atau pemangsa maupun parasitoid).

Baca juga  Daftar Akarisida Yang Direkomendasikan Untuk Tanaman Cabai Merah

Hal tersebut dilakukan agar pelestarian musuh alami tercipta dengan baik. Prinsip tanaman untuk refugia adalah tanaman tersebut bisa menarik dan menjadi tempat hidup serta sumber kehidupan bagi serangga musuh alami dari hama (disperta.mojokerto.go.id).

Apa Manfaat Tanaman REFUGIA untuk Tanaman Cabai?

Manfaat tanaman refugia (tanaman pengusir hama) adalah sebagai bentuk manipulasi habitat untuk melindungi tanaman cabai yang dibudidayakan.

Tanaman refugia merupakan tumbuhan baik gulma maupun tanaman yang ditanam di sekitar tanaman cabai yang dibudidayakan.

Tanaman refugia memiliki potensi sebagai mikrohabitat sebagai tempat tinggal dan sumber makanan bagi musuh alami hama tanaman cabai agar pelestarian musuh alami tercipta dengan baik.

Berikut ini beberapa manfaat tanaman refugia ;

> Madu yang dihasilkan dari bunga tanaman refugia bermanfaat sebagai sumber pakan serangga musuh alami hama cabai,
> Hama yang bersembunyi pada tanaman refugia dengan mudah dapat dimangsa oleh predator (musuh alami),
> Mengurangi penggunaan pestisida kimia. Keberadaan tanaman refugia akan meningkatkan keberagaman serangga dan menciptakan agroekosistem yang seimbang. Dengan demikian keberagaman dan jumlah serangga musuh alami yang dapat memangsa hama akan meningkat sehingga jumlah hama yang ada dapat ditekan.

Jenis-jenis Tanaman Pengusir HAMA CABAI (Tanaman Refugia)

Kriteria tanaman yang berpotensi sebagai tanaman refugia yaitu: tanaman harus ditanam dari biji tanpa pindah tanam, tanaman harus cepat tumbuh, mudah dalam perawatan, tanaman memiliki nilai ekonomis bagi petani, tanaman dapat tumbuh dalam budidaya minimum, tanaman tidak disukai oleh hama utama, tanaman harus dapat menarik predator, parasitoid dan polinator (Horgan et.al (3016)).

Potensi musuh alami untuk mengendalikan hama tanaman dalam suatu agroekosistem dapat ditingkatkan dengan cara memanipulasi habitat. Manipulasi habitat dapat dilakukan dengan menanam tumbuhan berbunga (insectary plant) yang berfungsi sebagai sumber pakan, inang mangsa alternatif, dan refuji bagi musuh alami.

Baca juga  Mengendalikan Penyakit Busuk Basah Buah Cabai

Jenis tanaman yang memiliki potensi sebagai tanaman pengusir hama cabai (refugia) adalah jenis tanaman berbunga yang mempunyai warna mencolok, tidak disukai oleh hama utama, dan dapat menarik predator, parasitoid dan polinator.

Jenis tanaman yang dapat dijadikan sebagai tanaman refugia antara lain ;
1). Bunga matahari,
2). Bunga kertas,
3). Bunga jengger ayam (Celosia),
4). Bunga kenikir,
5). Bunga tahi ayam (Marigold).

Kapan dan Bagaimana Tanaman REFUGIA di Tanam?

Tanaman refugia di tanam disekitar tanaman cabai, yaitu dipinggiran lahan cabai. Penanaman diusahakan berjajar memanjang di luar area tanaman cabai agar tidak mengganggu tanaman utama.

Usahakan tidak terlalu rimbun karena dapat mengundang hama tikus dan ditanam dengan barisan dari timur kebarat (sejajar sinar matahari) agar tidak menghalangi penyerapan sinar matahari oleh tanaman cabai.

Waktu penanaman tanaman refugia dilakukan pada saat persiapan lahan atau diperkirakan ketika tanaman cabai tumbuh tanaman refugia sudah berbunga.

Tanaman refugia ditanam secara berkelanjutan supaya terus ada refugia yang berbunga sampai tanaman cabai habis masa produktifnya.

Jenis Predator (Musuh Alami) Hama Cabai

Serangga predator (musuh alami) apa saja yang dapat singgah dan tinggal pada tanaman refugia?
Serangga predator (musuh alami) apa saja yang dapat memangsa hama cabai?

Serangga atau predator hama cabai sangat beragam, diantaranya adalah capung, tomcat, semut, lebah, belalang sembah, kumbang dan laba-laba.

a). Musuh alami lalat buah : parasitoid larva dan pupa (Biosteres sp, Opius sp), predator semut, Arachnidae (laba-laba), Staphylinidae (kumbang) dan Dermaptera (Cocopet).

b). Musuh alami ulat : semut rang-rang

d). Musuh alami tungau kuning : kumbang Amblysiuscucumeris, Oriusminutes, Coccinellidae, Coccinella repanda, patogen Entomophthora sap dan arachnidea.

e). Musuh alami tungau merah : genus Amblyseius, Metaseiulus, Phytoseiulus, Stethorus, dan Orius.

Baca juga  Jenis-Jenis Pestisida Untuk Tanaman Cabai

f). Musuh alami hama thrips sp. : predator kumbang Coccinellidae, tungau, predator larva Chrysopidae, kepik Anthocoridae dan patogen Entomophthora sp.

g). Musuh alami kutu daun (Aphids) : predator Syrphidae (Diptera), Coelophora maculata (Coleoptera: Coccinellidae), Cheilomenes maculata (Coleoptera: Coccinellidae), Scymnus sp.

h). Musuh alami kutu kebul : predator Menochilus sexmaculatus

Demikian tentang “Jenis-jenis Tanaman Pengusir Hama Cabai” Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

Loading...
Loading...