Stik BIJI NANGKA, Potensi Hasil Samping Buah Nangka Untuk Menambah Penghasilan

Potensi Bisnis Biji Nangka

Cara Pengolahan Biji Nangka

Biji nangka atau BETON


Artikel – Apa itu biji nangka ? Biji nangka oleh sebagian masyarakat Jawa disebut “beton” walaupun tekstur sebenarnya tidak sekeras beton yang sesungguhnya. Biji nangka adalah biji dari buah tropis yang juga bernama nangka atau buah nangka. Daging buah nangka masak berasa manis, berserat dan memiliki aroma yang khas. Buah nangka muda sangat digemari sebagai bahan sayuran. Di Sumatera, terutama di Minangkabau, dikenal masakan gulai cubadak (gulai nangka). Di Jawa Barat buah nangka muda antara lain dimasak sebagai salah satu bahan sayur asam. Di Jawa Tengah dikenal berbagai macam masakan dengan bahan dasar buah nangka muda (disebut gori), seperti sayur lodeh, sayur megana, oseng-oseng gori, dan jangan gori (sayur nangka muda). Di Jogyakarta nangka muda terutama dimasak sebagai gudeg. Sementara di seputaran Jakarta dan Jawa Barat, bongkol bunga jantan (disebut babal atau tongtolang) kerap dijadikan bahan rujak.

Selama ini ketika orang memakan buah nangka mereka akan membuang bijinya karena dianggap tidak tidak berguna. Kalaupun dikonsumsi, biji nangka hanya dibakar, dikolak dengan campuran bahan lain seperti pisang, buah nangka dan lain-lain. Oleh sebagian orang biji nangka juga direbus kemudian dikonsumsi. Cara-cara memngolah biji nangka tersebut hanya sebatas untuk konsumsi sendiri bukan untuk dijual. Pernahkah terpikir untuk mengolah biji nangka kemudian dijual dan menghasilkan uang? Sebenarnya semua jenis bahan makanan memiliki nilai ekonomis dan berpotensi untuk menambah penghasilan jika diolah dan dikemas dengan baik.

Saat ini sudah banyak jenis olahan makanan yang berbahan baku dari buah nangka, misalnya nangka yang masih muda biasanya dibuat gudeg, sedangkan untuk nangka yang sudah matang dengan rasa yang manis aromanya tajam khas nangka biasanya dibuat dodol nangka, keripik nangka dan lain-lain.Dengan adanya berbagai jenis olahan dari buah nangka ini, terdapat hasil samping yang belum termanfaatkan secara optimal khususnya untuk nangka yang sudah matang penuh yaitu berupa biji nangka.

Baca juga  10 Situs Pertanian Terbaik Di Indonesia

Biji nangka yang selama ini tidak dianggap sebagai bahan makanan ternyata memiliki kandungan zat-zat gizi yang bermanfaat untuk kesehatan. Dalam biji nangka diketahui memiliki kandungan berbagai macam zat gizi, yaitu vitamin B1, vitamin C, zat besi, kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, dan fosfor. Dengan kandungan-kandungan tersebut biji nagka bermanfaat sebagai pencegah animea, melancarkan aliran darah, meningkatkan stamina, membantu regenerasi sel tubuh, dan lain sebagainya.

Cara Membuat Stick Biji Nangka

Ilustrasi : Stick Biji Nangka


Untuk meningkatkan nilai tambah dan untuk memanfaatkan biji nangka yang biasanya dibuang, maka biji nangka perlu diolah dan dikemas menjadi makanan yang menarik. Salah satu upaya tersebut adalah dengan mengolah biji nangka menjadi STIK BIJI NANGKA. Stik merupakan salah satu jenis makanan ringan yang banyak disukai sebagai cemilan. Stik biji nangka memiliki rasa enak dan gurih yang khas, sehingga digemari oleh semua kalangan, baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Pembuatan stik biji nangka merupakan salah satu alternatif pemanfaatan hasil samping buah nangka dengan tujuan:

1). Diversifikasi pengolahan biji nangka,
2). Dapat meningkatkan nilai ekonomis dari biji nangka, dan
3). Dapat menambah lapangan kerja.

CARA MEMBUAT STIK BIJI NANGKA / BETON

1. Alat dan bahan

> Biji nangka 500 gram
> Tepung terigu 500 gram
> Bawang putih 50 gram
> Mentega 20 gram
> Telur 1 butir
> Garam secukupnya
> Minyak goreng secukupnya
> Panci atau wadah lainnya
> Pisau
> Cetakan stik (cheesestick)
> Wajan, kompor dan lain-lain

2. Cara membuat

> Pilih biji nangka yang bagus 500 gram, kemudian dicuci hingga bersih
> Rebus biji nangka hingga empuk
> Kupas kulit biji nangka sampai bersih
> Kemudian biji nangka rebus dan bawang putih ditumbuk hingga halus,
> Campurkan biji nangka halus, bawang putih halus, tepung terigu, kuning telur, mentega dan garam
> Aduk bahan-bahan tersebut hingga membentuk adonan yang kalis
> Kemudian adonan dibentuk menjadi lembaran-lembaran dan potong memanjang menggunakan cetakan
cheesestick
> Iris lembaran tersebut seperti mie atau sesuai dengan selera
> Panaskan minyak dan goreng hingga matang, minyak goreng harus banyak agar stik terendam saat digoreng
> Tiriskan, setelah dingin kemas menggunakan plastik dalam bentuk yang menarik. Beri label agar kemasan lebih eksklusif dan menarik pembeli.

Baca juga  11 Tanaman Unik Ini Akan Membuat Anda Bengong dan Takjub Melihatnya

Setelah selesai membuat stik BIJI NANGKA yang lezat dan gurih, pekerjaan selanjutnya adalah memasarkan atau menjual kreasi anda. Anda bisa menjual sendiri secara door to door, menitipkan diwarung-warung, atau dengan cara lainnya.

Demikian cara meningkatkan nilai jual biji nangka dengan mengolahnya menjadi “Stik BIJI NANGKA“. Slamat mencoba dan semoga bermanfaat….

Salam mitalom !!!

loading...