Tips Membersihkan Plak Gigi Dengan Daun Sirih

Cara Alami Membersihkan Plak Pada Gigi

Tips & Trik – Daun sirih dikenal kaya akan manfaat dan khasiat bagi kesehatan. Daun sirih biasa digunakan sebagai obat alami untuk penyakit tertentu. Pemanfaatan daun sirih sebagai obat tradisional sudah sejak lama dilakukan oleh nenek moyang kita. Salah satu manfaat daun sirih adalah untuk menjaga kesehatan mulut. Air rebusan daun sirih berkhasiat untuk mengatasi masalah mulut seperti gusi berdarah/radang gusi (gingivitis), bau mulut dan membersihkan plak gigi. Menurut penelitian, berkumur menggunakan air rebusan daun sirih dapat membersihkan plak pada gigi.

Manfaat Daun Sirih Untuk Membersihkan Plak Gigi

Gambar Daun Sirih


Plak adalah noda yang menempel pada gigi akibat dari sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan. Jika dibiarkan plak bisa mengakibatkan timbulnya radang gusi (gingivitis) dan masalah rongga mulut lainnya. Akibat terparah dari plak yang dibiarkan adalah gigi berlubang dan timbulnya sakit gigi. Daun sirih juga mengandung anti bakteri yang berkhasiat untuk menghilangkan bau mulut. Efeknya seperti obat kumur (mouthwash), akan tetapi menggunakan daun sirih jauh lebih aman karena tidak memiliki efek samping.

Berikut tips menghilangkan plak gigi dengan daun sirih ;

1. Ambil daun sirih segar secukupnya,
2. Rebus dengan air bersih secukupnya hingga mendidih,
3. Setelah agak dingin (hangat kuku) gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur,
4. Lakukan secara rutin pada pagi dan malam sebelum tidur.

Jika anda lakukan secara rutin, plak pada gigi anda akan bersih, bau mulut hilang, mencegah gigi berlubang dan terhindar dari radang gusi. Berkumur dengan air rebusan daun sirih dapat menghambat pembentukan plak dengan mencegah melekatnya bakteri pada gigi serta mencegah perkembangan bakteri pada rongga mulut.

Berkumur dengan rebusan daun sirih merupakan alternatif yang aman untuk menghilangkan plak gigi dan masalah mulut lainnya. Selain tanpa efek samping, daun sirih juga mudah didapatkan dengan biaya yang murah. Cara ini perlu anda coba, karena dengan hanya menggosok gigi saja tidak akan menghilangkan plak dan tidak efektif mengatasi gangguan pada mulut. Semoga bermanfaat…

Baca juga  12 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Salam mitalom !!!

loading...
Loading...