Manfaat Runtuhan Tembok Untuk Menyuburkan Tanaman

Yang Belum Banyak Diketahui Tentang Runtuhan Tembok

Artikel – (Diana Rizani Yuwana) Tahukah anda bahwa puing-puing bangunan yg tersusun atas pasir dan semen yg mengeras itu bisa menyediakan beberapa UNSUR bagi akar tanaman anda ??? Katanya hanya mitos ? Katanya hanya isapan jempol ya??? Yuk kita jabarkan apa itu semen apa itu pasir , teorinya memang rumit tapi prakteknya tidak ribet, simpel dan efisien. Kadang kalau kita berpikir logis semen itu sifatnya mengeraskan, dan itu memang benar adanya. Eittt…. tapi ingat satu hal, zat aktif yang digunakan pada campuran semen hanya bisa bereaksi 1 kali dan tak mungkin mengeras lagi.

manfaat runtuhan tembok bagi tanaman

Gambar 1


Tau nggak bahan baku semen itu apa ?
Dari beberapa literatur yang saya baca di internet, bahan utama semen adalah batuan kapur. Namun tidak semua jenis batuan kapur bisa dijadikan bahan baku pembuatan semen. Hanya batuan kapur jenis “lime stone” lah yang bisa dijadikan bahan baku utama pembuatan semen. Tau nggak bahwa batuan kapur berupa “lime stone” itu sumber oksida dalam mengkonversi golongan fhosfat , yang umumny tercampur magnesium oksida , dan magnesium sulfat ?

Satu pertanyaan lagi, Kenapa semen bisa mengeras???
Jawabannya karena pabrikan punya zat aktif sendiri dengan mencampur pasir berkadar silika dan zat aktif berupa damdex dan sebagainya yang fungsinya mengikat. Bahan aktif damdex tersebut hanya bisa bereaksi 1x dengan air , dan kenapa para pekerja bangunan selalu mengaduk dengan pasir bukan dengan tanah ? Karna pasir memiliki kadar silika tinggi dan berfungsi mengikat partikel-partikel lain .Semakin besar kadar silika dan besi oksida ( pada pasir ) maka semakin kuat daya ikat zat aktif tersebut.

Ketika paska pengikatan atau tepatnya tembok ditandai dengan retak atau runtuh maka kadar zat aktifnya berangsur-angsur hilang dan tidak bisa bereaksi lagi. Kalau kita mau menjabarkan , berupa kandunganya yang telah teroksida ( artinya melepaskan ) maka di dalam tanah beserta mineral dalam tanah maka sebaliknya, akan terjadi proses reduksi artinya pengikatan karena limstone adalah sumber oksida dan silika adalah sumber pengikat. Sbenernya konsep ini rumit dijabarkan , tapi kita bertanya-tanya apa sih kegunan semen keras yang dibubukkan ini bila di campur dengan tanah ?

Pupuk Alternatif Dari Puing Tembok

Gambar 2


Berikut ini beberapa peran dan manfaat runtuhan tembok bagi tanah dan tanaman :

Baca juga  Jangan Buang 8 Jenis Limbah Ini, Jika Ingin Tanaman Anda Subur

1. Menyediakan unsur kalsium karbonat (karena kapur dan lime stone kaya kalsium dan masih ke dalam golongan ortofhosfat)

2. Menyediakan unsur silika yang artinya bersifat mengikat mineral dalam tanah, dan ini bisa di katakan mineralisasi ( bila media anda kaya nitrogen maka ketersedian nitrogen bagi tanaman dalam jangka panjang akan terpenuhi , serta bisa bereaksi cepat dengan golongan ortofhosfat dalam tanah)

3 . Menyediakan unsur besi Oksida Fe3 , ketika bereaksi dengan oksigen dan hidrogen maka membentuk rumus fe3(o4) sedang yang diserap tanaman dalam bentuk fe3+ dan fe2+ karena terlibat dalam reaksi redoks ( oksidasi dan reduksi ) .Ion besi penting bagi pembentukan klorofil, zat karbohidrat, lemak, protein dan enzim. Akan tetapi meskipun Fe tidak menjadi komponen zat klorofil, namun berperan sebagai katalisator pada sintesa polisakarida.

4. Magnesium sulfat terlibat dlm proses reduksi , karena masuk dalam bentuk mineral sulfat .Yang bisa diserap tanaman dari proses redoks magnesium sulfat ialah ;
-ion sulfat dalam bentuk hidrogen fhosfat
-ion sulfur
-anion oksida
-ion mg++

Dan fungsi keseluruhan magnesium sulfat adalah menarik ( mereduksi ) senyawa fhosfat organik dalam tanah dan m enghasilkan enzim pyrophosfat organik serta merespon anakan buah secara keselurhan.Next .. tak ayal tanaman yg tumbuh di pinggir tembok itu batangnya gede – gede , atau daunya lebar-lebar. Atau anda lihat tanaman besar ketika akarnya berhadapan dengan tembok rumah anda , tak ayal tembok anda yg kalah karna 80% zatnya di serap akar dan menguras silika dalam jumlah besar. Semakin silika terkuras , maka zat aktif pada semen itu semakin menipis. Saya liat di 3B (sebuah group pertanian di fb) sudah ada sebagian yang mengaplikasikan , ,maaf ini hanya sekedar penjabaran dengan teori yang agak rumit secara kimiawi , padahal prakteknya mudah. Cukup menumbuk bongkahan tembok jadi agak halus dan di campur dengan media tanam anda , atau bisa jadi top soil ( atas media anda). Jangan takut mengeras, kalau pun mengeras mungkin tanaman anda esok menjadi patung liberty , hheeheheheh ,,,,,,,,,

Baca juga  Mengendalikan Ulat Grayak Dengan Biji Sirsak

Catatan :
– semen portland : dominan dolomit
– semen kujang, gresik : dominan unsur fhosfat
– semen tigaroda: dominan silika
– semen holcim : kalsium fhosfat dan magnesium sulfat
– semen putih : setara dolomit dengan kadar kalsium oksida , senyawa-senyawa ortofhosfat dan silika dalam jumlah besar

By : Diana Rizani Yuwana

Salam mitalom !!!

loading...
Loading...