Manfaat Rebusan DAUN UBI JALAR Untuk Obat Demam Berdarah, Ibu Hamil dan Obat Diabetes

Manfaat dan Khasiat Daun Ubi Jalar Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Ubi Jalar Untuk Obat Asam Urat, Kanker dan Bronkitis

Gambar daun ubi jalar/ubi rambat

Manfaat Buah & Sayur – Ubi rambat, ubi jalar, atau ketela rambat  (Ipomoea batatas L.) adalah tanaman budidaya yang tumbuh menjalar dan umumnya dimanfaatkan umbinya sebagai bahan makanan. Dibeberapa wilayah umbi dari tanaman ubi jalar dimanfaatkan sebagai bahan makanan pokok pengganti nasi. Mengkonsumsi ubi jalar bisa membuat perut kenyang seperti halnya mengkonsumsi nasi atau jagung, karena kandungan karbohidratnya yang tinggi. Bukan hanya umbinya saja yang bermanfaat, ternyata daun ubi jalar juga memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Sebagian masyarakat indonesia biasa memanfaatkan daun ubi jalar untuk dimasak sebagai sayur. Dalam hal pengobatan herbal, daun ubi jalar memiliki khasiat untuk menyembuhkan atau mencegah berbagai penyakit, baik penyakit ringan maupun penyakit berat. Khasiat dan manfaat daun ubi rambat, ubi jalar atau ketela rambat tersebut tidak lepas dari senyawa yang terkandung didalamnya.

Kandungan Senyawa Daun Ubi Jalar

Pertanyaan yang sering terlontar adalah tentang kandungan senyawa pada daun ubi rambat. Apa kandungan senyawa daun ubi rambat? atau daun ketela rambat mengandung apa? Daun ubi jalar atau ubi rambat memiliki banyak khasiat dan manfaatnya untuk kesehatan. Hal ini disebabkan karena pada daun ubi jalar terdapat beberapa kandungan senyawa yang bermanfaat. Pada daun ubi jalar diketahui mengandung berbagai jenis mineral, vitamin dan protein. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr Shahidul Islam dari Universitas Arkansas, Amerika Serikat, dalam setiap 100 gram daun ubi jalar mengandung 117 mg kalsium, 1,8 mg besi, 3,5 mg karoten. Selain itu daun ubi rambat juga mengandung 7,2 mg vitamin C, 1,6 mg vitamin E, dan 0,5 mg vitamin K, vitamin B, betakaroten, dan protein.

Manfaat dan Khasiat DAUN UBI JALAR Untuk Pengobatan

Manfaat dan khasiat daun ubi jalar untuk pengobatan sebenarnya sudah banyak diketahui sejak lama. Sejak jaman dahulu masyarakat telah menggunakan daun ubi jalar untuk mengobati berbagai macam masalah kesehatan. Dulu sebelum ada dokter dan obat-obatan modern orang-orang tua kita memanfaatkan daun ubi rambat untuk mengatasi beberapa masalah peradangan, seperti bengkak atau bisul.  Sementara di wilayah Asia lainnya, yaitu di Filipina orang-orang yang bekerja di pertambangan memanfaatkan rebusan daun ubi jalar untuk mengobati demam berdarah. Bukan hanya itu, ternyata daun ubi jalar memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat untuk kesehatan. Berikut ini manfaat dan khasiat daun ubi jalar untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit ;

1.    Khasiat Manfaat Daun Ubi Jalar Mengatasi Bengkak

Jika anda mengalami masalah kesehatan pada tubuh anda, misalnya sakit bengkak atau memar. Atasi segera menggunakan daun ubi jalar, caranya sangat mudah, ambil beberapa helai daun ubi rambat yang tidak terlalu tua atau terlalu muda (sedang). Kemudian haluskan dan tempelkan pada bagian yang sakit. Ikat menggunakan kain atau perban agar tidak jatuh. Jika daun ubi jalar mengering ganti dengan yang baru, lakukan beberapa kali hingga luka anda sembuh.

2.    Khasiat Manfaat Daun Ubi Rambat Untuk Mengatasi Bisul

Bisul adalah benjolan merah pada kulit yang terasa sakit dan berisi nanah serta menimbulkan peradangan. Penyakit bisul sangat menyakitkan apalagi bisulnya ada di bokong. Cara mengatasinya cukup mudah, panaskan sehelai daun ubi rambat hingga layu kemudian tempelkan pada bisul. Cara lainnya dengan melumatkan daun ubi jalar dan dibungkus daun pisang, kemudian dipepes (dihangatkan). Tempelkan pada bisul selagi hangat.

3.    Khasiat Manfaat Daun Ubi Jalar Untuk Mengobati Demam Berdarah

Demam berdarah atau demam berdarah dengue (DBD ) adalah jenis penyakit demam akut yang disebabkan oleh Virus dengue. Penyakit ini ditularkan kemanusia oleh nyamuk Aedes Aegypti. Secara tradisional penyakit demam berdarah bisa disembuhkan menggunakan daun ubi jalar. Caranya dengan merebus 25 helai daun ubi jalar yang tidak terlalu tua atau terlalu muda kemudian direbus dengan 600 ml air bersih hingga mendidih. Minum air rebusan tersebut 2 kali dalam sehari.

4.    Khasiat Manfaat Daun Ubi Jalar Untuk Mencegah Mabuk Kendaraan

Bagi orang-orang tertentu melakukan perjalanan menggunakan bus atau mobil adalah momok yang menakutkan. Bagaimana tidak, selama perjalanan perut mereka mual dan muntah-muntah sampai lemas. Hal ini biasa disebut mabuk perjalanan atau mabuk kendaraan. Konon mabuk perjalanan bisa dicegah menggunakan daun ubi rambat. Bagaimana caranya? Sediakan daun ubi jalar secukupnya kemudian dicuci hingga bersih. Selama perjalanan makanlah daun ubi jalar tersebut sedikit-demi sedikit.

5.    Khasiat Manfaat Daun Ubi Jalar Untuk Mengatasi Mata Rabun

Rabun merupakan suatu kondisi gangguan kesehatan pada mata dimana fungsi mata tidak berjalan dengan baik. Mata rabun tidak dapat melihat benda atau objek dengan jelas atau kabur. Mata rabun dapat diatasi dengan memanfaatkan daun ubi rambat. Caranya dengan melumatkan segenggam daun ubi jalar yang sudah dicuci bersih. Tambahkan 3 sendok makan air hangat dan 3 sendok makan madu asli. Kemudian diperas dan minum airnya secara rutin setiap hari.

6.    Khasiat Manfaat Daun Ubi Jalar Untuk Mengatasi Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan, radang tenggorokan atau disebut juga dengan faringitis disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus yang mengakibatkan tenggorokan terasa sakit jika digunakan untuk menelan. Gejala ini sering terjadi saat mau pilek atau batuk. Sakit tenggorokan bisa diobati menggunakan daun ubi rambat. Caranya dengan menyeduh daun ubi rambat yang sudah dikeringkan, seperti menyeduh teh. Minumlah selagi hangat setiap pagi dan sore. Lakukan secara rutin setiap hari sampai sembuh.

7.    Khasiat Manfaat Daun Ubi Jalar Untuk Mengobati Cacingan pada Anak

Cacingan adalah gejala gangguan kesehatan akibat adanya cacing parasit didalam tubuh, terutama pada anak-anak. Jangan anggap remeh panyakit ini, sebab cacingan bisa berakibat buruk bagi anak-anak, yaitu menyebabkan anemia, IQ menurun, lemas tak bergairah, ngantuk, malas beraktivitas serta berat badan rendah. Cara mengobati cacingan secara tradisional dapat dilakukan dengan memanfaatkan daun ubi jalar. Caranya dengan meminum air rebusan daun ubi jalar secara rutin setiap hari.

8.    Khasiat Manfaat Daun Ubi Jalar Untuk Mengatasi Sembelit atau Susah Buang Air Besar (BAB)

 

Sembelit atau susah buang air besar (BAB) merupakan suatu kondisi gangguan kesehatan pada pencernaan dimana seseorang mengalami kesulitan buang air besar. Sembelit bisa diatasi secara tradisional menggunakan obat herbal yang bahannya adalah daun ubi jalar. Caranya dengan merebus beberapa helai daun ubi jalar kemudian meminum airnya secara rutin setiap hari. Lakukan 2 – 3 kali dalam sehari.

9.    Khasiat Manfaat Daun Ubi Jalar Untuk Mencegah Diabetes

Diabetes adalah suatu penyakit dimana tubuh tidak dapat menghasilkan insulin (hormon pengatur gula darah) atau insulin yang dihasilkan tidak mencukupi atau insulin tidak bekerja dengan baik. Oleh karena itu akan menyebabkan gula darah meningkat. Daun ubi jalar berkhasiat untuk membantu mengontrol kadar gula darah. Caranya dengan meminum air rebusan daun ubi jalar atau mengkonsumsi daun ubi jalar sebagai lalapan.

10.    Khasiat Manfaat Daun Ubi Jalar Untuk Menaikkan Trombosit

Trombosit menurun? Menurunnya trombosit bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti leukimia, pengaruh obat-obatan tertentu, demam berdarah, kehamilan dan persalinan, pendarahan, penyakit autoimun, cacar air, kanker dan sebagainya. Pada beberapa kasus menurunnya trombosit bisa berakibat fatal dan berbahaya. Untuk menaikkan trombosit dengan mudah bisa memanfaatkan daun ubi jalar. Caranya dengan merebus satu genggam daun ubi jalar menggunakan 600 ml air bersih. Kemudian air rebusan tersebut diminum 2 kali sehari selagi hangat. Lakukan setiap hari secara rutin.

11.    Khasiat Manfaat Daun Ubi Jalar Untuk Mengobati Radang Lambung

Radang lambung atau tukak lambung merupakan suatu gangguan kesehatan akibat terjadinya luka pada dinding usus. Gejala penyakit ini adalah timbulnya rasa mual dan perih atau nyeri pada perut. Daun ubi jalar diketahui berkhasiat untuk mengatasi penyakit radang lambung. Caranya dengan mengkonsumsi sayur daun ubi jalar atau meminum air rebusan daun ubi jalar secara rutin setiap hari.

12.    Khasiat Daun Ubi Jalar Untuk Mengatasi Penyakit Arthritis

Arthritis adalah penyakit bersifat kronis dan terjadi seumur hidup dan biasanya menyerang pria dan wanita yang berusia di atas 55 tahun. Pasien dengan arthritis menderita pembengkakan dan kekakuan pada sendi sehingga menyebabkan gerakan tubuh menjadi sulit dan menyakitkan. Secara tradisional penyakit ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi daun ubi jalar yang telah dimasak atau direbus.

13.    Khasiat Manfaat Daun Ubi Jalar Untuk Obat Asam Urat

Asam urat adalah suatu gangguan kesehatan dimana persendian terasa nyeri, ngilu, linu dan kesemutan hingga sampai membengkak dan berwarna kemerahan atau meradang. Rasa nyeri di pesendian biasanya terasa nyeri saat pagi hari ketika baru bangun tidur atau malam hari ketika suhu dingin. Pertanyaanya apakah asam urat bisa disembuhkan menggunakan daun ubi jalar? Setahu saya yang memiliki khasiat untuk mengobati asam urat adalah umbinya, bukan daunnya. Caranya dengan menyiapkan 200 gr ubi jalar merah, 5 butir cengkeh, kayu manis satu ruas jari, biji pala 1 buah, jahe merah 15 gr, merica 10 butir, kapulaga 5 butir dan gula merah secukupnya. Semua bahan direbus menggunakan 1500 ml air bersih hingga mendidih. Rebus hingga air tersisa 500 ml, minum air rebusan tersebut selagi hangat 2 kali dalam sehari. Lakukan secara rutin setiap hari hingga penyakit asam urat sembuh.

14.    Khasiat Manfaat Daun Ubi Jalar Untuk Obat Bronkitis

Bronkitis adalah infeksi pada saluran udara utama dari paru-paru atau bronkus yang menyebabkan terjadinya peradangan atau inflamasi pada saluran udara itu. Kondisi ini termasuk sebagai penyakit pernapasan. Daun ubi jalar atau ketela rambat juga memiliki khasiat untuk membantu penyembuhan panyakit bronkitis. Mengkonsumsi daun ubi jalar atau meminum air rebusan daun ubi jalar diketahui berkhasiat untuk membentu mempercepat penyembuhan bronkitis.

15.    Khasiat Manfaat Daun Ubi Jalar Untuk Mengatasi Kanker

Kanker adalah istilah yang digunakan untuk penyakit di mana sel-sel abnormal membelah tanpa kontrol dan mampu menyerang jaringan lain. Sel-sel kanker dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh melalui darah dan sistem limfe. Kandungan betakaroten, antioksidan, antikarsinogen utama, dan vitamin C, sangat penting untuk membantu menyembuhkan berbagai jenis kanker, terutama kanker kolon, usus halus, prostat, ginjal, dan kanker pada organ dalam lainnya.

16.    Khasiat Manfaat Daun Ubi Jalar Untuk Kesehatan Jantung

Organ jantung adalah organ tubuh yang sangat vital, organ jantung berdenyut setiap saat untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Jika organ ini bermasalah maka akan menyebabkan masalah kesehatan yang sangat serius, yaitu penyakit jantung dan stroke. Vitamin B6 dan potassium pada daun ubi jalar mampu menyeimbangkan cairan tubuh dan elektrolit yang terdapat pada tubuh, sehingga jantung kita akan tetap sehat dan pada akhirnya penyakit jantung dan stroke dapat dihindarkan.

17.    Khasiat Manfaat Daun Ubi Jalar Untuk Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh atau imunitas adalah kemampuan untuk melawan infeksi oleh patogen. Kekebalan aktif dihasilkan dari respon kekebalan terhadap patogen dan pembentukan sel-sel memori. Kekebalan pasif hasil dari transfer antibodi terhadap orang yang belum terkena patogen. Kandungan zat besi pada daun ubi jalar mampu mengaktifkan produksi sel darah putih pada tubuh sehingga ketahanan tubuh akan meningkat. Selain itu kandungan Vitamin pada daun ini juga berperan penting dalam menjaga mood dan menguatkan sistem kekebalan tubuh.

18.    Khasiat Manfaat Daun Ubi Jalar Untuk Kesehatan Pencernaan

Daun ubi jalar memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Tingginya serat dan Magnesium pada daun ubi jalar sangat mendukung terhadap kinerja organ pencernaan seperti lambung dan usus, sehingga beberapa masalah pencernaan seperti sembelit / konstipasi, radang lambung dapat diatasi.

19.    Khasiat Manfaat Daun Ubi Jalar Untuk Mencegah Anemia

Anemia adalah berkurangnya jumlah sel darah merah atau kandungan hemoglobin didalam darah. Hemoglobin (Hb) adalah suatu senyawa protein pembawa oksigen didalam sel darah merah. Beberapa gejala anemia antara lain mudah letih, pucat, tidak nafsu atau malas serta kepala pusing. Daun ubi jalar kaya akan zat besi dimana kandungan ini dapat merangsang pembentukan trombosit dalam darah sehingga gejala anemia dapat dicegah atau bahkan dapat disembuhkan.

20.    Khasiat Manfaat Daun Ubi Jalar Sebagai Antioksidan

Antioksidan adalah kelompok vitamin, mineral, enzim, dan rempah-rempah yang membantu melindungi tubuh dari radikal bebas. Kandungan polifenol pada daun ubi jalar berperan sebagai antioksidan alami yang mampu menjaga sistem imun tetap aktif, sehingga tubuh akan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

21.    Khasiat Manfaat Daun Ubi Jalar Untuk Ibu Menyusui (Meningkatkan Produksi ASI)

ASI atau air susu ibu adalah cairan untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi dan melindunginya dalam melawan kemungkinan serangan penyakit. Keseimbangan zat-zat gizi dalam air susu ibu berada pada tingkat terbaik dan mudah dicerna oleh bayi baru lahir. Namun sayangnya tidak semua ibu memiliki produksi asi yang cukup untuk bayinya. Agar produksi ASI melimpah, ibu-ibu yang sedang menyusui bisa mengkonsumsi daun ubi jalar. Dalam daun ubi jalar terkandung zat – zat Laktagogum yang mampu meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Akan tetapi sebaiknya pilihlah daun yg organik (tanpa pestisida) karena akan berbahaya pada bayi yang disusui.

Demikian “21 Khasiat dan Manfaat Daun Ubi Jalar Untuk Kesehatan“. Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

loading...
Loading...