Tentang Penyakit Hawar Daun (Kresek)

Penyebab Penyakit Hawar Daun

Hama & Penyakit – Penyakit hawar atau sering juga disebut penyakit kresek adalah salah satu dari gejala serangan suatu patogen tumbuhan. Penyakit hawar menyerang daun atau bunga tanaman. namun intensitasnya lebih sering terjadi pada daun, sehingga disebut dengan penyakit hawar daun.

Penyebab Penyakit Hawar Daun

Gejala Penyakit Hawar Pada Tanaman Padi, Jagung, Kentang dan Tomat

Penyakit hawar dapat dikenali jika ada tanaman yang berubah penampilan secara cepat. Gejala awal biasanya terlihat dengan adanya bercak berbentuk bulat melingkar yang dengan cepat membesar.
Penyakit ini diawali dengan layu pada sebagian besar jaringan tanaman terutama bagian daun, yang dengan cepat mengakibatkan terjadinya klorosis. Proses ini terjadi sangat cepat (hanya beberap hari saja), bagian tanaman yang terserang akan berubah menjadi coklat dan menyebabkan kematian jaringan dibawah permukaan.

Penyakit hawar daun bisa menyebabkan kerugian yang sangat besar, karena serangan cepat meluas dan mendadak. Intensitas serangan terjadi lebih cepat saat musim penghujan dengan kondisi kelembaban tinggi.

Penyebab penyakit hawar daun beraneka ragam, bisa bakteri, jamur (fungi) atau protista (Oomycetes). Gejala layu yang terjadi secara tiba-tiba muncul akibat tersumbatnya pembuluh floem oleh koloni organisme patogen, kemudian terjadi penyebaran kejaringan lainnya.

Beberapa tanaman budidaya yang sering terserang penyakit hawar antara lain ;

1. Tanaman Padi ; Hawar daun padi disebabkan oleh bakteri Xanthomonas oryzae
2. Tanaman Jagung ; Hawar daun jagung disebabkan oleh jamur Cochilobolus heterostrophus
3. Tanaman Kentang ; Hawar daun kentang disebabkan oleh Oomycetes Phythopthora infestans dan Hawar Altenaria atau sering disebut bercak kering disebabkan oleh fungi kosmopolit altenaria
4. Tanaman Tomat ; Hawar Altenaria atau sering disebut bercak kering disebabkan oleh fungi kosmopolit altenaria
5. Tanaman Pir : Hawar daun pir disebabkan oleh bakteri Erwinia amylovora
6. Tanaman Apel ; Hawar daun apel disebabkan oleh bakteri Erwinia amylovora
7. Tanaman Rasberry ; Hawar daun rasberry disebabkan oleh bakteri Erwinia amylovora

Penyakit hawar bisa diatasi dengan menjaga kebersihan lahan, darinase yang baik dan dengan cara penanaman yang tidak terlalu rapat, agar sirkulasi lancar dan mengurangi kelembaban. Aplikasi pestisida dapat dilakukan dengan cara menggunakan pestisida tepat sasaran dan sesuai petunjuk. Semoga bermanfaat…

Baca juga  Mengendalikan Penyakit Tanaman Kedelai

Salam mitalom !!!

Loading...