Peran Unsur Sulfur (S) Pada Tanaman

Fungsi dan Manfaat Sulfur (S) Pada Tanaman

Pupuk dan Pemupukan – Unsur hara sulfur (S) diperlukan tanaman untuk membantu pembentukan zat hijau daun, penyusunan perotein, dan vitamin. Selain itu, sulfur (S) adalah unsur penyusun senyawa yang lebih kecil seperti feredoksin dan koenzim A yang memiliki peran penting pada proses metabolisme tanaman. Sulfur pada tanaman 90% tersedia dalam bentuk asam amino. Selain diperoleh dari pupuk kandang, unsur hara ini juga bisa diperoleh dari penambahan pupuk buatan ZA, pupuk daun, dan pupuk multi-micro yang mengandung 5,3% sulfur. Jika tanaman kekurangan sulfur, pada daun-daunya akan muncul gejala klorosis (menguning).

Fungsi sulfur

Fungsi dan Manfaat Unsur Hara Sulfur (S) Pada Tanaman


Gejala kekurangan sulfur jelas terlihat pada bagian tanaman yang masih muda, yakni pada pucuk daun. Secara fisik akan terlihat adanya daun muda yang klorosis atau mati. Fungsi unsur sulfur (S) kelihatan menonjol pada tanaman umbi-umbuan. Pada tanaman umbi sulfur (S) berfungsi untuk memperbaiki kualitas umbi, seperti memperbaiki warna, aroma, rasa dan ukuran umbi.

Sedangkan pengaruhnya pada tanaman tebu, sulfur (S) dapat meningkatkan rendemen hasil panen dan meningkatkan kadar gula. Ketersediaan unsur sulfur (S) pada tanaman juga akan meningkatkan kandungan protein dan vitamin serta membuat tanaman lebih hijau.

Secara umum, fungsi unsur sulfur (S) pada tanaman adalah sebagai berikut :

1. Membantu proses pembentukan asam amino,
2. Membantu pertumbuhan tunas,
3. Merangsang pembentukan bintil akar tanaman,
4. Merangsang pertumbuhan anakan pada tanaman padi,
5. Berperan dalam pembentukan klorofil,
6. Meningkatkan kekebalan (resistensi) tanaman terhadap cendawan patogen,
7. Pada beberapa jenis tanaman sulfur berfungsi membentuk senyawa minyak yang menghasilkan aroma,
8. Pada tanaman pepaya berperan sebagai aktifator enzim pembentuk zat papain.

Sumber unsur hara sulfur (S) dapat diperoleh pada sisa-sisa tanaman dan jasad renik yang telah lapuk, belerang, mineral magnesium sulfat, produk pupuk Paten Kali, Kapur Gypsum, ZA, NPK Phonska dan lain-lain.
Semoga bermanfaat…

Baca juga  Fungsi Pupuk NPK 16-16-16

Salam mitalom !!!

Loading...