Pupuk NPK Phonska, Fungsi dan Manfaatnya Untuk Tanaman

Tentang Pupuk NPK Phonska

Pupuk dan PemupukanPupuk NPK Phonska merupakan salah satu jenis pupuk yang disubsidi oleh pemerintah sehingga harganya lebih murah dan terjangkau oleh petani. Pupuk phonska disebut juga dengan sebutan pupuk majemuk NPK yang terdiri dari beberapa unsur hara makro, yaitu nitrogen (N), phosphor (P), kalium (K) dan sulfur (S). Hingga saat ini pupuk phonska sudah dikenal luas dan banyak digunakan oleh para petani. Kehadiran pupuk ini sangat membantu para petani, karena harganya yang murah dan mampu meningkatkan hasil produksi pertanian. Pupuk ini banyak digunakan oleh petani padi, karena mampu meningkatkan hasil panen dan kualitas gabah. Tanaman padi yang dipupuk dengan pupuk ini menghasilkan bulir yang lebih berisi.

Pupuk NPK Phonska mulai diproduksi pada awal tahun 2000 dan resmi dipasarkan keseluruh Indonesia pada bulan agustus tahun 2000. Pupuk phonska pertamakali diproduksi oleh sebuah BUMN yang berkonsentrasi dalam memproduksi pupuk dan semen, yaitu PT. Petrokimia Gresik. Pupuk phonska tersedia dalam 2 ukuran kemasan yaitu kemasan 20 kg dan kemasan 50 kg. Pupuk phonska tidak dijual bebas dipasaran, karena ini adalah pupuk bersubsidi yang dijual dengan sistem tertutup. Pupuk phonska hanya bisa didapatkan oleh petani-petani yang tergabung dalam kelompok tani yang sudah terdaftar.

Persentase Kandungan Pupuk Phonska

Nitrogen (N) ; 15%
Phosphat (P) ; 15%
Kalium (K) : 15%
Sulfur (S) ; 10%
Kadar air maksimal : 2%

fungsi dan manfaat pupuk phonska

Pupuk Phonska


Sifat -sifat Pupuk Phonska

– Pupuk phonska berbentuk butiran (granul) berwarna merah jambu / pink
– Bersifat higroskopis sehingga mudah larut dalam air
– Mudah diserap oleh tanaman
– Memiliki kandungan unsur hara yang lengkap

Fungsi dan Manfaat Pupuk Phonska

Baca juga  Pengertian Pupuk, Fungsi dan Jenis Pupuk

Pupuk phonska adalah pupuk majemuk yang terdiri dari beberapa unsur yang dibutuhkan oleh tanaman. Masing-masing dari unsur hara yang terdapat pada pupuk phonska memiliki peran dan fungsi yang berbeda pula. Oleh sebab itu, sebagai pupuk majemuk pupuk phonska memiliki fungsi dan manfaat yang beragam pada tanaman. Berikut ini manfaat pupuk phonska untuk tanaman ;

1. Memacu pertumbuhan vegetatif dan generatif
2. Menguatkan batang tanaman sehingga tidak mudah roboh
3. Memperlancar proses pembentukan gula dan pati
4. Memacu pertumbuhan akar tanaman
5. Membuat tanaman lebih hijau dan sehat
6. Meningkatkan daya tahan tanaman terhadap kekeringan
7. Meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan penyakit
8. Memacu pembentukan bunga dan buah
9. Membantu memperbesar buah, umbi dan biji
10. Meningkatkan kandungan protein

Kelebihan dan Keuntungan Menggunakan Pupuk Phonska

Ada beberapa kelebihan dan keuntungan yang kita peroleh jika menggunakan pupuk phonska, antara lain sebagai berikut ;
1. Merupakan pupuk majemuk yang memiliki kandungan berbagai unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman
2. Bersifat higroskopis, mudah larut dalam air dan mudah diserap oleh tanaman sehingga penggunaannya lebih efesien
3. Cocok untuk berbagai macam jenis tanaman, baik tanaman hias, hortikultura, tanaman pangan maupun tanaman buah
4. Mengandung berbagai macam unsur hara sehingga teknis pemupukan lebih sederhana dan hemat tenaga
5. Mencegah resiko keracunan tanaman karena takaran kandungannya sudah pas, tidak lebih dan tidak kurang
6. Kandungan unsur hara merata pada setiap butir pupuk phonska

Kekurangan Pupuk Phonska

Semua hal yang ada didunia ini selalu memiliki dua sisi yang berbeda, yaitu plus-minus, baik-buruk, kekurangan dan kelebihan. Begitu juga dengan pupuk phonska, ada kelebihannya juga ada kelemahannya atau kekurangannya. Hal ini bukan hanya berlaku pada pupuk phonska saja, semua jenis pupuk juga memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, termasuk juga pupuk organik. Berikut beberapa kekurangan pupuk phonska ;

Baca juga  Fungsi Unsur Fosfor (P) Pada Tanaman

1. Meskipun memiliki banyak manfaat, namun jika penggunaan pupuk phonska tidak terkendali (berlebihan) malah akan membuat kerusakan pada tanah. Penggunaan pupuk ini harus diimbangi dengan pupuk organik, yakni pupuk kandang atau pupuk kompos. Bahan tambahan yang terdapat pada pupuk phonska dapat merusak sifat-sifat tanah dan merusak unsur hara organik yang ada didalam tanah. Oleh sebab itu penggunaannya tidak boleh berlebihan.

2. Penggunaan pupuk phonska yang berlebihan dan terus menerus dalam jangka waktu yang lama akan mengurangi sifat asam tanah sehingga tanah menjadi basa.

3. Jika pupuk phonska digunakan dalam jangka waktu yang lama secara terus menerus tanpa diimbangi dengan pupuk organik akan mengurangi kemampuan tanah dalam menyerap air. Sehingga lama kelamaan tanah menjadi kering dan tandus.

4. Pupuk phonska adalah pupuk bersubsidi yang hanya bisa diperoleh oleh petani yang tergabung dalam kelompok tani dan sudah terdaftar dalam RDKK. Petani yang tidak tergabung dalam kelompok tani akan kesulitan untuk mendapatkan pupuk bersubsidi.

Demikian “tentang pupuk phonska” dan semoga bermanfaat……

Salam mitalom !!!

loading...