Mengendalikan Hama Tanaman Anggur

Hama Tanaman Anggur

Hama dan Penyakit – Beberapa jenis hama yang sering menyerang tanaman anggur antara lain ulat grayak, tungau merah, kumbang daun, ngengat, kutu phylloxera, rayap, ulat kantong, tikus, kelelawar, dan burung. Pengendalian dapat dilakukan secara teknis maupun dengan insektisida kimia. Berikut cara mengendalikan hama pada tanaman anggur.

Cara Mengendalikan Hama Tanaman Anggur

Mencegah hama dengan membungkus buah anggur


1. Ulat Grayak

Ulat grayak (Spodoptera sp) menyerang daun tanaman anggur sehingga menyebabkan daun berlubang dan pertumbuhan tanaman terhambat. Biasanya ulat grayak menyerang secara berkelompok dengan jumlah banyak. Pada serangan parah menyebabkan tanaman anggur kerdil bahkan mati karena ulat grayak hanya menyisakan tulang daun dan batang tanaman.

Pengendalian :
– Menjaga kebersihan kebun,
– Memangkas daun dan cabang agar tidak terlalu rimbun,
– Penyemprotan insektisida regent, metomil, metindo atau lannate

2. Kutu Phylloxera

Kutu Phylloxera (Phylloxera vitifoliae) biasanya menyerang akar dan daun tanaman anggur. Serangan dilakukan dengan cara menghisap cairan akar dan daun. Sehingga menyebabkan bintil-bintil kecil pada daun dan akar membengkak seperti kutil. Akibat serangan kutu ini pertumbuhan tanaman terhambat, kerdil, bahkan layu dan produktifitas menurun.

Pengendalian :
– Sanitasi yang baik,
– Menjaga kebersihan kebun,
– Memangkas dan memusnahkan bagian tanaman yang terserang,
– Penyemprotan insektisida demolish, alfamex, agrimec, bamex atau numectin,
– Pada akar bisa ditaburkan nematisida seperti curater, petrofur, furadan atau pentakur.

3. Ngengat Buah Anggur

Ngengat buah anggur (Paralobesia viteana atau Grape Berry Moth), serangan dilakukan oleh larva yang menyerang bunga dan buah anggur. Serangan hama ini menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan buah tidak normal.

Pengendalian :
– Sanitasi yang baik,
– Menjaga kebersihan kebun,
– Penyemprotan insektisida abamectin seperti bamex, alfamec, numectin, demolish atau agrimec.

Baca juga  Mengendalikan Penyakit Tanaman Anggur (Page 1)

4. Rayap

Rayap menyerang bagian perakaran tanaman anggur hingga batang tanaman. Pengendalian dilakukan dengan menaburkan nematisida seperti curater, pentakur, petrofur atau furadan. Serangan pada batang dilakukan penyemprotan dengan nematisida tersebut yang dilarutkan dengan air.

5. Tungau Merah

Hama tungau merah (Tetranycus sp.) menyerang daun tanaman anggur dengan cara menghisap cairan daun. Hama ini menyebabkan terjadinya bercak-bercak kuning pada daun yang kemudian berubah hitam. Menyebabkan tanaman anggur menjadi kerdil dan produktifitas menurun.

Pengendalian :
– Penyemprotan dengan insektisida berbahan aktif abamectin (numectin, alfamec, agrimec, demolish atau bamec)

6. Kumbang Daun

Hama kumbang daun (Apogonia destructor) adalah hama yang menyerang daun tanaman anggur. Kumbang daun menyerang dengan cara merusak dan memakan daun tanaman anggur sehingga menyebabkan daun berlubang.

Pengendalian:
– Penyemprotan dengan insektisida metindo, regent atau curacron.

7. Ulat Kantong

Ulat kantong (mahasena corbetti) memakan dan merusak daun tanaman anggur. Pengendalian dilakukan dengan cara penyemprotan insektisida regent, metindo atau curacron.

8. Tikus, Burung, Tupai dan Kelelawar

Empat jenis hama tersebut merusak buah anggur dengan cara memakannya. Pemgendalian dilakukan dengan cara menjaga kebersihan kebun, memasang perangkap dan membungkus buah anggur.

Demikian jenis-jenis hama yang biasanya menyerang tanaman anggur serta cara pengendaliannya. Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

loading...