Mengendalikan Lalat Buah Dengan Jus Timun

Cara Alami Mengatasi Lalat Buah

Hama & Penyakit – Salah satu hama tanaman yang tidak suka memakan buah tapi menimbulkan kerusakan pada buah adalah lalat buah. Lalat buah (Bactrocera sp.) dewasa tidak pernah memakan buah-buahan, tetapi ketika lalat buah tersebut masih berbentuk larva mereka sangat rakus. Lalat buah betina merusak dengan cara menyimpan telur didalam buah yang kemudian akan menetas menjadi larva dan menggerogoti buah-buahan dari dalam. Akibat dari ulah hama ini buah akan menguning, bengkok, membusuk dan rontok. Hal ini tentu saja sangat merugikan petani maupun para pehobi tanaman buah. Serangan lalat buah yang tidak terkendali akan menurunkan kualitas dan kuantitas hasil panen. Cara mengendalikannya sebenarnya tidaklah terlalu sulit, anda bisa menyemprotkan insektisida kimia ke tanaman. Akan tetapi penggunaan insektisida kimia akan berdampak buruk bagi lingkungan dan manusia.

Perangkap Lalat Buah

Gambar 1 : membuat perangkap lalat buah dengan jus timun

Nah, jika anda ingin tanaman anda terbebas dari residu bahan kimia, anda bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk mengendalikan lalat buah. Banyak sekali bahan alami yang bisa anda gunakan untuk mengendalikan hama lalat buah dan tentu saja mudah didapatkan karena banyak tersedia disekitar kita. Anda bisa menggunakan pisang matang, jeruk nipis, daun wangi, bunga cengkeh, buah mentimun dan lain sebagainya. Mengendalikan lalat buah dengan pisang dan jeruk nipis sudah dibahas pada postingan sebelumnya, kali ini kita akan membahas tentang buah mentimun. Buah mentimun yang tidak bagus atau tidak layak jual bisa anda manfaatkan untuk mengendalikan lalat buah. Bagaimana caranya ?

Cara Mengendalikan lalat Buah Dengan Jus Timun

Perangkap Lalat Buah

Gambar 2 : Buah timun

Alat dan Bahan Membuat Perangkap Lalat Buah

1. Buah timun
2. Botol bekas
3. Nematisida (furadan, curater, petrofur atau kumbokarno)
4. Pisau
5. Kawat

Baca juga  Tips Berkebun, Cara Praktis Kendalikan Lalat Buah

Cara Membuat Perangkap Lalat Buah

Perangkap Lalat Buah

Gambar 3 : Perangkap lalat buah dengan jus timun

1. Satu buah timun yang tidak layak jual dilumatkan seperti membuat jus
2. Campurkan 1 sendok teh nematisida
3. Botol bekas dilubangi disisi kiri dan kanan menggunakan pisau (lihat gambar 3)
4. Buat pengait menggunakan kawat pada mulut botol
5. Masukkan jus timun kedalam botol
6. Gantung botol jus timun tersebut pada tanaman, buat perangkap sebanyak 4 atau 5 buah pada luasan 400 m2 lahan

Baca juga : Pestisida Nabati Untuk Mengendalikan Lalat Buah

Cara kerja perangkap tersebut cukup sederhana, yaitu lalat buah akan mendekat dan hinggap pada jus beracun tersebut, kemudian mereka akan mati keracunan. Cara tersebut walaupun menggunakan pestisida kimia tetapi aman, karena tanaman dan buah sama sekali tidak kontak dengan pestisida. Yang anda harus perhatikan adalah mengganti jus timun setiap 3 atau 4 hari. Karena lalat buah tidak akan tertarik untuk mendekati jus timun yang sudah membusuk. Silahkan anda coba dan buktikan hasilnya, semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

Loading...