Tips Berkebun di Lahan Sempit

Berkebun di Lahan Sempit

Cara Membuat Kebun Vertikultur

Gambar : Vertikultur Botol Bekas, Vertikultur Rak Bersusun dan Vertikultur Gantung

Tips Berkebun – Berkebun merupakan salah satu hobi yang menyenangkan. Selain untuk mempercantik sekitar rumah, secara ekonomis berkebun juga memberikan keuntungan. Tidak hanya tanaman bunga, anda bisa juga menanam sayuran, tanaman buah atau tanaman herbal. Tanaman bunga misalnya, sudah pasti memberikan nuansa asri dan indah. Tapi bukan berarti tanaman sayuran, buah atau tanaman herbal tidak memiliki unsur estetika. Jika dikemas dengan baik, tanaman selain bunga juga akan membuat sudut rumah anda lebih menarik. Terlepas dari unsur keindahannya, berkebun sayur dan buah juga menguntungkan. Paling tidak anda telah berswasembada untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sedangkan tanaman herbal sangat bermanfaat untuk menunjang kesehatan keluarga anda. Dan yang lebih penting, kebun mini di rumah anda bisa dijadikan tempat refreshing gratis yang menyenangkan. Tanaman-tanaman yang hijau segar dan bunga berwarna-warni mampu menghilangkan rasa penat dan lelah setelah seharian bekerja.

Vertikultur Pipa Paralon

Beberapa Contoh Model Vertikultur

Berkebun saat ini telah menjadi tren hobi masyarakat perkotaan. Banyak alasan yang mendasari kenapa hobi berkebun akhir-akhir ini begitu booming. Jika anda ingin memulai berkebun, jangan ragu. Berkebun tidak harus memiliki lahan yang luas, anda bisa memanfaatkan potensi disetiap sudut rumah anda. Lahan yang terbatas bukan menjadi penghalang untuk berkebun. Anda bisa menyulap sudut sempit di rumah anda menjadi tempat yang menyenangkan. Bagaimana cara berkebun di lahan sempit?

Berikut tips bagi anda yang ingin berkebun dengan lahan yang terbatas atau lahan sempit :

1. Tentukan Lokasi Sesuai Jenis Tanaman

Beberapa jenis tanaman tidak memerlukan cahaya matahari secara penuh untuk tumbuh dan berkembang. Sementara tanaman sayuran dan buah pada umumnya membutuhkan sinar matahari minimal 6 jam per hari. Untuk itu tanamlah jenis yang sesuai dengan lokasi, apakah cukup tersinari matahari atau tidak. Jika anda salah menentukan lokasi dan jenis tanaman, tanaman anda kemungkinan tidak akan tumbuh dengan maksimal.

Baca juga  Cara Membuat Arang Sekam Yang Benar

2. Berkebun Dengan Sistem Vertikultur

Vertikultur merupakan sistem berkebun yang paling cocok untuk lahan sempit. Vertikultur adalah sistem berkebun yang dilakukan dengan cara meletakkan tanaman yang disusun secara vertikal. Anda bisa mangantungkan pot-pot pada tembok rumah atau pagar. Bisa juga dengan merangkai beberapa pot kemudian digantung dengan tali. Atau meletakkan pot pada rak vertikal dan jika anda kreatif bisa juga membuat pot vertikal menggunakan pipa paralon.

3. Menanam Menggunakan Pot atau Polybag

Untuk memudahkan perawatan, tanamlah pada pot atau polybag. Gunakan pot atau polybag yang berukuran sedang, jangan terlalu besar. Menanam menggunakan pot juga akan memudahkan anda untuk memindahkan atau merubah letak sesuai keinginan anda.

4. Pilih Tanaman Yang Berpostur Pendek

Jika lokasi yang anda miliki tidak terlalu luas, sebaiknya pilihlah jenis tanaman yang tidak terlalu tinggi. Hindari menanam pohon buah-buahan yang biasanya akan tumbuh besar dan tinggi. Beberapa jenis bunga, sayuran, cabe dan tomat adalah beberapa jenis tanaman yang cocok ditanam pada lahan sempit.

5. Menanam Berbagai Jenis Tanaman

Untuk menambah unsur estetika, anda bisa memvariasikan jenis tanaman. Anda bisa menanam beberapa jenis tanaman agar kebun mini anda lebih menarik. Berbagai jenis sayuran seperti pakcoy, kangkung, terong, selada, bayam dan bawang merah bisa anda tanam untuk melengkapi koleksi kebun anda. Untuk tanaman cabe agar lebih menarik, anda bisa memilih jenis cabe unik atau cabe hias. Dengan bentuk dan warna yang beraneka ragam, cabe hias selain bisa dikonsumsi juga akan menambah keindahan kebun anda.

Cabe Unik atau Cabe Hias

Menanam Cabe Hias di Lahan Sempit

6. Menanam Tabulampot

Jika anda harus menanam buah, pilihlah tabulampot atau “Tanaman Buah Dalam Pot”. Dengan media yang terbatas, tabulampot biasanya tidak akan tumbuh besar. Anda bisa memilih jenis tanaman buah yang anda sukai. Mengingat lahan anda yang terbatas, sebaiknya anda menanam satu pohon saja.

Baca juga  Nutrisi Hidroponik Tidak Harus AB Mix

Untuk opsi yang ke 6, lakukan jika lahan anda memungkinkan. Jika lahan anda memungkinkan untuk ditanami tabulampot, tanamlah disudut lahan. Namun jika tidak memungkinkan, sebaiknya hindari tanaman tabulampot. Toh, tanpa tabulampot kebun mini anda masih bisa menarik dan indah. Anda tertarik untuk berkebun ? silahkan dipraktekkan, semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

loading...
Loading...