Tentang Lamtoro dan Manfaatnya

Lamtoro (Leucaena glauca (L.) Benth)

Tanaman Obat – Lamtoro merupakan tanaman perdu yang buah dan daunnya hampir mirip dengan petai, namun ukuran lamtoro jauh lebih kecil. Jika dimakan aroma lamtoro juga menyerupai aroma petai. Tanaman lamtoro banyak digunakan sebagai tanaman pelindung pada perkebunan kopi, perkebunan teh, dan sebagai pencegah erosi. Daun lamtoro biasa dimanfaatkan sebagai pakan ternak dan pohonnya dimanfaatkan sebagai kayu bakar. Daun dari tanaman yang konon berasal dari Amerika ini juga sangat baik dimanfaatkan sebagai pupuk hijau. Tanaman lamtoro banyak terdapat diseluruh wilayah di Indonesia. Tanaman lamtoro biasanya terdapat dipinggir-pinggir kebun, dipekarangan atau di pinggir jalan.

Khasiat Lamtoro

Lamtoro / Prtai Cina


Lamtoro, petai selong atau petai cina disetiap daerah memiliki nama yang berbeda, misalnya orang melayu menyebut lamtoro dengan nama petai jawa atau petai belalang. Orang sunda menyebutnya dengan nama peuteuy selong atau pelending, sementara orang madura menyebut lamtoro dengan nama lantoro atau kalandhingan. Sedangkan dalam bahasa jawa disebut metir, mlanding, lamtoro, atau kemlandingan. Lamtoro dalam bahasa Inggris disebut wite leadtree atau leucaena dan dalam bahasa Perancis disebut leucaene atau faux mimosa. Dalam bahasa asing lainnya seperti Thailand lamtoro disebut krathin, orang Filipina menyebut ipil-ipil, elena dan karikis, orang Papua Nugini menyebut lamandro. Varietas lamtoro yang memiliki buah dan polong lebih besar disebut lamtoro gung.

Lamtoro merupakan tumbuhan sejenis perdu yang berasal dari suku Fabaceae (Leguminosae, polong-polongan). Klasifikasi tumbuhan ini adalah sebagai berikut :

Klasifikasi Ilmiah Lamtoro
Kerajaan Plantae
Divisi Magnoliophyta
Kelas Magnoliopsida
Ordo Fabales
Famili Fabaceae
Upafamili Mimosoideae
Genus Leucaena
Spesies L. leucocephala

Kandungan Nutrisi Lamtoro

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam 100 gram (3.5 oz) lamtoro adalah sebagai berikut :

Manfaat Lamtoro Untuk Kesehatan

Seluruh bagian dari tanaman lamtoro diketahui berkhasiat untuk pengobatan. Baik akar, kulit batang, daun maupun biji lamtoro dapat digunakan sebagai bahan pengobatan alami. Daun lamtoro diketahui mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin C, lemak, besi, protein dan kalsium. Sedangkan biji lamtoro memiliki kandungan leukanol, leukanin, mimosin dan protein. Berikut ini beberapa manfaat lamtoro untuk pengobatan :

1. Biji lamtoro berkhasiat untuk mengobati cacingan
2. Biji lamtoro berkhasiat untuk mengobati bengkak (oedem)
3. Biji lamtoro berkhasiat untuk mengobati radang ginjal
4. Biji lamtoro berkhasiat untuk mengobati kencing manis
5. Akar lamtoro berkhasiat untuk melancarkan haid
6. Seluruh bagian tanaman lamtoro berkhasiat untuk mengobati luka lebam, bisul, dan abses paru
7. Tanaman lamtoro juga diketahui bekhasiat untuk mengatasi susah tidur karena gelisah

Demikian sedikit tentang tanaman lamtoro. Selain yang sudah disebutkan diatas, tanaman lamtoro juga diketahui menghasilkan zat penyamak dan zat pewarna alami. Kulit, batang dan biji lamtoro diketahui dapat menghasilkan pewarna merah, coklat dan hitam. Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

Loading...