Pengertian Unsur Hara

Apa Itu Unsur Hara ?

Artikel – Apa yang dimaksud dengan unsur hara?
Unsur hara adalah sumber nutrisi atau makanan yang dibutuhkan tanaman, baik itu unsur hara yang tersedia di alam (organik) maupun yang sengaja ditambahkan. Seperti halnya makhluk hidup lainnya, tanaman memerlukan nutrisi lengkap dalam kelangsungan pertumbuhannya. Ketersediaan unsur hara sangat menentukan kualitas tanaman, yang meliputi pertumbuhan, perkembangan dan produktifitas tanaman. Sebenarnya unsur hara sudah tersedia di alam, baik diudara maupun pada tanah sebagai media tanam. Namun terkadang ketersediaan unsur hara tersebut tidak mencukupi dan tidak mampu memenuhi kebutuhan tanaman. Karena itu diperlukan pemberian unsur hara tambahan.

pengertian unsur hara

Tanaman Memerlukan Unsur Hara Dalam Pertumbuhannya


Setidaknya ada 16 jenis unsur hara yang dibutuhkan tanaman untuk menunjang pertumbuhannya. Tiga diantaranya sudah tersedia diudara dan air, yaitu Oksigen (O2), Hidrogen (H), dan Karbon (C). Secara garis besar, unsur hara di bedakan menjadi 2 jenis yaitu ; Unsur Hara Makro dan Unsur Hara Mikro.

1. Unsur Hara Makro

Unsur hara makro merupakan sumber makanan pokok bagi tanaman, yang ketersediaannya dibutuhkan dengan jumlah yang banyak. Sumber unsur hara makro banyak tersedia dalam bahan-bahan organik maupun pupuk kimia. Sumber unsur hara organik misalnya sisa-sisa pelapukan bahan organik/kompos, pupuk kandang atau kotoran hewan dan sisa-sisa mahkluk hidup. Yang tergolong unsur hara makro adalah sebagai berikut :

Unsur hara primer :
– Nitrogen (N)
– Fosfor (P)
– Kalium (K)

Unsur hara skunder :
– Kalsium (Ca)
– Sulfur (S) dan
– Magnesium (Mg)

2. Unsur Hara Mikro

Unsur hara mikro adalah unsur hara yang diperlukan tanaman dengan jumlah yang sedikit. Namun demikian unsur hara mikro sangat diperlukan. Jika tanaman kekurangan salah satu unsur hara maka pertumbuhannya tidak akan optimal. Yang tergolong unsur hara mikro antara lain ;

Baca juga  Manfaat Air Got dan Comberan Sebagai Pupuk Tanaman

– Molibdenum (Mo)
– Seng (Zn)
– Boron (Bo)
– Aluminium (Al)
– Mangan (Mn)
– Tembaga (Cu)
– Besi (Fe)

Sumber unsur hara mikro diperoleh dari bahan organik yang ada didalam tanah dan pupuk buatan yang sering disebut dengan pupuk daun.
Demikian tentang pengertian unsur hara. Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

loading...
Loading...