Model Lanjaran TALI PLASTIK dan BENANG untuk Tanaman GAMBAS (Oyong)

Cara Praktis Membuat LANJARAN GAMBAS (Oyong) Menggunakn TALI PLASTIK dan Benang

10 Cara Membuat Lanjaran Tali Plastik untuk Gambas

Lanjaran GAMBAS menggunakan tali plastik dan benang

Info Praktis – Bahan yang digunakan untuk membuat lanjaran umumnya adalah kayu dan bambu dan dikombinasikan dengan tali. Dan ada juga yang seluruhnya menggunakan kayu atau bambu.

Tetapi pada saat ini kayu dan bambu sudah sulit didapatkan, maka untuk mengantisipasi hal tersebut diperlukan inovasi dengan menggunakan bahan lain yang mudah didapat dan murah harganya.

Model lanjaran yang saya buat ini bukan berarti tidak menggunakan kayu atau bambu sama sekali. Kayu atau bambu masih tetap saya gunakan, hanya saja jumlahnya lebih sedikit dari pada model lanjaran pada umumnya.

Kayu atau bambu masih tetap digunakan, yaitu sebagai tiang dimana tali plastik akan dipasang. Tiang kayu/bambu dipasang setiap 2,5 atau 3 meter, selanjutnya dipasang tali plastik dan benang sebagai tempat merambat tanaman gambas.

Model lanjaran tali plastik dan benang ini menurut saya sangat praktis, cepat pembuatannya dan biayanya murah. Saya sudah menggunakan model lanjaran seperti ini sejak lama untuk berbagai tanaman merambat, seperti mentimun, buncis, kacang panjang, pare/paria dan gambas/oyong.

Berikut ini tutorial tahap demi tahap cara membuat lanjaran tali plastik dan benang untuk tanaman gambas :

10 Tahapan Membuat Lanjaran TALI PLASTIK untuk Tanaman OYONG (Gambas)

1. Siapkan kayu/bambu sesuai dengan kebutuhan. Kayu atau bambu digunakan sebagai tiang lanjaran.

2. Siapkan tali plastik, benang obras dan penggulung benang.

3. Pasang lanjaran kayu/bambu dengan jarak 2,5 meter atau 3 meter. (Gambar 1)

Model Lanjaran Tanaman Gambas

Gambar 1

4. Setiap lanjaran yang berada diujung bedengan dipasang penopang supaya kuat.

5. Pasang tali plastik 3 baris, yaitu bawah tengah dan atas. Jika mau awet dan tahan lama, tali plastik dipilin terlebih dahulu. (Gambar 2)

Membuat Lanjaran PLASTIK TALI untuk Tanaman Oyong

Gambar 2

6. Dibagian atas antara tiang lanjaran dipasang kayu/bambu melintang. (Gambar 3)

Cara Mudah Membuat Lanjaran Gambas

Gambar 3

7. Pasang benang obras pada tali plastik tersebut secara zig-zag. Supaya mudah dan cepat dalam memasang benang sebaiknya digunakan penggulung benang. Penggulung benang bisa dibuat sendiri soalnya tidak ada yang menjual, hehehe..(Gambar 4)

Model Lanjaran Tali dan Benang untuk Oyong

Gambar 4

8. Pasang tali plastik dibagian atas/para-para, 2 atau 1 baris.

Baca juga  Budidaya Kacang Panjang

9. Kemudian dipasang benang zig-zag seperti pada pemasangan benang samping. (Gambar 4)

Cara Memasang Lanjaran Tali untuk Tanaman Gambas

Gambar 4

10. Yang terakhir adalah merambatkan tanaman gambas pada lanjaran benang yang telah dibuat.

Ada banyak sekali “Model LANJARAN GAMBAS Menggunakan Bahan TALI PASTIK” yang telah dibuat, bentuk dan bahanya sesuai dengan kebiasaan dan keahlian masing-masing petani.

Ada yang membuat lanjaran gambas tanpa para-para (hanya tiang tanpa atap) seperti model lanjaran mentimun atau kacang panjang. Tapi model lanjaran seperti itu menurut saya tidak cocok untuk tanaman gambas dan sejenisnya.

Tanaman gambas/oyong memiliki batang yang sangat panjang dan cabang yang banyak, batang tanaman gambas bisa mencapai panjang 4-5 meter bahkan lebih (diukur dari pangkal batang sampai ke pucuk tanaman).

Sehingga diperlukan tempat yang luas sebagai tempat merambatnya, jika batang, cabang dan ranting gambas merambat secara bertumpul-tumpuk karena tempatnya yang sempit sudah dapat dipastikan tidak akan mampu berbuah dengan maksimal.

Bahan yang digunakan untuk membuat lanjaran juga bermacam-macam, saya pribadi selalu menggunakan tali plastik dan benang obras untuk membuat lanjaran berbagai jenis tanaman merambat.

Sampai saat ini lanjaran tali plastik dan benang adalah lanjaran yang menurut saya paling praktis, mudah dibuat, dan biayanya murah.

Demikian “10 Tahap Cara Membuat LANJARAN TALI PLASTIK dan BENANG untuk Gambas (Oyong)“. Semoga bermanfaat….

Salam mitalom !!!

Lihat video tutorial membuat lanjaran gambas disini :

Loading...