PUPUK CANTIK (Pupuk Kalsium Amonium Nitrat), Kandungan Hara dan Manfaatnya untuk Tanaman

Pupuk Nitrogen Plus Calsium – Pupuk Cantik (Pupuk Kalsium Ammonium Nitrat)

10 Manfaat Pupuk Cantik untuk Tanaman dan Cara Menggunakan Pupuk Cantik

Pupuk Cantik

Pupuk dan PemupukanPUPUK CANTIK adalah pupuk majemuk yang mengandung unsur Nitrogen dan Calsium. Pupuk cantik dikenal dengan pupuk kalsium bermutu tinggi yang sudah digunakan di seluruh dunia sejak tahun 1913. Di Indonesia pupuk cantik di suplay oleh PT. BASF, sedangkan produsen pupuk ini adalah Eurochem Antrwerpen NV, Belgia. Kandungan hara yang terdapat dalam Pupuk Cantik cap yaitu Nitrogen (N) 27% yang terdiri atas 13,5 % Nitrogen dalam bentuk Nitrate (NO3-) yang mudah larut dan dapat segera diserap langsung oleh tanaman, serta 13,5 % Nitrogen dalam bentuk Ammonium (NH4+) yang mempunyai aktifitas proses lebih panjang, sehingga mengurangi hilangnya unsur Nitrogen akibat penguapan dan pencucian. Sedangkan kandungan kalsium pada pupuk cantik sebesar 12% dalam bentuk CaO (Calcium Oksida) yang mudah larut dan cepat diserap oleh tanaman. Pupuk Cantik dapat digunakan pada semua jenis tanaman, baik tanaman hortikultura seperti sayuran (cabai, paria, kol, brokoli, wortel, seledri, tomat, terung, dll), tanaman pangan (padi, jagung) maupun tanaman perkebunan seperti kelapa sawit, karet, kopi, kakao dan sebagainya.

Persentase Kandungan Hara Pupuk Cantik

Pupuk Cantik berbentuk butiran (granul) berwarna putih susu, bersifat higroskopis, mudah larut dalam air dan mudah diserap oleh akar tanaman. Kandungan hara pada pupuk cantik yaitu nitrogen (N) dan Kalsium (CaO) dengan rincian sebagai berikut ;

1.    Nitrogen (N) 27%, terdiri dari : Nitrate (NO3-) 13,5% dan Ammonium (NH4+) 13,5%
2.    Kalsium (Ca) 12%, dalam bentuk Kalsium Oksida (CaO)

Pupuk Cantik adalah pupuk Kalsium Amonium Nitrat yang merupakan gabungan dari 70 hingga 80 persen ammonium nitrate dan 20 hingga 30 persen Kalsium Karbonat. Sebagai pupuk, kalsium dan nitrogen merupakan unsur yang berperan sangat penting dalam metabolisme tanaman. Defisiensi kedua unsur ini dapat mengakibatkan tanaman merana, pertumbuhan terhambat, daun menguning, bunga dan buah rontok, produksi kualitas hasil panen rendah. Dengan pupuk cantik petani akan lebih mudah dalam pemupukan tanaman, sebab dalam satu aplikasi tanaman akan memperoleh 2 unsur hara sekaligus, yaitu Nitrogen dan Kalsium.

Nitrogen sangat berperan penting dalam perkembangan daun dan membantu proses fotosintesis, selain itu ia juga membangun klorofil atau zat hijau daun sehingga kapasitas pengolahan makanan oleh tanaman optimal. Nitrogen juga dapat membantu produksi buah, mengapa demikian? karena dengan pemasakan makanan yang optimal oleh daun, maka akan tersedia kelimpahan persediaan makanan yang kemudian disimpan sebagai persediaan dalam bentuk buah.

Baca juga  15 Macam PUPUK KIMIA Terpopuler Yang Sering Digunakan Oleh Petani (Lengkap Dengan Fungsinya)

Sedangkan unsur kalsium adalah nutrisi mikro yang juga memiliki peranan penting terutama untuk pembentukan formasi dan regenerasi sel tanaman, selain itu kalsium juga dapat meningkatkan kualitas buah dan memperpanjang masa simpan buah yang dihasilkan. Hasil panen buah dari tanaman yang kekurangan kalsium akan cepat rusak atau membusuk, sehingga pemberian pupuk kalsium wajib bagi setiap tanaman, terutama tanaman buah. Kalsium juga diketahui memainkan peranan penting dalam pengaturan dan manajemen unsur Nitrogen pada tanaman. Tanpa Kalsium akan terjadi kasus-kasus seperti tanaman enggan berbuah karena terlalu banyak daun, atau ukuran daun tidak proporsional, terlalu besar dan sebagainya, sehingga proses pembuahan terhambat. Hal-hal tersebut mengindikasikan metabolisme pengaturan nitrogen dalam tubuh tanaman tidak teratur.

10 Manfaat dan Peran Pupuk Cantik bagi Tanaman

1).    Menyediakan unsur nitrogen bagi tanaman dengan efek langsung dan tahan lama,
2).    Menyediakan unsur calsium yang mudah larut dan mudah diserap oleh akar tanaman,
3).    Menyuburkan tanah yang bermasalah dengan keasaman,
4).    Mencrgah pecah buah dan memperkeras kulit buah,
5).    Mencegah tanaman terinfeksi jamur patogen,
6).    Meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan berbagai penyakit,
7).    Mencegah busuk buah akibat infeksi jamur,
8).    Meningkatkan dan mempercepat pertumbuhan akar tanaman,
9).    Mencegah bunga dan buah rontok/gugur
10).    Meningkatkan produksi dan kualitas buah

2 Cara Menggunakan Pupuk Cantik

Pupuk cantik dapat diaplikasikan dengan cara ditabur atau dikocor. Dapat digunakan sebagai pupuk dasar maupun pupuk susulan. Pupuk cantik dapat digunakan sebagai pengganti pupuk nitrogen lainnya, seperti ZA atau Urea. Jika sudah menggunakan pupuk cantik tidak perlu lagi menggunakan pupuk nitrogen lain, karena pada pupuk ini sudah terdapat unsur nitrogen plus kalsium.

Baca juga  15 Macam PUPUK KIMIA Terpopuler Yang Sering Digunakan Oleh Petani (Lengkap Dengan Fungsinya)

1).    Untuk pupuk dasar : pupuk cantik ditaburkan merata pada bedengan seperti penaburan pupuk pada umumnya. Kemudian diaduk rata dengan tanah atau bedengan ditutup dengan tanah supaya pupuk tidak menguap atau hanyut bersama air hujan. Penaburan pupuk dasar dilakukan 7 atau 10 hari sebelum penanaman bibit.

2)    Untuk pupuk susulan : untuk aplikasi pupuk susulan, pupuk cantik boleh dikocorkan atau ditaburkan.

>    Dosis disesuaikan dengan umur tanaman, sebagai contoh saya mengocor tanaman gambas umur 10 hari setelah tanam dengan dosis 3 kg pupuk cantik/800 tanaman. 3 kg pupuk cantik dilarutkan dengan 400 liter air kemudian dikocor 500 ml setiap tanaman.
>    Ditaburkan disekeliling batang tanaman, jarak 10 – 15 cm dari batang. Kemudian ditutup dengan tanah. Dosis disesuaikan dengan umur tanaman.

Demikian tentang ” Kandungan Hara dan Manfaat Pupuk Cantik “. Dipasaran pupuk cantik yang pernah saya temui antara lain : Pupuk Cantik Cap Kuda, Cap Kuda Sakti dan Cap Kuda Singa. Pupuk Cantik Cap Kuda (Santani) harga Rp. 355.000/sak kemasan 50 kg. Saya hanya menyampaikan pengalaman dan share informasi tentang pupuk cantik. Semoga bermanfaat….

Salam mitalom !!!

Loading...