Membuat Pestisida Nabati Untuk Mengendalikan Lalat Buah

Mengusir Lalat Buah Dengan Jeruk Nipis

Tips Berkebun – Apa itu lalat buah ? Lalat buah merupakan serangga kecil bersayap, berwarna kuning dengan garis-garis hitam menyerupai tawon. Serangga ini adalah hama tanaman buah yang menjadi musuh paling dibenci oleh pehobi tanaman buah maupun petani. Lalat buah memang tidak menyukai buah-buahan karena mereka memang tidak memakan buah. Tetapi ia suka mendekati dan hinggap pada buah-buahan. Akibatnya buah-buahan yang dikunjunginya akan menguning, berlubang, membusuk dan akhirnya rontok. Kok bisa, kan lalat buah tidak memakannya ? Ya,,,tapi lalat buah hanya menitipkan sesuatu pada buah yang disinggahinya. Titipan tersebut adalah telur-telur mereka yang disuntikkan kedalam buah untuk disimpan kemudian menetas menjadi larva. Larva – larva lalat buah inilah yang menjadi penyebab membusuknya buah-buahan.

Cara Membuat Pestisida Nabati Untuk Lalat Buah

Bahan-bahan pestisida nabati untuk lalat buah


Bagaimana cara mengendalikannya ? Banyak cara untuk mengendalikan lalat buah, misalnya dengan penyemprotan insektisida kimia, membuat perangkap atau menggunakan pestisida nabati. Bagi anda para pehobi tanaman, baik tanaman sayuran buah maupun tabulampot coba praktekkan cara berikut ini. Lalat buah bisa dikendalikan dengan pestisida nabati yang berbahan dasar jeruk nipis. Jeruk nipis ternyata bisa digunakan sebagai penghalau lalat buah. Aroma khas jeruk nipis tidak disukai oleh lalat buah, mereka enggan mendekati tanaman yang telah disemprot dengan pestisida nabati jeruk nipis.

Berikut langkah-langkah membuat pestisida nabati untuk mengendalikan lalat buah ;

Alat dan Bahan

1. Jeruk nipis 5 buah
2. Daun jeruk nipis 20 lembar
3. EM4 25 – 50 ml
4. Gula pasir 3 sendok makan
5. Air bersih 4 liter
6. Jerigen ukuran 5 liter atau wadah berpenutup lainnya

Cara Membuat

1. Jeruk nipis yang telah dikupas dan daunnya diblender hingga halus
2. Larutkan gula pasir dengan air
3. Campur semua bahan dan diaduk hingga tercampur rata
4. Masukkan kedalam jerigen dan tutup rapat
5. Simpan pada tempat yang terlindung dari sinar matahari. Biarkan selama kurang lebih 7 – 10 hari

Baca juga  Mengendalikan Penyakit Busuk Basah Buah Cabai

Baca juga :
Mengendalikan Lalat Buah Dengan Jus Timun
Cara Membuat Perangkap Lalat Buah Dengan Pisang

Cara Menggunakan Pestisida Nabati Jeruk Nipis

Setelah difermentasikan selama 7 atau 10 hari, pestisida nabati jeruk nipis sudah jadi dan siap untuk digunakan. Gunakan 30 – 50 ml pestisida nabati jeruk nipis untuk 1 liter air dan semprotkan ketanaman. Penyemprotan sebaiknya dilakukan pada saat hama lalat buah aktif, yaitu pada pagi atau sore hari. Ulangi penyemprotan setiap 2 hari sekali. Demikian cara mengendalikan lalat buah dengan jeruk nipis, semoga bermanfaat…..

Salam mitalom !!!

loading...
Loading...