Video Cara Membuat LANJARAN TALI dan BENANG Untuk Tanaman GAMBAS (Oyong)

Video Lanjaran Tali dan Benang untuk Tanaman Gambas

Video Tutorial Cara Membuat Lanjaran Gambas Menggunakan Tali dan Benang

Video Mitalom – Lanjaran adalah tempat merambat suatu tanaman yang tumbuh merambat. Material lanjaran bisa berupa kayu, bambu, tali, benang dan lain-lain.

Bahkan sekarang ini sudah beredar lanjaran pabrikan yang terbuat dari besi yang dilapisi bahan plastik (Plant Stake).

Plant stake diklaim sebagai lanjaran yang paling praktis dan tahan lama dan digadang-gadang sebagai pengganti kayu atau bambu yang semakin langka.

Sayangnya, lanjaran plastik masih tergolong mahal harganya sehingga belum banyak petani yang menggunakannya.

Soal semakin sulitnya mencari kayu dan bambu untuk lanjaran memang benar adanya, saya sendiri merasakan hal itu. Kayu dan bambu di daerah saya sudah langka, hutan sudah tidak ada lagi.

Untuk menyiasati kelangkaan kayu dan bambu, saya berinisiatif untuk menggunakan tali plastik (rafia) dan benang untuk membangun lanjaran.

Cara membuat lanjaran/para-para yang saya buat ini memang masih tetap menggunakan kayu/bambu sebagai tiangnya, namun jumlahnya jauh lebih sedikit daripada cara membuat lanjaran pada umumnya.

 

 

 

 

 

 

 

Lanjaran tali dan benang ini sudah saya aplikasikan sejak lama, kira-kira 8 tahun yang lalu saya sudah menggunakan cara ini.

Bahan-bahan yang saya gunakan selain kayu/bambu adalah tali plastik (rafia) dan benang obras yang harganya murah meriah. Berikut ini video yang saya buat seadanya tentang bagaimana saya membuat lanjaran gambas/oyong menggunakan tali dan benang.

Jika ada yang perlu ditanyakan, silahkan bertanya di kolom komentar dibawah ini. Selamat menyimak dan semoga video ini bermanfaat….

Salam mitalom !!!

Tonton videonya berikut ini :

Loading...