Pakcoy Hidroponik Sistem NFT

Hidroponik NFT System

Hidroponik – Yuk belajar menanam pakcoy dengan sistem hidroponik. Hidroponik yang berarti menanam tanpa menggunakan tanah ini memiliki berbagai macam sistem dalam aplikasinya, salah satunya adalah NFT (nutrient film technique) System. NFT System dalam bahasa sederhananya adalah “teknik pemberian nutrisi yang dialirkan tipis secara terus-menerus langsung pada akar tanaman“. Hidroponik sistem NFT membutuhkan aliran listrik yang stabil, pompa, gully, pipa dan selang. Mari kita coba sistem NFT ini dengan menanam pakcoy. Pakcoy menjadi pilihan karena mudah ditanam, mudah tumbuh, perawatan tidak rumit dan cepat panen.

Cara Menaman Hidroponik

Pakcoy Hidroponik NFT Sistem (Foto by : Lili Rizwan Zailani)


Alat dan Bahan

1. Talang air / Talang PVC
2. Pompa akuarium
3. Rockwoll
4. Tandon nutrisi (boleh ember, styrofoam atau apa saja)
5. Pipa 3/4 inch.
6. Selang 5 ml secukupnya.
7. Benih pakcoy, nutrisi, air

Langkah – Langkah Menanam Pakcoy Hidroponik Sistem NFT

1. Menyiapkan Bibit Pakcoy

Hidroponik NFT Sistem

Gambar 1 : Menyemai Benih Pakcoy


Pada sistem ini media tanam yang cocok adalah rockwoll, potong rockwoll berbentuk kubus dengan ukuran 4 x 4 x 4 cm. Semai benih pakcoy pada rockwoll tersebut, dengan cara meletakkan benih pada rockwoll yang sebelumnya telah diberi lubang. Letakkan rockwoll pada wadah/nampan, kemudian isi wadah dengan nutrisi ab mix. Tutup dengan plastik hitam agar benih cepat berkecambah dan letakkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Ketika bibit sudah berdaun 4 – 5, bibit siap dipindah tanam ke gully (instalasi NFT). Lihat gambar 1.

2. Membuat Instalasi NFT

Cara Membuat Instalasi Sistem NFT

Gambar 2 : Instalasi NFT System (Foto by : Mochlasyn)


Sambil menunggu benih tumbuh, siapkan instalasi NFTnya. Talang pvc yang berbentuk U ditutup bagian atasnya, bisa menggunakan styrofoam atau bahan lain. Buat lubang pada styrofoam berbentuk bulat dengan diameter 8 atau 10 cm (disesuaikan dengan ukuran media semai). Letakkan talang pvc pada rak yang dibuat sedikit miring, sudut kemiringan bisa anda atur sendiri (-/+ 5 derajat).

Baca juga  Tutorial Lengkap Cara Menanam SELADA HIDROPONIK Sistem Sumbu Sederhana

Tandon nutrisi diletakkan dibawah rak dan pompa air diletakkan didalam tandon dengan posisi selalu terendam agar tidak panas dan tidak mudah rusak. Pasang pipa buang dari pompa menuju gully pada ujung yang lebih tinggi. Pada ujung gully yang lebih rendah dihubungkan langsung ke tandon, agar nutrisi kembali mengalir langsung ke dalam tandon. Lihat gambar 2.

3. Menanam Bibit Pakcoy

Hidroponik NFT Sistem

Gambar 3 : Menanam Bibit Pakcoy (Foto by : Lili Rizwan Zailani)


Jika bibit pakcoy sudah berdaun 4 atau 5, bibit bisa dipindah tanam ke dalam gully. Bibit dipindah tanam bersamaan dengan media semainya. Letakkan bibit pakcoy pada lubang gully yang telah dibuat. Isi tandon dengan larutan nutrisi ab mix, kemudian hubungkan pompa dengan listrik agar nutrisi bisa mengalir secara terus menerus. Lihat gambar 3.

4. Perawatan dan Pemeliharaan

Perawatan dan pemeliharaan tanaman pakcoy hidroponik sistem NFT cukup mudah dan tidak ribet. Anda hanya perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini ;

– Selalu mengontrol tandon nutrisi dan tambahkan nutrisi jika berkurang,
– Menjaga agar posisi pompa selalu terendam air,
– Menaikkan ppm nutrisi sesuai dengan kebutuhan dan usia tanaman.

5. Hama dan Penyakit

Untuk skala hoby, cara mengendalikan hama dan penyakit yang paling tepat adalah kultur teknis, yaitu memungut langsung hama dan memusnahkannya. Serta segera membuang tanaman yang terindikasi terserang penyakit agar tidak menular ketanaman lainnya. Sebisa mungkin hindari penggunaan pestisida kimia, agar tanaman yang dihasilkan aman dikonsumsi dan sehat.

Baca juga : Tabel PPM dan pH Nutrisi Sayuran Daun

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum anda memutuskan untuk mencoba hidroponik sistem NFT ini. Yang pertama adalah memastikan aliran listrik dirumah anda cukup stabil, tidak pernah atau jarang sekali mati. Karena jika listrik mati, tanaman bisa mati kekeringan sebab nutrisi tidak bisa menjangkau tanaman. Yang kedua adalah modal, modal untuk membuat instalasi NFT sistem lebih mahal daripada wick sistem. Anda harus yakin dengan modal yang akan anda keluarkan untuk hobi anda. Demikian tentang cara menanam pakcoy hidroponik NFT System, semoga bermanfaat….

Baca juga  Jenis-Jenis Tanaman Yang Bisa Di Tanam Secara Hidroponik

Salam mitalom !!!

Loading...