Manfaat Mengkonsumsi Jamur Tiram

Manfaat Jamur Tiram Untuk Kesehatan

Manfaat Buah & Sayur – Jamur tiram memiliki rasa yang khas dan lezat. Jamur tiram merupakan jenis sayuran unik karena mengandung penyedap alami yang tidak memiliki efek negatif bagi tubuh. Dapat diolah dengan berbagai bentuk masakan sesuai selera. Mengkonsumsi jamur tiram diketahui memiliki efek yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan jamur tiram memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang bermanfaat. Jamur tiram banyak mengandung mineral, protein, vitamin, antioksidan alami dan antibiotik.

Manfaat Jamur Bagi Kesehatan

Manfaat Jamur Tiram Putih


Jamur tiram merupakan makanan sehat yang bisa dikonsumsi oleh siapa saja. Jamur tiram tidak mengandung lemak dan tidak mengandung kolesterol, sehingga aman dikonsumsi oleh anda yang sedang menjalani diet. Jamur tiram juga sangat baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol.

KANDUNGAN GIZI JAMUR TIRAM

Jamur tiram mengandung berbagai macam gizi dan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Antara lain sebagai berikut :
■ LemakO.1 g 0%
■ Lemakjenuh 0 g 0%
■ Lemaktakjenuh ganda 0,1 g
■ Lemaktakjenuh tunggal 0 g
■ Kolesterol 0 mg 0%
■ Sodium 1 mg 0%
■ Kalium 143 mg 4%
■ Karbohidrat 4,9 g 1%
■ Serat 1,9 g 7%
■ Gula 1,4 g
■ Protein 1,4 g 2%
■ Vitamin A 0% Vitamin C 0%
■ Vitamin B-6 0%
■ Vitamin B-12 0%
■ Kalsium 0%
■ Besi 1%
■ Magnesium 1 %

MANFAAT JAMUR TIRAM

Jamur tiram memiliki manfaat yang beragam bagi kesehatn tubuh, antara lain sebagai berikut :

1. Baik Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

Jamur tiram mengandung protein tanpa lemak, non kolesterol, dan mengandung karbohidrat yang sangat rendah. Karena itu jamur tiram sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

2. Menurunkan Berat Badan

Jamur tiram sangat baik dikonsumsi bagi anda yang ingin menurunkan berat badan. Jamur tiram mengandung karbohidrat sangat rendah, tidak mengandung lemak dan tidak mengandung kolesterol. Mengkonsumsi jamur tiram dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat.

3. Baik Untuk Penderita Diabetes

Baca juga  14 Manfaat Sayur Kangkung Untuk Kesehatan

Jamur tiram merupakan makanan rendah energi dan rendah gula yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Penderita diabetes mudah terserang infeksi, terutama pada kaki dan cenderung berlangsung lama. Antibiotik alami pada jamur tiram dapat membantu mencegah terjadinya infeksi pada penderita diabetes.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh (Imunitas)

Jamur tiram mengandung antioksidan alami yang kuat, antioksidan berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memberikan perlindungan dari radikal bebas.

5. Mencegah Kanker

Mengkonsumsi jamur tiram dapat mencegah terserang penyakit kanker payudara dan kanker prostat. Jamur tiram mengandung Beta-glukan dan Asam Linoleat terkonjugasi yang memiliki sifat anti efek karsinogenik yang bermanfaat menurunkan resiko penyakit kanker. Beta-glukan dan selenium berperan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker pada kanker prostat. Sedangkan asam linoleat berperan dalam menekan efek estrogen. Estrogen merupakan faktor utama penyebab kanker payudara.

6. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi pada jamur tiram berkhasiat untuk mencegah terjadinya anemia. Jika anda mengalami masalah kekurangan darah, mengkonsumsi jamur tiram menjadi slah satu solusinya.

7. Mempercepat Penyembuhan Luka

Mengkonsumsi jamur tiram dapat membantu mempercepat penyembuhan luka dan mencegah infeksi. Karena jamur tiram mengandung antibiotik alami yang mirip dengan penisilin yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya infeksi dan mempercepat penyembuhan luka.

8. Menurunkan Tekanan darah & Mencegah Serangan Jantung

Jika anda mengalami masalah dengan tekanan darah tinggi, konsumsilah jamur tiram. Jamur tiram dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah serangan jantung.

Demikian beberapa manfaat jamur tiram bagi kesehatan. Semoga bermanfaat…

Salam mitalom !!!

Baca juga : Cara Budidaya Jamur Tiram Bagi Pemula

Loading...