Tips Memasak Daun Pepaya Agar Tidak Pahit

Bagaimana cara memasak daun pepaya supaya tidak pahit?

Tips & Trick – Anda tahu apa itu daun pepaya? Ya..daun pepaya atau daun kates adalah daun dari tanaman yang memiliki nama sama yaitu pepaya. Bukan rahasia lagi jika daun pepaya itu rasanya pahit. Tetapi meskipun pahit banyak yang menyukai sayur daun pepaya ini. Selain enak bagi yang suka, daun pepaya juga memiliki manfaat kesehatan. Sebagian orang tidak mempermasalhakan rasa pahit daun pepaya tersebut, bahkan ada yang bilang jika rasa daun pepaya tidak pahit tidak enak dan kurang nikmat. Tetapi tidak sedikit juga orang yang menyukai sayur daun pepaya tetapi tidak menyukai rasa pahitnya. Nah, bagaimana caranya agar sayur daun pepaya itu tidak terasa pahit? Bagi ibu-ibu rumah tangga, berikut ada beberapa tips dan cara merebus atau memasak daun pepaya supaya tidak pahit. Caranya sangat sederhana, hanya dengan sedikit trik dan memanfaatkan dedaunan dan gulma atau tanaman liar yang ada disekitar rumah anda. Tanaman apa saja yang bisa digunakan untuk menghilangkan rasa pahit daun pepaya?

Tips Agar Daun Pepaya Tidak Pahit

Daun Pepaya


Berikut beberapa tips merebus daun pepaya agar tidak pahit :

1. Cara pertama

Cara merebus daun pepaya supaya tidak terasa pahit adalah merebusnya dengan daun senggani. Tahu daun senggani? Lihat pada gambar. Daun senggani dalam bahasa melayu disebut dengan nama “keduduk”. Daun senggani yang memiliki buah berwarna biru kehitaman ini merupakan tanaman liar/gulma, buahnya disukai oleh burung sebagai makanannya. Ternyata daun senggani ini memiliki manfaat dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi ibu-ibu rumah tangga. Salah satunya manfaatnya adalah dapat menyerap zat yang menyebabkan daun pepaya rasanya pahit. Caranya cukup sederhana, ambil segenggam pucuk daun senggani, kemudian diikat agar tidak tercampur dengan daun pepaya saat direbus. Rebus air hingga mendidih, masukkan daun pepaya bersamaan dengan daun senggani tersebut. Rebus sampai matang sambil dibolik-balik, angkat dan tiriskan ambil dan buang daun senggani kemudian siram rebusan daun pepaya dengan air dingin.

Tips Agar Daun Pepaya Tidak Terasa Pahit

Daun Senggani


2. Cara kedua

Adalah dengan memanfaatkan daun jambu mete. Jika tidak ada daun senggani, anda para ibu-ibu bisa memanfaatkan daun jambu mete. Caranya sama, yaitu dengan merebus secara bersamaan daun pepaya dan daun jambu mete. Ambil segenggam daun jambu mete muda, kemudian diikat. Rebus air hingga mendidih, masukkan daun pepaya bersamaan dengan daun jambu mete tersebut. Rebus hingga matang sambil dibolak-balik, angkat dan tiriskan kemudian ambil dan buang daun jambu mete. Siram rebusan daun pepaya dengan air bersih, daun pepaya siap dihidangkan tanpa rasa pahit.

Baca juga  7 Cara Aman Mengusir Lalat di Rumah

3. Cara ketiga

Adalah dengan memanfaatkan daun jambu biji. Ini alternatif ketiga jika tidak ada daun senggani dan daun jambu mete. Ambil segenggam daun jambu biji muda, ikat dengan tali agar tidak berhamburan dan tercampur dengan daun pepaya. Rebus air hingga mendidih kemudian masukkan daun pepaya dan daun jambu biji secara bersamaan. Rebus hingga matang, dan jangan lupa sambil dibolak-balik. Setelah matang angkat dan tiriskan, ambil dan buang daun jambu biji kemudian siram rebusan daun pepaya dengan air bersih. Anda siap mengkonsumsi daun pepaya rebus tanpa rasa pahit.

4. Cara keempat

Sedikit berbeda, yaitu dengan memanfaatkan tanah lempung. Cara ini sudak umum dan sejak dulu digunakan oleh masyarakat jawa, dan mungkin hanya ada di pulau Jawa. Caranya juga sederhana, yaitu dengan merebus air hingga mendidih terlebih dahulu. Kemudian setelah air mendidih masukkan daun pepaya dan segenggam tanah lempung secara bersamaan. Rebus hingga matang sambil dibolak-balik. Setelah matang angkat dan tiriskan, cuci rebusan daun pepaya hingga bersih dari tanah lempung. Dulu untuk mendapatkan tanah lempung ini tidaklah sulit, karena banyak dijual eceran di pasar-pasar tradisional di Pulau Jawa. Sekarang masih ada atau tidak, saya tidak tahu pasti.

CATATAN !

– Selama merebus daun pepaya sebaiknya panci dibiarkan terbuka tanpa penutup. Supaya uap bisa keluar untuk membantu melepaskan rasa pahit daun pepaya tersebut.
– Kenapa harus selalu dibolak-balik? Tujuannya agar daun pepaya masak secara merata dan supaya hasil rebusannya berwarna hijau dan tidak berwarna kecoklatan.
– Agar rasanya lebih enak dan aromanya lebih harum, tambahkan sedikit garam dan irisan bawang merah secukupnya yang dimasukkan saat daun pepaya direbus.

Baca juga  7 Cara Aman Mengusir Lalat di Rumah

Bagaimana cara merebus daun singkong agar terasa enak dan berwarna hijau? Berikut tipsnya :

1. Rebus air hingga mendidih, baru kemudian masukkan daun singkong.
2. Tambahkan sedikit garam dan irisan bawang merah secukupnya.
3. Untuk menghilangkan zat racun yang terdapat pada daun singkong, rebus daun singkong dalam panci yang terbuka/tanpa penutup.
4. Agar hasil rebusan daun singkong berwarna hijau, bolak-balik daun singkong tersebut selama proses perebusan. Jika tidak dibolak-balik rebusan daun singkong akan berwarna kecoklatan dan kurang menarik.

Demikian beberapa tips buat ibu-ibu rumah tangga dalam merebus daun pepaya agar tidak terasa pahit dan tips merebus daun singkong. emoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

Loading...