Nutrisi Hidroponik Tidak Harus AB Mix

Pupuk NPK 16-16-16 Sebagai Alternatif Nutrisi Hidroponik

Hidroponik – Jika berbicara tentang hidroponik,tentu yang terlintas dipikiran kita adalah nutrisi AB Mix. Menanam dengan sistem hidroponik memang tidak bisa lepas dari peran nutrisi yang disebut AB Mix. AB Mix yang diformulasi khusus untuk menanam dengan sistem hidroponik. Di kota – kota besar hidroponik sudah membudaya dan menjadi tren berkebun secara modern. Banyak pekebun konvensional beralih ke sistem hidroponik dengan berbagai alasan dan pertimbangan. Tidak sedikit juga pehoby baru yang sekedar mengikuti tren atau penasaran dan ingin mencobanya. Komunitas penggemar hidroponikpun semakin menjamur dan bermunculan dimana-mana. Hal itu menjadi peluang bisnis bagi penggemar hidroponik maupun yang hanya sekedar memanfaatkan situasi untuk ambil bagian dalam penyediaan pernak-pernik untuk berhidroponik. Sehingga bagi yang ingin belajar hidroponik tidak kesulitan untuk mendapatkan segala perlengkapan yang dibutuhkan, termasuk nutrisi AB Mix.

Alternatif Nutrisi Hidroponik

Pupuk NPK 16-16-16 Sebagai Nutrisi Hidroponik

Sebaliknya, bagi yang tinggal di kampung seperti saya kesulitan untuk mendapatkan perlengkapan hidroponik. Di kampung saya tidak ada yang kenal hidroponik. Bahkan mendengar pun mungkin nggak pernah. Ketika pertamakali saya mendengar tentang hidroponik, saya penasaran dan ingin mencobanya. Sejak saat itu saya terus mencari informasi tentang seluk beluk hidroponik. Akan tetapi semakin banyak saya membaca artikel tentang hidroponik, seakan semakin pupus keinginan saya untuk mencoba berhidroponik. Karena dari belasan artikel yang saya baca, 100% menyebutkan bahwa nutrisi hidroponik itu harus AB Mix. Tidak ada satupun artikel yang menyebutkan tentang nutrisi alternatif yang bisa digunakan.

Apakah nutrisi hidroponik itu harus AB Mix?

Saya rasa tidak, nutrisi hidroponik tidak harus AB Mix. Cukup lama saya lupakan keinginan untuk belajar hidroponik, namun suatu ketika terlintas dipikiran untuk mempelajari lebih jauh tentang AB Mix. Ternyata yang membedakan nutrisi AB Mix dengan nutrisi atau pupuk konvensional adalah sifat kelarutannya. Syarat nutrisi untuk hidroponik adalah memiliki sifat kelarutan 100% dalam air, tidak meninggalkan endapan dan mengandung unsur hara lengkap. Nah, bukankah pupuk konvensional banyak yang mudah larut dalam air? pupuk NPK 16-16-16 misalnya. Saya memutuskan untuk menggunakan pupuk NPK 16-16-16 dalam percobaan saya. Lalu saya mulai mengumpulkan perlengkapan-perlengkapan yang dibutuhkan, seperti jerigen bekas, cup bekas, sekam bakar, benih kangkung dan kain flanel.

Baca juga  Jenis-Jenis Tanaman Yang Bisa Di Tanam Secara Hidroponik

Karena masih sangat awam, saya memilih untuk mencoba sistem hidroponik yang paling sederhana, yakni sistem wick. Dan saya memilih kangkung untuk berhidroponik, karena menurut saya kangkung merupakan tanaman yang mudah tumbuh, perawatanya tidak rumit dan usianya pendek. Setelah semua perlengkapan saya anggap cukup, saya mulai menanam kangkung hidroponik. Tiga hari kemudian kangkung mulai berkecambah. Hati semakin gembira ketika kangkung hidroponik saya bisa tumbuh dengan baik. Semakin hari semakin tinggi dan subur, dan saat usianya 25 hari kangkung sudah bisa dipanen. Foto yang saya sertakan ini saya ambil sesaat sebelum kangkung itu saya tumis (Lihat Gambar).

Alternatif Nutrisi Hidroponik

Pupuk NPK 16-16-16 Sebagai Alternatif Nutrisi Hidroponik


Nutrisi Hidroponik Tidak Harus AB Mix

Dari percobaan saya tersebut, saya berpendapat bahwa pupuk NPK 16-16-16 bisa dijadikan alternatif nutrisi hidroponik. Walaupun hasilnya tidak semaksimal menggunakan AB Mix, namun untuk pemula seperti saya itu sudah lumayan. Nutrisi AB Mix memiliki kandungan unsur hara yang lengkap, sementara NPK 16-16-16 tidak selengkap nutrisi AB Mix. Kandungan unsur hara NPK 16-16-16 hanya Nitrogen (N), Phosphat (P), Kalium (K), Calsium (Ca) dan Magnesium (Mg). Pupuk NPK 16-16-16 juga akan meninggalkan endapan jika dilarutkan, namun saya pikir itu tidak menjadi masalah karena kangkung hidroponik saya tetap bisa tumbuh dengan subur. Untuk melengkapi kebutuhan unsur hara, saya semprotkan juga pupuk daun setiap 1 minggu sekali. Untuk membuat larutannya, saya gunakan 1 sendok makan NPK 16-16-16 untuk 5 liter air. Begitu seterusnya sampai panen, saya tidak menambah atau mengurangi dosis. Hanya larutan nutrisi yang saya jaga agar tidak sampai kering.

Bagaimana, anda tertarik untuk mencoba? silahkan…
Perlu diingat, ini hanya alternatif jika anda ingin mencoba hidroponik tapi kesulitan untuk mendapatkan nutrisi AB Mix. Di saat kepepet, apapun bisa digunakan walaupun hasilnya tidak maksimal. Tapi setidaknya bisa untuk mewujudkan keinginan dan untuk pembelajaran. Tidak ada salahnya untuk mencoba, bahkan saya akan mencoba untuk tanaman lainnya yang lebih rumit perawatannya. Pupuk NPK 16-16-16 bisa dijadikan alternatif untuk belajar hidroponik, walaupun hasilnya tidak sebaik nutrisi AB Mix. Nutrisi AB Mix memang nutrisi yang terbaik, karena mengandung unsur hara yang lengkap, larut dalam air, tidak menimbulkan endapan dan memang dibuat khusus untuk sistem hidroponik. Semoga bermanfaat…
Baca juga : Kangkung Hidroponik Tanpa AB Mix

Baca juga  Membuat Vertikultur Pipa Paralon

Salam mitalom !!!

Loading...